Kebijakan baru, Youtuber Indonesia bakal kena pajak adsense Youtube oleh Amerika

0
19

info pajak adsense youtubePajak Adsense Youtube memang sedang menjadi bahan perbincangan yg cukup ramai di kalangan Youtuber. Bukan hanya di Indonesia saja, namun di seluruh dunia.

Yes, pasalnya, pihak Youtube baru baru ini mengirim email ke seluruh mitra Youtuber terkait perubahan aturan pengenaan pajak pendapatan di Youtube Adsense.

Dalam email tersebut disebutkan bahwa seluruh Mitra diwajibkan untuk mengisi form pajak berkenaan dengan aturan pemerimtah Amerika yg mewajibkan seluruh penghasilan yg berasal dari Amerika harus terdata dan dikenakan pajak.

So, para Youtuber yg mana video videonya banyak ditonton oleh warga Amerika dan menghasilkan adsense darinya, akan terdampak dalam kebijakan baru ini.

Bagaimana dengan Youtuber yg video videonya kebanyakan ditonton di luar Amerika? Seperti di Indonesia misalnya? Apakah tetap terkena dampak kebijakan pajak adsense youtube ini?

Jawabannya adalah bisa yes bisa no. Koq bisa? Yuk simak poin penting dalam kebijakan pajak Amerika berikut.

Poin penting Kebijakan Pajak Adsense Youtube 2021

Banyak sekali perbincangan yg membahas tentang kebijakan pajak adsense youtube ini, namun ada beberapa poin penting yg menjadi inti dari aturan baru tersebut.

  1. Aturan pengenaan pajak adsense Youtube yg baru ini akan mulai diberlakukan pada bulan Juni 2021 mendatang.
  2. Semua Mitra Youtube harus melaporkan dan mengisi form pajak yg disediakan selambatnya tanggal 31 Mei 2021.
  3. Mitra yg tidak mengisi dan melaporkan sampai batas waktu yg ditentukan, akan dikenakan pemotongan sebesar 24% dari seluruh penghasilannya (penghasilan dari viewer seluruh dunia).
  4. Mitra yg mengisi dan melaporkan sebelum batas waktu, namun tidak dilengkapi input NPWP, akan dikenakan potongan sebesar 30% dari pendapatan yg berasal dari viewer Amerika saja (Penghasilan dari viewer di luar Amerika tidak ikut terpotong).
  5. Mitra yg mengisi dan melaporkan sebelum batas waktu, dan dilengkapi input NPWP, akan dikenakan potongan sebesar 0-10% dari pendapatan yg berasal dari viewer Amerika saja (Penghasilan dari viewer di luar Amerika tidak ikut terpotong).

Nah, dari beberapa poin di atas dapat dipahami bahwa sebenernya yg paling terdampak dalam aturan ini adalah para Mitra Youtube yg video videonya banyak ditonton atau viewernya kebanyakan dati Amerika saja.

Sementara jika viewer dari video video kita kebanyakan ditonton di luar Amerika, maka kebijakan ini tidak terlalu berpengaruh ke penghasilan kita.

Namun dengan catatan, kita harus mengisi form pajak yg disiapkan. Kalo tidak mengisi, maka penghasilan kita akan kepotong 24%, meskipun viewernya bukan berasal dari Amerika.

Cara mengisi form Pajak Google Adsense Youtube

Setelah membaca ulasan di atas, maka sebaiknya kita sebagai Mitra Youtube segera mengisi dan melaporkan form pajak yg diminta, agar potongan penghasilan dari adsense youtube kita gak terlalu. Besar.

Untuk mengisinya, silahkan teman teman mengikuti tutorial dalam video berikut agar bisa lebih mudah dipahami (kalau ditulis kayaknya bakal panjang doalnya, hehehe)

Sekian info tentang pajak adsense youtube terbaru yg sempat meramaikan jagat peryoutuban kita awal tahun ini. Semoga informasi ini bisa memberikan gambaran bagi sesama Mitra Youtube di Indonesia.

Oh ya, buat kamu yg ingin serius membangun channel Youtube dan ingin mendapatkan penghasilan darinya, bisa ikuti KELAS YOUTUBE yang akan membantu kamu membangun channel dari nol sampai menghasilkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here