Sejarah dan Evolusi Pemasaran Digital Marketing

Era Digital Marketing

Pemasaran digital didefinisikan sebagai proses mempromosikan atau mengiklankan produk atau layanan menggunakan saluran digital untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. Bisa juga disebut sebagai pemasaran online. Digital Marketing dapat membantu dalam menghasilkan buzz, kesadaran, dan prospek untuk produk atau layanan.

Digital Marketing bukanlah konsep baru tetapi telah berkembang pada tingkat yang eksponensial. Ada berbagai jenis saluran digital yang dapat digunakan untuk menjangkau pelanggan seperti blog, optimasi mesin pencari (SEO), platform media sosial, video YouTube dan sebagainya.

Sejarah Pemasar Digital

Sejarah pemasaran digital dapat ditelusuri kembali ke hari-hari awal Internet.

Salah satu contoh awal pemasaran digital adalah ketika AT&T menggunakan email untuk mempromosikan produk AT&T baru yang disebut browser web Worldnet untuk layanan Internet dial-up pada tahun 1994. Sementara itu, perusahaan televisi kabel, seperti Comcast, dan perusahaan telepon bersaing untuk menjual layanan modem digital mereka kepada pelanggan.

Era Pemasaran Digital Marketing 2022

Di era di mana tidak ada kekurangan solusi, tidak pernah semudah atau lebih penting bagi bisnis untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat yang memastikan keberlanjutan mereka dari waktu ke waktu. Ada banyak pilihan berbeda yang terbuka untuk perusahaan termasuk mengembangkan produk inovatif, berfokus pada layanan pelanggan, membangun komunitas atau kampanye, dan banyak lagi. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia untuk perusahaan, bagaimana Anda tahu mana yang terbaik? Itu semua tergantung pada industri Anda

Di bagian ini, kita akan menjelajahi era digital marketing dan apa artinya bagi masa depan.

Digital marketing telah meningkatkan volume lalu lintas yang didapat situs web dari mesin pencari. Dengan SEO menjadi salah satu bentuk pemasaran digital paling berpengaruh yang digunakan untuk mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, itu telah menjadi komponen yang sangat diperlukan dalam sebagian besar strategi digital marketing.

Tetapi dengan semua kemajuan ini, muncul tantangan dan kesulitan baru. Bisnis sekarang ditantang oleh persaingan dan harus dapat dengan cepat menyesuaikan strategi mereka untuk tetap berada di depan para pesaing.

Pekerjaan Digital Marketing

Pekerjaan digital marketing sedang meningkat dengan sendirinya seiring berkembangnya pemasaran. Pekerjaan dalam digital marketing mencakup segala hal mulai dari pemasar media sosial, penulis konten, desainer situs web, desainer grafis, profesional penjualan, dan banyak lagi. Ketika pemasaran online menjadi lebih umum, perusahaan membutuhkan lebih banyak keterampilan orang untuk menangani peningkatan jumlah pekerjaan yang harus mereka lakukan.

Karena sektor pemasaran digital akan terus tumbuh di masa depan, sangat penting bagi pemasar untuk memiliki keterampilan di beberapa domain seperti optimisasi mesin pencari, media berbayar dan tidak berbayar, pemasaran email, pengoptimalan tingkat konversi, dll.

Masa Depan Digital Marketing

Masa depan pemasaran digital akan didasarkan pada fokus pada pengalaman pelanggan dan mampu memberikan wawasan yang relevan tentang pelanggan mereka.

Dan akan didasarkan pada penyediaan informasi yang relevan dan kontekstual bagi seorang individu. Ini berarti bahwa alih-alih berfokus pada bagaimana menarik perhatian pelanggan dan kemudian mendorong mereka ke arah sesuatu, idenya adalah untuk menunjukkan kepada pelanggan apa yang mereka inginkan, ketika mereka menginginkannya, dengan memprediksi kebutuhan mereka berdasarkan perilaku masa lalu.

Kita seharusnya tidak menganggap penulis AI ini sebagai pengganti copywriter manusia. Mereka hanya memberikan bantuan kepada penulis konten dengan menyingkirkan blok penulis dan menghasilkan ide konten dalam skala besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.