Perbedaan antara Corporate Branding dan Consumer Branding

0
23

Corporate branding vs consumer branding

Branding adalah salah satu tipe atau cara pemasaran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Akan tetapi banyak orang sering kali keliru dalam membedakan antara Corporate Branding dan juga Consumer Branding.

Untuk anda yang juga bingung dengan keduanya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Dasar dari branding

Branding adalah sebuah kegiatan yang digunakan untuk membuat image dari sebuah produk dengan menggunakan logo, pengiklanan, customer service dan juga interaksi lain yang dilakukan dengan konsumen anda.

Sebuah branding yang kuat akan membuat memori yang kuat di hati konsumen anda. Bukan hanya membuat brand anda menjadi lebih mudah diingat, sebuah branding yang kuat juga akan membantu anda untuk membangun konsumen yang loyal.

Lalu apa itu Corporate branding?

Baik itu Corporate Branding atau konsumen branding dapat dibangun dengan menggunakan teknik branding yang sudah disebutkan sebelumnya. Lalu apa bedanya Corporate dan juga produk branding?

Branding perusahaan adalah sebuah strategi untuk meningkatkan penjualan dari sebuah produk dengan menggunakan nama organisasi dan juga reputasi dari perusahaan anda. Branding perusahaan membuat konsumen membeli produk karena produk tersebut di keluarkan oleh sebuah perusahaan tertentu.

Untuk membuat Corporate Branding ini biasanya para staf marketing menggunakan cerita mengenai seberapa lama sebuah perusahaan ini sudah berkecimpung di dunia tersebut, bagaimana perusahaan tersebut terkenal dengan teknologi yang ditemukannya dan masih banyak lagi.

  • Contoh dari Corporate branding

Ketika bicara mengenai ponsel, merek ponsel apa yang pertama kali akan anda ingat? Mungkin banyak orang akan mengatakan bahwa Samsung adalah salah satu merek ponsel yang mereka ingat. Hal ini disebabkan karena Samsung adalah salah satu perusahaan produsen yang beberapa tahun ini sangat sukses dalam penjualannya.

Hal inilah yang menyebabkan setiap produk ponsel dari Samsung selalu saja laku di pasaran padahal orang belum tahu betul bagaimana spesifikasi dan performanya. Tapi karena Samsung adalah sebuah perusahaan yang populer dengan produknya yang kuat dan berkualitas maka meskipun produk tersebut belum di rilis sudah banyak orang yang menantikannya.

Apa itu Consumer Branding?

Konsumer branding adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk membuat produk mereka menjadi produk terbaik sehingga dapat dipilih oleh konsumen dengan kebutuhan yang spesifik. Jadi perbedaannya adalah :

  • Corporate Branding adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk meyakinkan konsumen bahwa sebuah perusahaan adalah perusahaan paling baik dengan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen
  • Konsumer branding adalah sebuah teknik atau upaya yang dilakukan untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang mereka miliki adalah produk yang terbaik dibanding kompetitornya.

Teknik konsumen branding ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan packaging produk yang sesuai dengan pasar, menggunakan bahan atau komposisi pembuatan produk yang berkualitas dan masih banyak lagi. Intinya adalah segala cara yang digunakan untuk membuat sebuah produk menjadi produk yang terbaik.

  • Contoh penggunaan Consumer Branding

Misalnya anda sedang berkecimpung dalam dunia bisnis pembuatan pakaian. Kemudian anda bisa menemukan bahan jaket yang tidak panas saat digunakan di siang hari dan bisa terasa hangat ketika digunakan di malam hari.

Dengan bahan ini anda bisa mendapatkan konsumen yang besar karena produk yang anda miliki memiliki kelebihan dibandingkan jaket dari brand lainnya. Dengan begitu Consumer Branding anda bisa dikatakan sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here