Prinsip Dasar dalam Pembuatan Strategi yang Harus Diketahui Setiap Pemimpin

0
98

prinsip dasar pembuatan strategi

Membuat sebuah strategi adalah hal yang perlu dilakukan oleh sebuah tim, akan tetapi apakah strategi tersebut akan digunakan atau tidak semuanya ada di tangan pimpinan tim atau perusahaan tersebut.

Lalu bagaimana caranya mengetahui apakah sebuah strategi yang di diskusikan akan efektif atau tidak? Caranya adalah dengan menilai strategi tersebut berdasarkan prinsip dasar pembuatan strategi berikut ini.

Prinsip 1 : Cari strategi yang akan membuat perusahaan anda unik, bukan yang terbaik

Salah satu hal yang perlu terpatri dalam pikiran anda ketika akan membuat Keputusan dalam menentukan strategi yang akan anda gunakan, Apa itu?

Bahwa pertandingan dengan kompetitor dalam dunia bisnis berbeda dengan pertandingan di dalam olahraga. Dalam olahraga pemenang dalam sebuah kompetisi hanya ada 1 sedangkan pemain lainnya kalah.

Dalam dunia bisnis akan ada banyak pemenang. Pemenang ini dilihat dari kemampuan sebuah perusahaan untuk terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang memiliki performa rata-rata. Oleh karena itu, jangan pernah membuat strategi yang dilakukan untuk menjatuhkan lawan satu untuk menjadi yang terbaik. Hal ini akan membuat anda kelelahan.

Sebuah strategi yang baik adalah strategi yang membuat perusahaan anda menjadi pemenang di antara pemenang. Salah satu caranya adalah dengan menjadi unik. Menjadi unik akan membuat perusahaan lebih mudah diingat.

Prinsip 2 : strategi yang baik adalah strategi yang menghasilkan uang

Banyak orang memiliki keinginan untuk membuat bisnis mereka memiliki Market share yang besar atau ingin memiliki pertumbuhan yang cepat. Hal ini adalah sebuah pemikiran yang keliru.

Sebuah bisnis adalah sebuah alat untuk menghasilkan keuntungan. Jadi strategi bisnis yang baik adalah strategi yang mendatangkan keuntungan bukan meningkatkan popularitas atau memperbesar usaha anda.

Perlu anda ketahui, bahwa pertumbuhan dari sebuah perusahaan bukan merupakan tujuan dari strategi tapi merupakan konsekuensi dari strategi. Sebuah strategi harus membuat perusahaan menghasilkan uang.

Makin banyak keuntungan yang anda dapatkan maka popularitas dan juga ekspansi bisnis akan datang dengan sendirinya. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik karena sering membuat pelaku bisnis bingung.

Prinsip 3 : mengetahui definisi dari strategi

Tidak ada cara lain yang lebih baik untuk membuat sebuah strategi yang efektif kecuali anda mengetahui prinsip dasar pembuatan strategi berupa definisi dari strategi itu sendiri.

Sebuah strategi yang baik dimulai dari definisi strategi yang baik. Jadi jika anda pusing dan mengalami masalah pada saat melakukan diskusi mengenai strategi yang akan digunakan kembalilah pada definisi dari strategi itu sendiri.

Lalu apa definisi dari strategi dalam dunia bisnis? Definisi dari strategi dalam dunia bisnis bisa di buat dengan simple yaitu mengenai “Pilihan”. Sebuah strategi yang baik adalah strategi yang memilih :

  • Siapa yang akan anda layani
  • Bagaimana anda akan melayaninya.

Definisi ini akan menghubungkan antara kebutuhan dari dunia luar yaitu konsumen anda dengan perusahaan anda dengan lebih efektif. Ya menentukan target pasar adalah hal yang bijaksana dan penting dalam pembuatan strategi bisnis karena anda tidak bisa menjadi “segalanya” dalam dunia bisnis.

Prinsip 4 : memilih apa yang tidak akan dilakukan

Selain mendefinisikan apa yang akan anda lakukan dan juga siapa yang akan anda layani, hal lain yang tidak kalah penting adalah menentukan hal-hal apa saja yang tidak akan anda lakukan.

Ya, strategi yang baik juga mencakup apa saja hal yang tidak akan anda lakukan pada konsumen anda sesuai dengan quotes dari Bapak Strategi Bisnis Modern yaitu Michael Poeter “esensi dari sebuah strategi adalah memilih apa yang tidak akan dilakukan.”

Ini adalah prinsip dasar pembuatan strategi yang terakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here