Terapkan teknik psikologi marketing scarcity effect, penjualan naik drastis

0
11

teknik psikologi marketing scarcity effect

Sobat bisnis, welcome back to this blog. Kali ini kita akan belajar tentang teknik psikologi marketing yg disebut scarcity effect untuk meningkatkan penjualan.

Dikutip dari wikipedia, scarcity bisa berarti Kelangkaan. Sebuah kondisi dimana jumlah kebutuhan tidak sesuai dengan ketersediaan suatu barang atau jasa.

Kalau kita ingat beberapa waktu yg lalu saat awal mula pandemi covid merebak, ketersediaan masker di lapangan tidak sesuai dengan kebutuhan (ada pihak pihak nakal yg sengaja menimbun), sehingga sempat mengalami kelangkaan.

Apa yang terjadi? Banyak orang yg berebut untuk mendapatkan produk tersebut meskipun harganya sudah di luar kewajaran yg naik hingga berkali kali lipat.

Contoh selanjutnya adalah ketika kita sebagai wajib pajak mau melaporkan spt tahunan. Coba saya tebak, pasti kebanyakan dari kita melakukannya di akhir akhir masa pelaporan. Nunggu mepet dulu, baru deh isi laporan. Bener nggak?

Dan yg masih anget, adalah trend bersepeda yg lagi digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Salah satu jenis sepeda yg lagi booming adalah seli alias sepeda lipat Element Troy.

Bayangkan, sepeda yg awalnya memiliki harga sekitar 5 jutaan, kini dibandrol dengan harga 8 hingga 10 jutaan karena unitnya langka di pasaran. Apakah ini strategi dari pabrikan yg sengaja membuatnya langka, atau memang situasi tak terduga? Entahlah.

Dari beberapa contoh di atas, membuat kita sadar bahwa mostly atau kebanyakan manusia itu takut akan kehilangan. Kehilangan kesempatan untuk mendapatkan sesuatu yg kita butuhkan atau yg kita mau.

Dan, kondisi ini bisa kita manfaatkan untuk mendongkrak penjualan produk atau jasa kita dengan menciptakan scarcity effect.

Penerapan teknik psikologi marketing scarcity effect dalam penjualan

Sebagai seorang affiliate marketer maupun sebagai  penjual produk ataupun jasa, ada beberapa tips untuk menciptakan scarcity effect guna meningkatkan penjualan.

Buat customer  untuk buru buru membeli produk anda, jangan kasih kesempatan untuk menunda dan mengulur ulur waktu, apalagi melupakannya.

  1. Offer limited time

Opsi pertama, kita bisa menawarkan produk  dengan rentang waktu tertentu. Jika anda memiliki landing page untuk penawaran produk, cara paling simple adalah dengan memasang count down timer.

Buat seakan akan produk tersebut hanya bisa didapatkan dalam waktu yg sangat terbatas. Sehingga secara psikologis, pelanggan anda takut melewatkan kesempatan tersebut dan segera menerima penawaran anda.

  1. Offer limited stock

Tidak bisa dipungkiri, sesuatu yg rare atau langka lebih menarik minat seseorang untuk segera memilikinya. Beda halnya jika produk tersebut masih memiliki ketersediaan yg cukup banyak. Kecenderunganya, kita akan lebih suka mengulur ulur waktu. Nanti saja ahh, dan tak jarang akhirnya melupakannya.

Makanya tak jarang dari kita akan menemui sebuah penawaran, baik bisnis maupun produk yg menekankan akan adanya keterbatasan spot.

Misal, terbatas hanya untuk 3 orang lagi, stock tinggal 1 lagi, dan semacamnya. Dan tanpa sadar, itu bisa memicu kita untuk segera gabung atau membelinya. Right?

Untuk lebih memahami tentang teknik psikologi marketing dengan menciptakan scarcity effect, silahkan simak video berikut yg saya ambil dari channel nya Om Rianto Astono.

Untuk kamu yg suka dengan konten yg mengulas tentang ilmu marketing, bisnis online, SEO, dan semacamnya, silahkan anda subscribe channelnya. Isinya sangat berbobot dan layak untuk disimak.

Akhir kata, semoga informasi  psikologi marketing tentang scarcity effect ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita guna meningkatkan penjualan produk maupun jasa yg kita tawarkan.

Jangan lupa share artikel ini ke rekan bisnis, teman, dan orang orang yg menurut anda bisa membutuhkannya. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, dan Salam Sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here