Peraturan Terbaru Youtube ini bikin banyak Youtuber SEWOT

0
120

peraturan terbaru youtube dan syarat monetisasi channel youtube

Peraturan terbaru youtube benar-benar bikin banyak Youtuber Sewot. Pasalnya, syarat monetisasi channel youtube kini semakin susah.

Mulai dari penetapan jumlah minimum views, total jam penayangan video, hingga banyaknya subscriber yang berlangganan video di channel.

Lalu, apakah menggeluti bisnis sebagai youtuber kini menjadi hal yg mustahil? Apakah masih memungkinkan bagi seorang pemula untuk mengais dollar dengan menjadi Youtuber?

Bukan saya yg akan menjawab, tapi anda sendiri. Tentunya setelah benar-benar memahami apa sebenarnya yg menjadi syarat monetisasi channel youtube berikut ini.

Syarat monetisasi channel Youtube

Monetisasi channel youtube merupakan salah satu tujuan utama para Youtuber berkreasi dan mengupload videonya di Youtube.

Karena dengan demikian, mereka berpotensi mendapatkan penghasilan dari setiap iklan yg ditayangkan di sela2 pemutaran video yg mereka upload.

Tentunya, iklan hanya akan muncul setelah mereka mendapat ‘Persetujuan’ dari pihak Youtube untuk memasang iklan melalui program kemitraan Google Adsense.

Sayangnya, untuk mendapatkan ‘Lampu Hijau’ tersebut, pihak Youtube secara berkala menerapkan beberapa syarat yg dinilai cukup berat, terutama bagi para Youtuber pemula.

Apa saja itu? Berikut list dan penjelasannya.

Waktu Menonton 4000 Jam (240.000 menit).

Jika sebelumnya Youtube sempat mengeluarkan aturan minimum 10.000 views untuk sebuah channel agar bisa dimonetisasi, kini aturan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Merasa lega? Jangan dulu.

Justru kini tantangannya semakin ‘Greget’. Karena channel kamu harus mengantongi 4.000 jam tayang atau 240.000 menit.

Tidak cukup sampai di situ, angka itu harus bisa diraih channel kamu hanya dalam 12 bulan terakhir alias 365 hari ke belakang.

Artinya, jika selama setahun terakhir ini jumlah waktu menonton yg diraih oleh channelmu kurang dari itu, maka channel kamu belum bisa diajukan untuk dimonetisasi.

Bahkan jika sebelum aturan ini muncul channel kamu sudah termonetisasi, maka saat ini akan otomatis terhenti.

So, aturan ini bukan hanya berimbas pada channel baru saja, namun channel lama yg sebelumnya sudah termonetisasi pun akan terkena dampaknya.

Subscriber mencapai 1.000 orang.

OK, anggap saja video yg kamu upload menjadi viral dan meraih 4.000 jam waktu menonton. Apakah otomatis sudah bisa dimonetisasi?

Eittt, tunggu dulu.

Ada satu lagi syarat monetisasi channel youtube yg harus dipenuhi, yakni jumlah subscriber atau pelanggan.

Minimum 1.000 orang harus menjadi pelanggan channel kamu. Dan aturannya masih sama, 1.000 subscriber ini harus kamu dapatkan dalam 12 bulan terakhir.

Artinya, seviral apa pun video yg kamu upload, sebanyak apa pun waktu menonton yg diperoleh, kalau jumlah subscribernya kurang dari 1.000 dalam 12 bulan terakhir, channel kamu tetap belum bisa dimonetisasi.

So, waktu menonton dan jumlah subscriber sifatnya PAKET. Dua-duanya harus terpenuhi sebagai syarat monetisasi channel youtube.

Strategi  menghadapi peraturan terbaru youtube

Menyerah? Jangan dulu sob.

Faktanya masih banyak Youtuber yg tanpa lelah terus berjuang untuk mendapatkan approval dari Youtube agar bisa memonetisasi channelnya, dan, pada akhirnya bisa mendapatkan penghasilan darinya.

Yaahhh, meskipun banyak di antara mereka yg mengambil jalan pintas seperti melakukan ‘Adegan’ sub4sub dan reupload ‘mentahan’ yg jelas-jelas melanggar pedoman komunitas.

Jika sudah demikian, siap-siap aja kena banned, dan jerih payahmu selama ini menjadi sia-sia.

Lalu bagaimana cara yg benar menghadapi aturan terbaru youtube ini? Tiidak ada jalan lain kecuali membuat konten video yg berkualitas, disukai penonton, dan rutin.

Berkualitas dari sisi audio dan video, disukai penonton karena banyak dicari orang, dan rutin alias sering-sering upload video.

Artinya, ya harus mulai investasi waktu baik untuk belajar video editing maupun belajar keyword research.

Saya sendiri merekomendasikan EZKeyword sebagai keyword research tool, dan Adobe Premiere Pro CC sebagai video editor.

Penutup

Akhir kata, jadikan peraturan terbaru youtube ini sebagai pemacu kreativitas kita. Hindari cara-cara instan yg bisa merugikan dan segera berbenah untuk mempelajari hal-hal baru yg terbukti efektif  untuk menghadapi syarat monetisasi channel youtube yang semakin ketat.

Note: Tertarik untuk menjadi Youtuber? simak cara mendapat uang dari youtube dengan 5 langkah mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here