Tipe-Tipe Strategi Penentuan Harga

0
27

tipe strategi penentuan harga

Dalam dunia bisnis, ada banyak jenis strategi yang perlu dibuat supaya perusahaan anda bisa mendapatkan keuntungan. Salah satu strategi yang perlu di perhatikan adalah Tipe Strategi Penentuan Harga.

Menentukan harga produk merupakan salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Produk yang dipasarkan dengan menggunakan harga yang salah bisa saja gagal dan menyebabkan kerugian bagi produsennya.

Lalu apa saja strategi yang bisa digunakan untuk menentukan harga ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Strategi barang mewah

Harga murah belum tentu dapat membantu anda untuk mendapatkan perhatikan dari konsumen anda. Saat ini tidak sedikit orang yang membeli sebuah barang karena harganya yang mahal. Akan tetapi, pembeli yang membeli barang dengan harga yang mahal juga akan berekspektasi untuk mendapatkan barang dengan kualitas yang tinggi.

Tipe Strategi Penentuan Harga ini juga sangat banyak diaplikasikan oleh perusahaan yang menjual brand  dan juga gaya hidup yang dimilikinya. Untuk menggunakan strategi ini, sikap yang konsisten sangat diperlukan.

Memberikan diskon atau membuat event promosi merupakan salah satu hal yang sangat terlarang untuk brand dengan strategi ini. Mengapa? Dengan adanya event atau promosi image mewah dari produk akan berkurang sehingga pasar menurun dan kehilangan pasar utama perusahaan tersebut.

Strategi psikologi harga

Strategi penentuan harga selanjutnya adalah strategi dengan memanfaatkan psikologi harga. Ada banyak perusahaan yang memilih menjual produk mereka dengan menggunakan harga yang bulat.

Psikologi harga adalah salah satu strategi yang dilakukan dengan menurunkan sedikit harga barang yang nantinya akan meningkatkan permainan pikiran di benak para konsumen. Contohnya menggunakan harga Rp 499.000 akan lebih menarik bagi anda bukan, dibandingkan dengan Rp 500.000.

Teknik ini banyak digunakan oleh brand-brand besar internasional, contohnya Zara dan masih banyak lagi.

Strategi harga promosi

Strategi penentuan Harga promosi yang dilakukan di waktu yang singkat merupakan salah satu peluang yang baik untuk meningkatkan penjualan. Bisa dilakukan ketika anda sendang menguji respons publik terhadap produk yang anda kenalkan atau bisa juga digunakan untuk menjual produk yang sudah lama di gudang anda.

Dengan harga yang lebih murah dari biasanya, konsumen yang baru tidak akan enggan untuk datang dan mencoba produk yang anda miliki. Salah satu hal yang perlu anda ingat adalah ketika memberikan harga promosi untuk produk lama anda, pastikan anda memberikan harga promosi yang wajar sehingga tidak merusak image dan reputasi brand anda.

Strategi harga penetrasi

Selain digunakan untuk melihat respons terhadap produk baru yang anda miliki, strategi penentuan harga juga bisa anda lakukan ketika akan memasuki pasar.

Jika produk anda adalah produk dengan pasar yang kompetitif  maka akan cukup sulit bagi anda untuk menembus pasar dengan persaingan yang ketat dari brand yang sudah mengakar di hati konsumen.

Oleh karena itu salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan harga sebagai harga penetrasi. Setelah itu, sedikit demi sedikit anda bisa menaikkan harga barang ketika pasar sudah terjaring.

Menentukan harga adalah pekerjaan yang cukup sulit, baik anda yang sudah ada di pasar atau anda yang baru mulai masuk ke sebuah pasar. Persaingan dengan kompetitorlah yang menjadikan pemberian harga menjadi hal yang tidak mudah untuk dilakukan.

Untuk anda yang sedang mencari harga yang tepat untuk produk anda, pelajari lebih dalam mengenai Tipe Strategi Penentuan Harga yang disebutkan di atas supaya lebih mudah bagi anda untuk mendapatkan konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here