Step-Step Pembuatan Strategi Marketing yang Efektif

0
17

step pembuatan strategi marketing yang efektif

Selain mengetahui dasar dan prinsip dalam pembuatan strategi marketing, hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai step pembuatan strategi marketing yang efektif. Apa saja step pembuatan strategi marketing ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Kumpulkan data

Untuk mengetahui ke mana tujuan anda, step pembuatan strategi marketing pertama yang perlu anda siapkan adalah data mengenai performa anda di masa lalu atau pada saat ini.

Perhatikan semua bagian dari bisnis yang anda miliki dan tentukan bagian mana yang memiliki hasil terbaik. Dari data tersebut anda juga bisa menjadikannya salah satu cara untuk melihat peluang dalam bisnis anda.

Untuk melihat peluang ini anda perlu melakukan pengujian terhadap data dan fakta yang sudah anda kumpulkan. Untuk melakukan pengujian terhadap data yang anda miliki salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah teknik analisis SWOT atau Strength, Weakness, Oportunity and Threats. Teknik analisis SWOT ini merupakan teknik analisis yang berhubungan dengan internal perusahaan anda.

Selain itu anda juga perlu melakukan analisis untuk hal-hal luar perusahaan anda. Untuk melakukan analisis hal luar yang berpengaruh pada perusahaan anda, anda bisa menggunakan teknik PESTLE atau singkatan dari Political, Economic, Social, Technological, Legal and Environmental.

Membangun visi

Step pembuatan strategi marketing selanjutnya yang perlu dilakukan untuk membuat sebuah strategi yang baik adalah membangun visi yang anda miliki.

Visi yang anda buat dapat digunakan untuk mendeskripsikan masa arah dan masa depan yang dimiliki oleh perusahaan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Visi juga dapat digunakan untuk mendeskripsikan tujuan dan juga nilai dari perusahaan.

Membangun misi

Sesungguhnya ada banyak pendapat dari para ahli yang pro dan kontra dengan penempatan step pembangunan strategi bisnis untuk aturan nomor 2 dan 3. Banyak yang mengatakan bahwa pembangunan visi dan misi berkelanjutan, tapi pada prakteknya visi dan misi memang harus dibangun bersama.

Untuk membangun misi maka ada beberapa hal yang perlu anda pertanyakan pada perusahaan anda yaitu :

  • Apa yang akan perusahaan anda lakukan?
  • Bagaimana perusahaan anda akan melakukannya?
  • Untuk siapa anda akan melakukannya?
  • Dan yang terakhir, nilai apa yang akan anda bawa?

Identifikasi tujuan dari strategi

Pada step ini maka anda perlu membangun tujuan yang memiliki level yang tinggi untuk tiap area pada bisnis anda. Salah satu cara untuk menentukan tujuan dari strategi anda adalah dengan melihat kembali mengenai analisis SWOT dan juga PESTLE yang sudah anda buat sebelumnya.

Anda bisa menggunakan kekuatan atau strength dan juga kelemahan atau weakness anda sebagai tujuan dari strategi anda. Akan tetapi perlu anda perhatikan, bahwa tujuan yang anda buat harus bisa dinilai.

Penilaian dari tujuan ini anda bisa menggunakan teknik SMART yang merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Achiveable and Realistic. Artinya, tujuan yang anda buat untuk strategi anda haruslah spesifik, dapat dinilai mengenai sukses atau tidaknya, dapat di capai dan juga realistis atau tidak berlebihan.

Realisasikan dengan perencanaan

Setelah anda membuat kerangka dari strategi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Hal selanjutnya adalah menghidupkan strategi anda dengan membuat perencanaan strategi tersebut.

Jika perencanaan sudah dibuat maka rencana tersebut harus di jalankan. Namun dalam pelaksanaannya, strategi harus tetap di monitor dan dikontrol.

Itulah step pembuatan strategi marketing yang akan menjadikan bisnis berjalan dengan efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here