Pendaftaran kartu prakerjamu sedang diproses, ini maksudnya

    0
    80

    pendaftaran kartu prakerja sedang diproses

    Halo sobat bisnis, artikel kali ini akan membahas tentang status pendaftaran kartu prakerja sedang diproses atau sedang dievaluasi.

    Bagi sebagian orang yg baru saja mendaftarkan diri dalam program kartu prakerja, mungkin saat ini sedang bertanya tanya, kenapa status pendaftaran koq masih tetap berada pada status sedang diproses. Maksudnya apa ya?

    Yes, pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-11 memang baru saja dibuka pada tanggal 3-4 November kemarin. Artinya, saat ini banyak peserta yang masih menunggu hasil dari seleksi tersebut, dan pada dashboard akun mereka rata rata tertulis bahwa status pendaftaran mereka masih dalam status Sedang Diproses.

    Pendaftaran kartu prakerja sedang diproses, artinya?

    Setelah para peserta melakukan pendaftaran yang diawali dengan tes pengetahuan dasar dan minat, hingga pada proses pemilihan gelombang pendaftaran, maka pihak penyelenggara akan melakukan evaluasi dan pengecekan data dari masing masing calon peserta.

    Pengecekan ini dimaksudkan untuk memeriksa apakah calon peserta yang mendaftar benar benar layak untuk mendapatkan bantuan Pemerintah berupa Program Pelatihan maupun Insentif.

    Dan, pada saat proses inilah, status pendaftaran kita akan berada dalam mode Sedang dievaluasi dan Sedang diproses.

    Artinya, kita tinggal menunggu saja bagaimana hasil akhirnya, apakah diterima atau gagal, yang mana hal itu nantinya bisa kita lihat pada halaman dashboard akun prakerja kita dalam beberapa hari ke depan, sesuai penjelasan dari pihak penyelenggara.

    Di bawah adalah gambar contoh status yang muncul di dashboard akun prakerja kita jika diterima maupun ditolak/gagal.

    gagal prakerja

    lolos prakerja

    Kartu Prakerja sedang diproses, artinya?

    Bagi kamu yang pendaftarannya diterima, maka pada dashboard akun akan muncul data nomor kartu prakerja beserta data besaran saldo insentif yang akan diterima.

    Namun umumnya, saat awal pengumuman, biasanya nomor kartu prakerja kita tidak langsung muncul, tapi masih dalam status ‘Sedang diproses’.

    Namun jangan khawatir, ketika status kartu prakerja kita sedang diproses, itu artinya kita sudah diterima dalam program ini, namun untuk nomor kartunya saja yang masih dalam proses pendataan.

    Selama proses ini, kita masih belum bisa mengambil kursus atau program pelatihan, karena umumnya untuk mengambil program pelatihan, kita wajib memasukkan nomor kartu prakerja kita.

    Dan karena nomor kartu kita belum keluar, maka untuk sementara waktu kita masih harus sabar menunggu.

    Insentif kartu prakerja sedang diproses, maksudnya?

    Setelah berhasil diterima dalam pendaftaran program kartu prakerja, kita juga akan mendapatkan alokasi untuk pemberian insentif.

    Jika statusnya Sedang diproses, artinya insentif kita tinggal menunggu proses pencairan saja ke rekening bank maupun ewallet yang telah kita atur sebelumnya.

    insentif prakerja sedang diproses

    Yang perlu menjadi catatan adalah, bahwa insentif akan keluar jika kita sebagai peserta sudah memenuhi beberapa persyaratannya, diantaranya:

    1. Sudah menyelesaikan program pelatihan dan memberi feedback atau uasan tentang pelatihan tersebut.
    2. Sudah menghubungkan akun bank atau ewallet untuk proses pembayaran.
    3. Jika menggunakan rekening bank (hanya BNI), data akun di bank harus sama dengan data di akun prakerja (NIK, Nama).
    4. Jika menggunakan Ewallet (Gopay/Linkaja/OVO), akun harus sudah upgrade dengan menyertakan foto KTP dan Swa foto.
    5. Untuk insentive Survey, peserta harus menyelesaikan survey terlebih dahulu.

    Insentif kartu prakerja sedang diproses, berapa lama cair?

    Jika semua persyaratan di atas untuk pencairan insentif sudh terpenuhi, maka kita hanya perlu menunggu waktu maksimal 7×24 jam alias 7 hari saja sampai insentif itu cair.

    Jika sudah melebihi batas waktu tersebut dan insentif kita belum cair, kita diminta untuk menghubungi layanan call center kartu prakerja.

    Demikain ulasan singkat tentang penjelasan status pendaftaran kartu prakerja sedang diproses atau dievaluasi, dilanjutkan dengan penjelasan status kartu prakerja sedang diproses, lalu status insentif kartu prakerja sedang diproses, dan terakhir berapa lama proses pencairan insentif kartu prakerja akan cair dari status sedang diproses.

    Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa share ke saudara atau teman kalian yang membutuhkan informasi ini ya.

    *Informasi diambil dari berbagai sumber, termasuk situs resmi prakerja.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here