Pembayaran adsense tertunda, jangan panik bro

1
196

jadwal pembayaran google adsense tertunda

November 2018 menjadi bulan yang bakal dikenang oleh para Blogger dan Youtuber. Pasalnya, banyak dari mereka yang mengalami penundaan pembayaran google adsense, termasuk penulis sendiri.

Tidak seperti biasanya, pembayaran google adsense kali ini memang sempat bikin galau. Bolak balik refresh email, namun belum juga ada notifikasi pembayaran yang biasanya muncul sejak tanggal 21 tiap bulannya.

Yang bikin tambah parno adalah, sebagian rekan-rekan publisher sudah ada yang menerima pembayaran. Sementara saya sendiri, hingga tanggal 25 (hari ini) emailnya aja belum dapat, dan saldo pun masih utuh terpampang di dashboard akun adsense.

Sempat menjadi perbincangan di berbagai group atau komunitas publisher adsense, akhirnya dapat ditarik beberapa kesimpulan yang cukup melegakan.

Tanggal pembayaran Google Adsense

Seperti penjelasan pada halaman resmi Google Adsense, bahwa pembayaran akan dilakukan pada rentang tanggal 21-26 setiap bulannya (default).

Jadi, selama belum lebih dari tanggal 26, maka pembayaran dianggap masih normal, tidak telat. So, kita tunggu saja sampai besok hari Senin.

Note: Mungkin karena kita ‘sering’ nya menerima pembayaran sekitar tanggal 21-22, maka kejadian kali ini sempat bikin was was juga, ya gak sih.

Namun perlu dicatat juga, jika sampai besok (tanggal 26) kita belum juga menerima email notifikasi pembayaran atau status pembayaran kita masih pending, maka sepatutnya kita menghubungi pihak Google Adsense.

Pembayaran Adsense tertunda karena Event di USA

Satu lagi yang menjadi alasan tertundanya pembayaran adsense kali ini adalah karena di Amerika sedang dalam masa liburan alias Holiday.

Dimulai dari event Thanks Giving, Black Friday, hingga liburan sekolah sejak tanggal 21 hingga tanggal 25 november 2018 (beberapa wilayah bisa sampai tanggal 26).

Setidaknya itulah penjelasan dari pihak Google Adsense terkait tertundanya gajian para publisher bulan ini, seperti yang saya kutip dari halaman support mereka.

Berikut kutipannya:

Ask         : Hi Adsense Team. Today is 24 Nov and my payment still pending. Is that normal?
Answer : Yes. The payments are sent anytime between 21-26 of the month. Due to thanksgiving, payments are more likely to be towards the end of this window.

Artinya, sudah jelas bahwa pembayaran kemungkinan akan dilakukan pada batas akhir waktu pembayaran, yakni tanggal 26 November.

Isu Google Adsense bangkrut adalah hoax

Sempet juga beredar kabar bahwa pihak google Adsense bangkrut dan tidak bisa membayar para creator Youtube yang gajinya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Saya tegaskan lagi bahwa isu itu 100% adalah hoax.

Bahkan dalam sebuah percakapan di sebuah komunitas publisher, ada yang memberikan komentarnya yang jenius:

“Gak mungkin bangkrut lah. Kalo mau mah tinggal banned aja akunnya, kan gak perlu keluar duit buat bayar, hahahahaaaa”.

Sekian ulasan singkat tentang tertundanya pembayaran Google Adsense dari jadwal ‘biasanya’ yang dialami oleh sebagian publisher.

Mudah-mudahan bisa memberikan sedikit rasa lega karena menurut rencana pembayaran akan dilakukan pada tanggal 26 November besok bertepatan dengan berakhirnya masa liburan di USA.

OK, tetap semangat dan selalu Possitive Thinking. Kita tunggu tanggal mainnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here