Tipe Marketing yang Bisa Anda Aplikasikan pada Bisnis Anda

0
36

tipe marketing untuk bisnis anda

Marketing merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk pada bisnis anda. Ada banyak sekali Tipe Marketing yang bisa anda pelajari untuk meningkatkan pendapatan perusahaan anda. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

Branding

Salah satu Tipe Marketing yang bisa anda  gunakan untuk meningkatkan penjualan dan juga pendapatan perusahaan anda adalah dengan menggunakan Tipe Marketing branding ini. Branding adalah sebuah jenis marketing yang digunakan sebagai dasar dari pemasaran baik di masa kini maupun di masa depan.

Dengan menggunakan gaya marketing ini, anda bisa memiliki produk atau service yang menarik dan lebih dikenal. Branding biasanya dilakukan dengan menggunakan nama yang unik, menggunakan slogan, menggunakan maskot atau bisa juga menggunakan logo.

Public relation atau PR

Salah satu Tipe Marketing selanjutnya adalah PR. PR merupakan salah satu cara marketing yang dilakukan untuk mempromosikan brand anda dengan perencanaan yang matang, dengan menggunakan statement atau bisa juga dengan menggunakan press releases baik di radio, televisi, sosial media atau di majalah.

Pengiklanan broadcast

Tipe Marketing selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengiklanan di media penyiaran. Menggunakan pengiklanan di televisi dan juga radio merupakan salah satu bentuk pengiklanan berbayar yang paling populer.

Untuk mendapatkan perhatian dari konsumen yang potensial anda bisa memanfaatkan waktu pengiklanan di radio anda anda dengan menampilkan jingle, ungkapan atau menggunakan cerita menarik untuk mendapatkan perhatian.

Sedangkan jika anda akan melakukan pengiklanan di televisi, anda bisa menggunakan jasa dari perusahaan pembuat iklan untuk membuatkan iklan yang memiliki pesan yang kuat untuk produk anda.

Point of purchase

Salah satu hal yang sangat vital dalam point of purchase adalah mengenai packaging dari produk anda. Sesungguhnya point of purcase bisa muncul dalam banyak bentuk, selain packaging, point of purchase juga bisa di buat dari cara anda menata produk atau visual merchandise.

Untuk anda yang memulai bisnis dengan cara online, maka Point of purchase yang paling penting adalah mengenai packaging.

Membuat kemasan produk bukan hanya bertujuan untuk membawa produk yang dibeli oleh konsumen, tapi juga harus memiliki nilai pemasaran untuk brand. Hal ini disebabkan karena packaging adalah salah satu hal yang sangat berhubungan dengan penampilan dan juga image dari brand anda.

Online marketing

Saat ini salah satu Tipe Marketing yang sangat populer adalah online marketing. Online marketing merupakan sebuah cara melakukan pemasaran online dengan menggunakan internet melalui media sosial, website atau bahkan aplikasi ponsel.

Anda bisa membuat pemasaran dengan banyak cara mulai dari menggunakan teks, gambar, suara hingga video. Di sini ada banyak kreativitas yang bisa anda luangkan. Makin kreatif maka makin besar kemungkinan anda mendapatkan perhatian dari konsumen anda.

Multi level

Meski memiliki nama yang cukup buruk di Indonesia, sesungguhnya teknik multi level marketing ini merupakan sebuah Tipe Marketing yang sangat baik. Sayangnya di Indonesia, teknik ini disalahgunakan untuk kejahatan dan juga penipuan sehingga mendapatkan image yang sangat buruk.

Sesungguhnya tujuan dari sistem multi level marketing ini adalah untuk menggunakan konsumen sebagai agen. Hal ini dianggap sebagai sebuah cara Market yang sangat baik karena dinilai lebih tepat sasaran dan lebih transparan.

Artinya, konsumen yang sudah menggunakan produk dan puas dapat merekomendasikan produk ke orang terdekatnya. Hal inilah yang menyebabkan Tipe Marketing ini sesungguhnya adalah sistem yang sangat baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here