Salah kaprah tentang Dusting Attack Trust Wallet

0
6
BA Client Advertisement

dusting attack trust wallet

Dusting Attack Trust Wallet – Akhir akhir ini lagi ramai tentang istilah Dusting Attack yg bergentayangan di komunitas pecinta Crypto Asset.

Ya, banyak postingan di sosmed termasuk group group facebook, tiktok, maupun youtube yg membahas tentang istilah ini.

BA Client Advertisement

Meski tidak semuanya, namun sebagian besar menganggap bahwa fenomena koin atau aset mereka yg tiba tiba hilang dari akun trust wallet disebabkan oleh Dusting Attack ini.

Lalu benarkah demikian? Semudah itukah aset kita bisa diambil orang dari Trust Wallet? Berarti gak aman dong pakai aplikasi Trust Wallet?

Untuk menjawabnya, yuk kita telusuri lebih jauh tentang istilah Dusting Attack ini.

Apa itu Dusting Attack

Pada dasarnya, dusting attack ini mengacu pada aktivitas ‘mengirim’ sejumlah kecil token atau coin ke wallet address seseorang agar setiap transaksi yg terjadi pada token/coin di wallet tersebut bisa dipantau dengan maksud tertentu.

Disebut dusting alias debu, karena jumlah atau nilai dari token/coin yg dikirim sangat kecil. Bahkan nilainya tidak sebanding dengan biaya transaksi.

Dalam Bitcoin misalnya, bisa dikatakan bahwa nilai yg dikirim tidak lebih dari beberapa ratus gwei saja alias nilainya sangat receh, sehingga si penerima bahkan tidak menyadarinya.

Fenomena dusting attack sendiri sebenernya sempat marak beberapa tahun yg lalu, dan anda masih bisa menelusurinya dalam artikel artikel di pencarian Google yg membahas istilah Dusting Attack.

Tujuan melakukan Dusting Attack

Gambaran singkatnya, dari beberapa referensi yg saya baca, termasuk dari blog Binance sendiri, ada beberapa tujuan si pelaku melakukan aktivitas dusting attack.

Namun pada dasarnya adalah untuk memonitor aktivitas transaksi dari wallet yg menjadi target dusting ini. Dari mana, ke mana, seberapa sering, berapa nominalnya, semuanya di monitor dan diteliti.

Ujung ujungnya, adalah untuk menganalisa dan menemukan data si pemilik wallet address, yg kita tahu dalam jaringan block chain sebenernya sifatnya adalah anonim, rahasia, privat.

Namun, dengan pergerakan token atau coin dust tersebut yg dikirim dari wallet satu ke wallet lainnya, dan dengan bantuan tracking algoritma blockchain yg mereka miliki, data yg tadinya anonim bisa mereka retas.

Nah, jika si pelaku berhasil menemukan siapa pemilik wallet address tersebut, menemukan data kita, baru bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Mengirim link menuju halaman website phishing untuk mengambil alih akses ke wallet, atau membuat ancaman dengan mengusik data pribadi mau pun keluarga dengan minta imbalan pembayaran berupa aset crypto juga bisa dilakukan.

Bahkan dalam kasus positif misalnya, dusting attack ini bisa juga digunakan pihak berwenang untuk melakukan trace aktivitas pencucian uang dan semacamnya melalui aktivitas transaksi crypto dari seseorang atau lembaga yg diselidiki.

Ciri ciri wallet kita kena Dusting Attack

Ciri paling sederhana adalah munculnya aset crypto di akun trust wallet kita dengan tiba tiba, dan nominalnya sangat kecil alias tak berarti.

Seperti kita ketahui sudah banyak yg share di medsos bahwa seseorang tiba tiba menemukan aset crypto di walletnya, padahal gak pernah beli aset tersebut.

Atau aset cryptonya bertambah jumlahnya meskipun sedikit, padahal merasa gak pernah nambah atau ikut program air drop maupun pegang coin yg ada fitur reflectionnya misalnya.

Artinya seseorang dengan sengaja mengirim ke walletnya, nominalnya juga memiliki nilai sangat kecil. Dan ini adalah indikasi sederhana dari kemungkinan adanya aktivitas Dusting Attack.

Cara menghindari bahaya Dusting Attack

Nah, dengan memahami cara kerja dan tujuan pelaku dusting attack, kita bisa mengambil langkah langkah preventif agar tidak mengalami kerugian.

Cara paling sederhana adalah jika menemukan aset berupa token atau coin di Trust Wallet yg tiba tiba nongol, padahal kita gak pernah membeli atau tidak tahu dari mana asalnya, maka jangan di apa apakan.

Jangan mentransfer nya ke wallet kita di Coin Exchange yg ada data KYC kita. Biarkan saja di sana dan tanpa di apa apain.

Dengan demikian, serangan dusting yg mereka lakukan akan sia sia. Kenapa? Karena mereka gak bisa mengorek informasi dari transaksi tersebut dan data kita masih tetap anonim.

Bagaimana jika sudah terlanjur melakukan transaksi aset tersebut? Dan bahkan mengirimnya ke wallet kita di Coin Exchange lainnya yg ada KYC?

Maka kita harus lebih waspada. Waspada jika nanti ada kiriman baik melalui email, sms, whatsapp, telegram, atau lewat media sosial lainnya yg  berisi link phishing.

Note: Link Phishing adalah tautan menuju halaman palsu yg dibuat menyerupai halaman aslinya yg kita kenal.

Nah, dalam halaman palsu tersebut, bisa jadi kita diminta untuk memasukkan detail login, atau juga diminta untuk connect wallet, yg dari sana lah tragedi itu bermula.

So, pastikan anda lebih berhati hati terhadap modus yg seperti ini ke depannya.

Kesimpulan tentang Dusting Attack Trust Wallet

Pada artikel ini ditulisnya ‘dusting attack trust wallet’ karena lagi ramai kejadiannya terjadi di Trust Wallet, walaupun sebenernya bisa aja terjadi atau menyerang wallet wallet lain.

Tujuan utama dari aksi ini pada dasarnya adalah untuk mencari data pemilik wallet yg anonim. Jika sudah ditemukan, baru bisa melanjutkan ke proses selanjutnya seperti mengirim link phishing untuk mengambil data login tertentu.

Atau meminta connect wallet kita dengan tujuan mengambil akses masuk ke Trust Wallet dan menguasai aset di dalamnya.

So, pada dasarnya adalah selalu berhati hati dengan link phishing, lihat dengan detail penulisan alamat url dari website yg kita kunjungi karena umumnya website palsu menggunakan kata yg mirip dengan aslinya.

Jangan asal connect wallet kita ke situs yg tidak jelas, apalagi sampai minta masukin key phrase akun Trust Wallet kita dengan iming iming dapat coin atau token Gratisan misalnya.

RENUNGAN

Kalo dipikir pikir, Dusting Attack itu ‘dulunya’ bertujuan mau ngetrace aktivitas wallet addres guna menemukan data siapa pemiliknya yg anonim.

Nah, kalo sekarang kan banyak orang yg dengan sukarela dan mudahnya share alamat wallet aset crypto di medsosnya, baik itu twitter, facebook, dan lainnya.

Gak usah repot repot donk penipu kalo mau jalanin aksi, langsung dm aja kasih link phishing, suruh login account atau suruh connect wallet.

Kasih iming iming dapet air drop atau dapet coin gratis juga kepincut, apalagi banyak newbie. Lebih mudah gak sih?

Note: Faktanya sudah banyak kejadian, sampe mau ngasih Key Phrase Trust Walletnya.

Intinya, gak sekonyong konyong lu dikirimin coin atau token ke wallet address lalu tiba tiba aset lu bisa hilang ya.

Tapi ada proses lanjutannya, bisa jadi lu dikasih link phishing, lalu diminta login atau bahkan dimintai key phrase trust wallet yg rahasia itu sebelum nantinya aset lu dikuras.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here