Prinsip Utama dalam Branding Product

0
20

prinsip utama dalam branding produk

Produk branding adalah sebuah teknik yang digunakan untuk membuat produk anda lebih berkesan dibandingkan dengan produk yang dimiliki oleh kompetitor meski memiliki jenis produk yang mirip. Hal ini akan membuat anda mendapatkan peluang lebih besar dalam menjaring konsumen.

Lalu bagaimana cara melakukan branding produk ini? Untuk anda yang penasaran, berikut ini adalah Prinsip Utama dalam Branding yang perlu anda perhatikan dalam melakukan branding produk.

Simplicity

Salah satu Prinsip Utama dalam Branding yang perlu diperhatikan ketika akan membuat branding produk adalah dengan memperhatikan kesederhanaannya. Salah satu contoh produk branding yang simple dan sukses adalah Nike “Just Do It”.

Kalimat ini merupakan salah satu kalimat yang singkat, sederhana tapi sangat kuat. Hal ini disebabkan karena kalimat tersebut merupakan kalimat yang mampu membangun koneksi emosional dalam waktu yang instan.

Detail mengenai kualitas dari sneaker atau apapun yang menjadi fokus utama produk yang anda jual dapat diperkenalkan pada konsumen saat pasar yang anda tuju datang berkunjung ke store atau ke website anda karena masalah utama dalam pemasaran adalah bagaimana membuat konsumen tertarik terlebih dahulu dengan brand anda.

Membuat produk branding berupa nama produk atau slogan yang mudah diingat dan di aplikasikan dalam kehidupan nyata adalah hal yang baik untuk dilakukan. Makin mudah diingat dan  makin relate dengan keseharian membuat promosi sosial media dari produk anda menjadi lebih mudah.

Konsistensi

Salah satu hal yang paling buruk yang mungkin anda lakukan dalam produk branding adalah ketidak konsisitenan dalam menjalankan Prinsip Utama dalam Branding.

Hal ini sangat sering ditemukan pada brand baru. Karena tidak puas dengan logo atau packaging lamanya, banyak pelaku bisnis yang kemudian mengganti logo yang dimilikinya setiap bulan, mengganti kemasan produk dan masih banyak hal yang lainnya.

Salah satu konsistensi bisa kita lihat dari salah satu produk oat, seperti Quaker Oat. Brand ini merupakan brand yang menggunakan gambar oat pada kemasannya dalam kurun waktu lebih dari 100 tahun. Hal ini membuat konsumen menjadi lebih menghargai brand tersebut.

Melihat produk tersebut tidak melakukan perubahan besar dalam imagenya membuat konsumen yakin bahwa produk tersebut merupakan produk berkualitas sehingga tidak memerlukan perubahan besar dalam kemasan atau dari logonya. Hal inilah salah satu dari prinsip utama produk branding.

Keistimewaan

Salah satu tujuan anda untuk melakukan produk branding adalah untuk membuat konsumen lebih condong ke produk anda dibandingkan produk kompetitor anda. Hal ini merupakan salah satu ciri dari perusahaan yang sukses.

Perusahaan yang sukses dalam membangun produk brandingnya dengan Prinsip Utama dalam Branding akan terlihat lebih mencolok dibandingkan dengan perusahaan lain. Contohnya, mendengar nama VW pastinya akan membuat anda langsung teringat dengan salah satu produk VW beetle atau VW kodok bukan?

Produk VW tersebut merupakan produk yang sangat terkenang dan masih banyak di minati bahkan hingga saat ini di kala ada banyak mobil keren dengan gaya futuristik yang berlalu lalang di jalanan kota.

Hal ini membuat VW menjadi sebuah produk yang sukses dengan strategi produk branding yang dimilikinya bukan? Tidak ada mobil kodok lain jika bukan dari Volkswagen

Kreativitas

Untuk memenangkan hati pasar, kreativitas adalah prinsip utama dalam pembangunan branding. Di luar sana ada banyak produk yang berkualitas tapi memiliki brand yang biasa-biasa saja.

Jika anda bisa membuat produk yang berkualitas dengan brand yang kreatif melalui produk brand tentu anda akan mendapat sambutan lebih hangat. Inilah Prinsip Utama dalam Branding yang terakhir yang perlu anda perhatikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here