Pekerjaan sampingan untuk Mahasiswa paling diburu dan diminati

    0
    64

    pekerjaan sampingan untuk mahasiswa

    Butuh tambahan biaya kuliah atau sekedar buat nambah uang jajan, berikut beberapa pekerjaan sampingan untuk Mahasiswa yang bisa kamu lirik sob.

    Sebagai Mahasiswa, kebanyakan  pernah mengalami yang namanya kekurangan dana, entah karena kiriman dari Orang Tua telat ataupun memang ada keperluan mendadak yang harus kalian penuhi.

    Jika sudah demikian, tak jarang dari kita harus berteman dengan mie instan hanya sekedar untuk mengganjal perut.

    Boro boro bisa dapetin nutrisi buat mikir pelajaran di kampus, jika diterusin yang ada malah bisa kena penyakit tipes, ya gak sih?

    Kabar baiknya, dengan semakin berkembangnya teknologi, kini kalian bisa memanfaatkan internet untuk melakukan beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa secara Online.

    Ya, daripada cuma kongkow atau nogkrong ama temen yang gak jelas, kalian mending mengerjakan beberapa  pekerjaan ini disela waktu senggang kalian.

    Pekerjaan sampingan untuk Mahasiswa paling diminati

    Berikut beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang saat ini paling banyak diminati karena bisa dikerjakan dari mana saja, dan kapanpun ada waktu.

    Sebagai penulis artikel

    Dunia blogging memang lagi menggeliat dalam beberapa tahun terakhir. Ratusan hingga ribuan blog baru terus dipublish setiap bulannya.

    Tak pelak, keberadaan seorang content writing atau penulis artikel kian dicari dan makin diperhitungkan keberadaannya. Bahkan ada juga seminar yang khusus diperuntukkan untuk anda yang ingin menggeluti bisnis sebagai content writing atau penulis artikel.

    Sebagai Mahasiswa, anda bisa memanfaatkan kesempatan ini. Jadilah seorang penulis artikel untuk memenuhi kebutuhan para Blogger dalam menyediakan konten untuk blog atau situs mereka.

    Ada banyak niche atau tema yang bisa kalian pilih. Mulai dari kategori Bisnis, Fashion, Otomotif, Gaya Hidup, Politik, Ekonomi, dan masih banyak lainnya.

    Dengan menjadi seorang content writer, selain mendapatkan penghasilan, tentunya akan menambah wawasan kalian juga. Gimana tidak, saat mencari ide tulisan, pastinya kalian akan banyak mencari referensi di internet.

    Uang dapet, wawasan juga dapet. Enak tho?

    Tapi perlu dicatat, kebanyakan para Blogger menginginkan sebuah artikel yang SEO Optimized. Jadi, sebelum menggeluti pekerjaan ini, belajarlah dan cari banyak informasi tentang ilmu SEO. Bagaimana membuat artikel SEO yang disukai Google dan Pembaca.

    Sebagai Translator atau Penterjemah

    Jika kebetulan kalian kuliah di jurusan Bahasa asing, satu lagi pekerjaan sampingan yang bisa kalian lirik adalah sebagai penterjemah atau translator.

    Banyak pekerjaan freelance yang membutuhkan seorang translator dari Bahasa asing satu ke Bahasa Asing lainnya termasuk Bahasa Indonesia, baik berupa makalah, artikel, maupun dokumen.

    Anda bisa bergabung menjadi seorang Freelancer di situs Fiverr dan mulai menawarkan jasa translation di sana. Pekerjaan ini menjadi salah satu yang paling dicari dan diminati di situs tersebut.

    pekerjaan freelance untuk mahasiswa di fiverr

    Sebagai tips, jika kalian baru terjun dan mendaftar di situs Fiverr, tawarkan harga yang bersahabat yakni pada batas minimal sebesar $5. Setelah mendapatkan cukup banyak klien, anda bisa mulai menaikkan rate harga seperti para freelancer lainnya yang sudah punya nama.

    Sebagai Blogger

    Jika kedua pekerjaan sampingan di atas untuk mendapatkan hasil yang instan alias langsung dibayar ketika pekerjaan selesai, beda halnya dengan yang satu ini.

    Untuk mendapatkan penghasilan sebagai Blogger, setidaknya butuh waktu beberapa bulan sebelum blog tersebut benar benar menghasilkan.

    Ya, sebuah blog umumnya bisa mendapatkan penghasilan dari program adsense maupun program affiliate atau afiliasi.

    Namun keduanya bisa berjalan ketika blog kita sudah memiliki traffic atau pengunjung blog yang cukup. Artinya, kita harus benar benar menyiapkan artikel yang menarik dan bermanfaat untuk pengunjung.

    Dengan makin bertambahnya artikel yang kita posting, tentunya akan semakin banyak kesempatan bagi blog kita untuk mendapatkan pengunjung. Apalagi jika artikel kita benar benar sudah dioptimasikan dari segi SEOnya.

    Ketika blog sudah mendapatkan pengunjung yang melimpah, saatnya kita bergabung dengan program Google Adsense untuk kerjasama placement iklan.

    Di sisi lain kita juga bisa mulai menawarkan produk affiliate dengan membuat ulasan atau artikelnya di blog kita.

    Dari keduanya, kita nantinya bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang akan bekerja secara autopilot, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu non stop.

    Makanya, pekerjaan sampingan untuk mahasiswa sebagai seorang Blogger bisa dibilang menjadi investasi kita di masa mendatang. Seiring dengan berkembangnya blog, semakin besar juga potensi penghasilan yang bisa kita dapatkan.

    Sebagai tips, anda bisa membaca ulasan tentang bagaimana memilih layanan Hosting yang berkualitas untuk menunjang kegiatan blogging anda.

    Serta apa saja yang perlu disiapkan sebelum mengajukan program kerjasama Google Adsense karena gak semua blog bisa mudah diterima dalam kerjasama placement iklan dari Google.

    Demikian ulasan tentang beberapa pekerjaan sampingan untuk Mahasiswa yg saat ini banyak dicari dan dibutuhkan di lapangan.

    Dengan memanfaatkan peluang ini di sela sela waktu luang kuliah anda, selain bisa menambah penghasilan, wawasan anda tentang dunia kerja juga akan semakin meningkat.

    Diharapkan setelah selesai kuliah nanti, anda akan lebih siap dalam mengarungi dunia kerja. Are You Ready?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here