Hampir saja kena modus penipuan kode verifikasi Whatsapp habis belanja di Bukalapak

    0
    84

    modus penipuan kode verifikasi whatsapp

    Para penipu memang gak kapok kapok ya, Selalu saja bermunculan dari waktu ke waktu. Baru saja saya hampir menjadi korban modus penipuan kode verifikasi whatsapp.

    Ya, siang tadi saya mendapat telpon dari orang yang tidak saya kenal. Dia mengaku sebagai pemilik toko di Bukalapak dimana saya belanja produknya senilai hampir 2 jutaan.

    Memang, beberapa hari sebelumnya saya belanja di toko itu, namun barangnya belum sampai ke rumah sampai saat ini.

    Bagaimana modus penipuan ini berlangsung? Yuk simak sejenak ya biar anda gak sampai jadi korbannya.

    Kronologi Modus penipuan kode verifikasi Whatsapp

    Tiba tiba telpon saya berdering, dia menanyakan nama saya dan melakukan konfirmasi apakah benar saya memesan produk xxx di Bukalapak.

    Saya jawab aja benar. Lalu dia mengaku dari pihak toko tersebut, dan meminta saya mengirimkan kode sms yang masuk ke nomor saya (saya sih gak tau kalo ada sms masuk sebelum dia telpon tadi).

    Katanya, kode itu buat urus asuransi pengiriman barang jika nanti ternyata barangnya rusak atau tidak sesuai dengan yang saya pesan.

    Langsung saja saya tanya, ini dari tokonya apa dari ekspedisi sih, koq bahas masalah asuransi pengiriman segala? Kan barangnya sudah otw, bukan baru mau dikirim?

    Dan, kalo nanti ada masalah, kan bisa saya klaim via aplikasi Bukalapaknya? Ngapain repot repot? (saya memang pernah urus klaim barang melalui aplikasi Bukalapak, dan itu mudah koq).

    Eh, dianya keukeuh minta kode yang dimaksud, katanya untuk jaga jaga aja jika barangnya nanti rusak atau gak sesuai pesanan, jadi mau diurus asuransinya dulu katanya. Biar nanti bisa di retur ke toko.

    Jelas saja saya emosi. Emang barang yg kalian kirim sebenarnya bermasalah atau gimana sih? Koq ngebet banget ngurusnya. Atau jangan jangan sengaja kalian kirim barang rusak atau gak sesuai pesanan? (tak cecar dia, habisnya emosi sih).

    Bisa aja dia ngelesnya, dia bilang katanya ada beberapa pelanggannya yg lain yg complain karena barang serupa yg dia kirim kurang bagus. Jadi ini buat jaga jaga katanya.

    Saya pun gak mudah percaya, wong beberapa hari sebelumnya saya juga pesan di toko itu dan barangnya nyampe denagn kondisi bagus koq.

    Saya tanya siapa namanya, apa nama toko nya, kirim email aja ke saya biar jelas maksudnya apa. Eh dia agak grogi jawabnya, agak gelagapan nyebutin nama (keliatan ngarang), dan nama tokonya kurang lengkap.

    Saya tanya lagi, apa nama tokonya? Sekali lagi dia agak gelagapan, nama toko yang disebutin gak lengkap, bahkan sempet salah sebut.

    Langsung aja saya matiin telpon. Ada yang gak beres nih.

    Tanpa tunggu lama, saya cek sms yang masuk. Ternyata benar, ada sms dari whatsapp yang berisi kode verifikasi 6 digit. Rasa curiga saya ternyata benar.

    Ada yang mencoba login pakai akun Whatsapp saya, atau Bahasa mudahnya, ada yang mencoba nge-hack akun WA saya.

    Untung saja gak saya kasih tadi. Seandainya saya kasih, pasti nomor WA saya akan disalahgunakan buat nipu. Ya, dia bisa takeover akun WA saya, dia juga bisa dapetin semua kontak saya.

    Bisa saja dia kirim WA ke semua kontak mengatasnamakan saya, terus minta transfer uang dan semacamnya. Kan sudah sering kejadian kayak gini, dulu biasa disebut modus penipuan ‘Teman Gadungan’ di Whatsapp.

    Karena yakin ada upaya buat hack akun WA saya, saya coba menghubungi toko melalui aplikasi Bukalapak. Kan ada menu message/pesan /chat dengan penjual di situ.

    chat-bukalapak

    chat bukalapak 2

    Ternyata si penipu habis ngehack akun penjual di Bukalapak. Semua pelanggannya juga di sms dan di telpon kayak saya tadi. Pantesan dia tahu nomor dan nama saya, serta tahu kalau habis pesan di BL.

    Wuihhh, bahaya juga ya. Kalo saja yg ditelpon penipu tadi kurang paham dan kurang teliti, mungkin akun WA nya sudah ke hack juga dan di takeover ama pelaku. Ngeri.

    Bagaimana jika sudah terlanjur ngasih kode verifikasi ke penipu

    Nah, buat pembelajaran buat kita semua, JANGAN PERNAH ngasih kode verifikasi dari whatsapp kepada orang lain, termasuk ke orang yang ngaku dari pihak whatsapp sekalipun.

    Kode ini sifatnya rahasia. Sama halnya dengan kode OTP buat anda yang menggunakan aplikasi Mobile Banking misalnya. Jangan pernah kasih kode semacam ini ke orang lain.

    Bagaimana kalau sudah terlanjur kena modus penipuan kode whatsapp dan anda kasih ke penipu kode tersebut?

    Yang pertama kemungkinan terjadi adalah anda akan secara otomatis keluar/ ter logout dari WA. Itu artinya si penipu telah berhasil masuk ke akun WA dan menggunakan nomor anda.

    Jika anda sudah ter logout, segera login kembali dan anda akan diminta memasukkan kode verifikasi kembali melalui sms berupa 6 kode digit.

    Setelah anda masukkan, maka si penipu tadi akan otomatis ter-logout kembali.

    Segera aktifkan fitur keamanan 2 langkah alias ‘Two-Step Verification’ melalui menu setting di aplikasi whatsapp anda.

    fitur keamanan dua langkah whatsapp

    Anda akan diminta mensetting pin 6 digit dan memasukkan alamat email. Ikuti prosesnya sampai selesai. Jika sudah aktif, maka setiap kali ada orang lain yang mencoba masuk akun Whatsapp menggunakan nomor anda, akan diminta 6 digit kode verifikasi yg di sms plus diminta memasukkan PIN keamanan yang anda buat tadi.

    Pastinya akan lebih aman kedepannya..

    Note:
    Sebagai tambahan, saat membuka aplikasi Whatsapp, klik titik 3 di pojok kanan atas, lalu masuk menu ‘Whatsapp Web’. Silahkan log out dari Whatsapp Web, siapa tahu masih ada orang lain yang menggunakan nmor whatsapp anda untuk akses WA menggunakan web atau computer.

    Kesimpulan modus penipuan kode verifikasi whatsapp

    Sebagai penutup, poin penting yang harus anda ingat adalah jangan pernah memberikan kode verifikasi whatsapp kepada orang lain.

    Aktifkan fitur keamanan 2 langkah alias Two Step Verification agar akun whatsapp anda lebih aman dari penyalahgunaan pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Selalu logout dari fitur Whatsapp Web setiap kali anda selesai menggunakan whatsapp anda di computer.

    Selalu cross check jika ada yang WA mengaku sebagai teman anda dan meminta sesuatu yang mencurigakan, seperti minta transfer uang dan semacamnya, karena bisa jadi akun WA dia juga kena hack.

    Akhir kata, harap selalu waspada dan semoga kita semua terhindar dari modus penipuan semacam ini. Share informasi ini kepada orang orang terdekat anda agar tidak menjadi korban.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here