Hati hati jebakan dibalik bunga pinjaman online yg kecil

0
35

jebakan dibalik bunga pinjaman online

Aplikasi pinjol makin marak  bermunculan ditengah kondisi pandemi ini dengan menawarkan bunga pinjaman online yg kecil dan cukup menggiurkan.

Tapi tahukah kamu, bahwa dibalik topeng bunga yg kecil tersebut ternyata ada biaya lain yg gak kalah mengejutkan karena umumnya gak ditulis dalam iklan mereka.

Dengan kata lain, mereka hanya mengumbar janji manis dengan menawarkan bunga yg rendah dalam iklannya, namun seakan menyembunyikan adanya biaya ‘lain’ yg cukup besar.

Memang sih, bunga yg dikenakan relatif kecil, mulai dari 0,05% sampai 0,8% saja. Dan saat kami cek di dalam aplikasi, hitungannya benar sesuai angka yg tertulis.

Tapi jangan senang dulu, setelah kami breakdown, ternyata ada biaya lain nya yang gak kalah besar, yaitu biaya Administrasi.

Bunga Pinjaman Online Kecil tapi Biaya Admin Besar

Yes, kali ini kami coba mendaftar di salah satu aplikasi pinjaman online yg cukup ternama dan resmi terdaftar di OJK.

Setelah install aplikasi dan isi data personal, hanya dalam hitungan menit plafon kredit atau kredit limit sudah muncul dengan angka yg lumayan.

kredit limit pinjaman online
kredit limit pinjaman online

Tanpa tunggu lama, kami langsung coba untuk cek perhitungan bunga untuk pinjaman tunai sebesar Rp1.500.000 dengan tenggat waktu pembayaran selama 22 hari.

Kagetnya, ternyata jumlah pemgembalian yg tertulis langsung membengkak menjadi Rp1.764.000 alias ada penambahan sekitar Rp264.000.

Woww, Cuma pinjem selama 3 minggu udah kena biaya total Rp264.000 (sekitar 18% dari pokok pinjaman). Itupun kalo nanti langsung dibayar lunas ya sebelum jatuh tempo.

Kaget? Yes.  Awalnya kami membayangkan kalo dihitung hitung dengan nominal bunga yg tertulis yakni sebesar 0,2% perhari, seharusnya total pengembalian menjadi:

0,2% x Rp1.500.000 x 22 hari = Rp66.000 (bunga) + Rp1.500.000 (pokok pinjaman) = Rp1.566.000

Usut punya usut ternyata yg bikin bengkak adalah adanya biaya administrasi di luar bunga yg sama sekali gak terpikirkan sebelumnya. Kan memang gak disebut sebut dalam iklan mereka kan?

biaya admin pinjaman online
biaya administrasi pinjaman online yang besar

Setelah melihat tincian detail jumlah yg harus dikembalikan, kami pun hanya bisa geleng geleng walaupun emang sedari awal kami hanya mau ngetes saja, gak ada niatan mau pinjam beneran.

Yang mengherankan adalah, kenapa masih banyak aja ya yg melakukan pinjaman, padahal total biaya yg dikenakan cukup besar.

Belum lagi jika terjadi keterlambatan pembayaran tagihan, bakal digulung terus bunganya, bunga berbunga, dan seterusnya yg sudah pasti bakal makin bengkak lagi angkanya.

Dan kami rasa hampir semua aplikasi pinjaman online juga menerapkan strategi yang sama, yakni iklan dengan bunga rendah, namun dibalik itu ada biaya administrasi yg besar.

So, mari kita pertimbangkan lagi matang matang, mari berhitung dengan lebih teliti sebelum mengajukan pinjaman online.

Semoga teman teman yg membaca artikel ini, dimudahkan pekerjaannya, dilapangkan Rezkinya agar tidak sampai terjerumus dalam jebakan bunga pinjaman online.

Yamg sudah terlanjur, harap berhati hati dan siapkan mental karena ada beberapa resiko dan bahaya pinjaman online menanti di depan. Detailnya bisa kamu baca di sini:
Ini dia sederet Resiko dan bahaya pinjaman online yang wajib kamu ketahui

Tetap waspada, stay save.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here