Terbaru, Modus Penipuan email bitcoin dari situs coins45

    0
    0

    modus penipuan email bitcoinLagi dan lagi, modus penipuan email bitcoin kembali marak, bukan tentang kasus video mesum lagi, atau tentang HP/laptopmu yg dihack, melainkan tentang kepemilikan akun crypto exchange dengan saldo fantastis.

    Baru beberapa hari yang lalu, salah satu email bisnisku mendapatkan inbox yg cukup mengejutkan. Seseorang telah mendepositkan sejumlah bitcoin di salah satu crypto exchanger.

    Jumlahnya gak tanggung tanggung, sekitar 24 BTC lebih atau sekitar USD880.000 an. Kalo di rupiahkan ya sekitar belasan Milyar lebih.

    Dalam email tersebut, pengirim menuliskan detail alamat situs Crypto Exchange, lengkap beserta user ID dan Password untuk login ke akun yg memiliki saldo cukup fantastis tadi.

    Ajaibnya, user ID dan password yg diberikan ternyata tembus, alias berhasil login ke situs yg dimaksud. Dan lebih kagetnya lagi, saldo di akun ternyata benar ada sekitar 24 BTC.

    penipuan email bitcoin
    isi email penipuan bitcoin

    Modus Penipuan Email Bitcoin cukup rapi

    Berusaha untuk teliti, pertama saya periksa alamat email pengirim terlebih dahulu. Amazing, alamat email pengirim benar benar rapi. Seperti email bisnis perusahaan eksis dan ternama.

    Bahkan saya sampai sempet browsing cari perusahaan dengan nama domain di belakang alamat email pengirim tadi. Termasuk saya browsing nama orangnya.

    Ternyata alamat email dengan extension seperti pengirim tadi bener bener ada lho, termasuk perusahaannya.

    Akhirnya saya coba balas emailnya, menanyakan apa maksudnya ini? Jangan jangan dia salah kirim ke email ku. Soalnya isi dalam emailnya seakan akan dia memberikan detail akun yg berisi saldo senilai USD880.000 (24BTC) lengkap beserta user ID dan passwordnya atas permintaan seseorang.

    Dan, eng ing eng…..

    Ternyata alamt emailnya gak bisa direply, balasanku masuk daemon. You know lah ya. Mulai sini, saya lebih berhati hati.

    Kepalang tanggung, tak lanjutin aja

    Karena gak bisa balas emailnya, akhirnya tak lanjutin aja pakai akun tadi, sapa tahu bener bener bisa di withdraw ke wallet bitcoinku di Indodax, heheheee

    Stelah berhasil login, muncul pop up untuk mengganti Password demi keamanan akun. Katanya password harus segera diganti saat ini juga karena sudah terlalu sering di skip atau dilewatkan, dan saat ini batas skip sudah habis.

    Tanpa basa basi, langsung aja saya ganti passwordnya, dan berhasil. Lalu muncul lagi perintah untuk menuliskan nomor HP untuk verifikasi akun via OTP.

    Di sini, untuk jaga jaga aja, saya pakai nomor HP yg jarang dipakai, alias nomor HP cadangan, bukan nomor HP utama yg sering saya pakai buat bisnis, banking, dll.

    Tak lama setelah memasukkan nomor HP, muncul sms dengan kode OTP untuk verifikasi situs coins45 dot com tadi.

    Masukin kode OTP dari sms tadi, Sekarang akun sudah terverifikasi. Duh, makin deg deg an aja nih. Gimana nggak, di akun ada saldo 24 BTC cuy..

    Tapi, tiba tiba muncul pop up lagi, ada permintaan pembayaran biaya annual fee untuk cover sms. Jumlahnya sekitar 0,0005BTC atau sekitar USD17.

    modus penipuan bitcoin
    minta bayaran dulu nih penipu

    Anehnya, saya gak bisa buka dashboard akun sebelum melakukan pembayaran ini, dan pop up tagihan ini selalu muncul, gak bisa diclose.

    Hmmmm, mulai deh bau bau tak sedap tercium. Saya pun untuk sementara berhenti sampai di sini, sambil cari cari info tentang email seperti ini. Tapi hasilnya nihil.

    Akhirnya saya cari review tentang situs terkait, yakni coins45 dotcom. Dari berberapa review, akhirnya terungkap. Ada beberapa orang yg mengalami hal yg sama dan mereka tulis dalam kolom komentar site review tadi.

    Modusnya dikirimin email berisi detail akun berisi saldo bitcoin, kemudian diminta bayar fee, kemudian diminta deposit juga, dan akhirnya lenyap alias SCAM.

    Untungnya saya baru sampai pada tahap minta bayar annual fee dan berhenti. Kalo nggak, mungkin saya akan kehilangan beberapa USD juga dalam bentuk bitcoin.

    Note: semua permintaan pembayaran dialamatkan ke wallet bitcoin, jadi akan sulit diusut, termasuk jika seseorang sudah terlanjur kirim deposit juga ke akun nya.

    Nah, itu tadi modus penipuan email bitcoin yg sempet membuat saya deg degan. Kirain ada orang salah kirim detail akun berisi saldo BTC ke email saya. Gak tahunya modus penipuan juga.

    So, harap lebih berhati hati aja sob, karena makin ke sini makin rapi dan pintar aja para kriminal online ini beraksi. Stay save.

    Mau investasi di Crypto dengan aman, yuk pelajari situs Crypto Exchange Terpercaya di Indonesia saat ini yakni Indodax.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here