Studi Kasus: Cara menggunakan FB Ads untuk promosi jasa pendidikan (Studybay)

0
143

studi kasus cara menggunakan fb ads untuk promosi jasa pendidikan studybay

Artikel ini akan menggambarkan hasil studi kasus tentang bagaimana cara menggunakan FB Ads untuk mempromosikan jasa pendidikan, dalam hal ini saya mempromosikan layanan Studybay, sebuah platform pendidikan Internasional yang akan membantu Siswa dalam menyelesaikan studinya.

Ya, jika anda adalah seorang Mahasiswa dan menemui kesulitan dalam menyusun sebuah makalah/skripsi/tesis atau paper work lainnya, anda bisa memesannya di Studybay. Dijamin hasilnya akan sangat memuaskan karena pesanan anda akan ditangani langsung oleh para Expert di bidangnya.

Kembali ke topik bagaimana cara menggunakan FB Ads untuk promosi jasa pendidikan.

Sebelumnya saya menggeluti niche produk dalam berpromosi menggunakan FB Ads. Namun karena akun saya dibanned lagi dan lagi, akhirnya saya meninggalkan niche produk dan beralih ke niche esai hingga saat ini.

Hal pertama yang saya lakukan adalah menghubungi berbagai pengelola jaringan afiliasi (affiliate networks) dan meminta sample campaign, teaser yang berkinerja baik, serta target audience. Dan pada tahap ini, affiliate networks yang tidak tertarik dengan mitra baru segera saya tinggalkan.

Cara menggunakan FB Ads dengan efektif

Berikut adalah gambaran proses yang saya lakukan dalam membuat iklan di Facebook untuk mempromosikan jasa pendidikan Studybay. Ada beberapa hal yang ingin saya share di sini, mulai dari penentuan Target Audience, pemilihan Materi Iklan, serta Analisa hasil campaign.

Audience

Dengan memasukkan target Audience ‘At University’ pada kolom Demografi, maka akan diperoleh hasil seperti gambar berikut.

memilih audience fb ads

Ditemukan Sekitar 48 Juta Pengguna FB yang cocok dengan kriteria di atas. Lebih jauh lagi, jika kita filter untuk usia 20-25 th, maka hasilnya menjadi 4,3 Juta saja.

Mengapa tidak saya target untuk usia 18-19 tahun? Karena menurut saya di usia tersebut masih kesulitan mendapatkan $100 untuk membayar esai. Beda halnya dengan mereka yang sudah berusia 20-25 th yang biasanya sudah mulai bekerja, dan uang sebesar $100 tidak lebih dari satu hari kerja saja.

Kita juga bisa mentargetkan Universitas di AS, namun masih dalam rentang usia 20-25 tahun juga.

Di sini saya memutuskan untuk tidak membagi berdasarkan gender. Mengapa? meskipun tampaknya audience utama adalah laki-laki, namun karena saya tidak yakin 100% maka saya memutuskan untuk mentargetkan semua orang, laki-laki dan perempuan.

Ada satu hipotesis lagi: cobalah untuk menargetkan emigran. Orang Cina dan Arab yang belajar di AS umumnya kaya dan kadang-kadang sulit bagi mereka untuk menulis karya akademik sendiri. Saya tidak menguji hipotesis ini, tetapi mungkin saya akan melakukannya di waktu mendatang.

Materi Iklan

Seperti yang Anda ketahui, semakin baik materi iklan, semakin rendah biaya per klik / tindakan.

Saya mulai dengan pilihan yang sederhana dan bagus, karena menurut saya, kami perlu menunjukkan manfaat dari layanan tersebut. Jika Anda memesan esai, maka Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk bermain PS atau Xbox, seperti ini:

contoh materi iklan fb ads

Lihat Ke atas, materi iklan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan.

Hipotesis lain: jika Anda memesan esai, maka Anda akan memiliki banyak waktu untuk bersantai dengan pacar Anda. Hasilnya seperti ini:

contoh materi iklan fb ads 2

Di sini hasilnya sedikit lebih baik, namun biaya per klik menjadi lebih mahal, yakni sekitar $2.

Saya pun memutuskan untuk membuat teaser klasik dengan menampilkan seorang Guru disertai tulisan yang provokatif seperti pada gambar berikut:

contoh materi iklan fb ads 3

Di sini di dapat biaya per klik yang lebih murah, yakni kurang dari $2. Namun sayangnya konversi iklan terhadap jumlah pendaftaran menjadi yang terburuk dibandingkan iklan lainnya.

Terakhir, saya mencoba membuat hipotesis dengan memasukkan unsur Humor ke dalam layanan yang ditawarkan. Dan hasilnya seperti ini:

contoh materi iklan fb ads 4

Perbandingan harga untuk esai dengan BigMac ternyata sangat sukses. Teaser menarik perhatian para siswa karena burger, dan teks menggambarkan layanan tersebut. Biaya per klik kurang dari $1, yang merupakan hasil luar biasa.

Hasilnya untuk burger adalah sebagai berikut:

contoh hasil campaign fb ads

Secara keseluruhan, saya menghabiskan sekitar $ 5.000 untuk campaign. Dalam Jaringan Afiliasi Esai, seperti yang saya pahami, ini bukan fakta bahwa Anda akan mendapatkan profit tinggi dengan segera. Di sini semua orang menghasilkan rebills. Jika Anda membawa seorang siswa dan ia puas dengan layanan itu, ia akan memesan lebih banyak lagi!

Berikut statistic yang saya miliki di jaringan afiliasi saat ini:

Klik: 16.446
Order: 869
Total Order / rebills: 254
Penghasilan total: $5.904

Analisa

contoh hasil analisa fb ads

Dari hasil analisa campaign, ternyata target audience dengan jenis kelamin Wanita memiliki biaya konversi yang lebih rendah, sekitar 10% dibandingkan dengan Pria.

Semoga studi kasus tentang bagaimana cara menggunakan FB Ads untuk promosi jasa pendidikan ini bisa membantu anda yang ingin menjalankan program afiliasi Studybay maupun menawarkan layanan pendidikan lainnya, sehingga menghasilkan campaign yang efektif dan profit yang tinggi.

P.S. Kami telah menyiapkan Facebook Banner baru untuk Anda. Temukan mereka di sini: https://ap.studybay.com/landing/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here