3 Tahapan cara promosi bisnis afiliasi lewat Facebook Gratisan

0
7

ilustrasi bisnis afiliasi lewat facebook

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana menjalankan afiliasi tanpa website, yang salah satunya adalah promosi bisnis afiliasi lewat facebook.

Dan kali ini kita akan bahas sedikit lebih mendetail prosesnya, dari awal mengambil link afiliasi, merubahnya dengan layanan pemendek URL, sampai pada proses bagaimana cara mempromosikannya lewat facebook.

Tenang aja, ilustrasi yang akan disampaikan pada ulasan ini masih murni mengandalkan fitur Facebook yang Gratis, bukan berbayar seperti Facebook Ads.

Tahapan promosi bisnis afiliasi lewat facebook

Agar lebih mudah dipahami dan dipraktekkan, tahapan ini akan saya bagi dalam 3 sub aktivitas, namun ketiganya harus dilakukan secara berurutan dari yg atas sampai yang bawah.

  1. Membuat atau mengambil link afiliasi

Jika Selama ini anda sudah menjalankan bisnis afiliasi, tentunya aktivitas yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kalian.

Ya, link afiliasi adalah link khusus yang disiapkan untuk masing masing affiliate dan berisi kode unik tertentu sebagai tracking code.

Dengan kode itu, nantinya para vendor atau pemilik produk bisa tahu bahwa yg membeli produk mereka berasal dari promosi yang dilakukan oleh affiliate mereka yg mana.

Dengan demikian, ketika produk itu terjual, maka komisi akan diberikan kepada pemilik link affiliate terkait. Dan itu gak bakalan tertukar, meskipun jumlah affiliate nya ratusan bahkan ribuan orang.

Nah, sebagai contoh kali ini saya akan mengambil link affiliate saya dari produk KELAS SHOPEE milik Vendor ZuperID yang berisi Kursus Online bagaimana Jualan di Shopee dari NOL sampai LAKU.

gambar contoh link afiliasi

Link affiliate yg akan saya ambil adalah link affiliate menuju Sales Page dari produk tersebut, yaitu yang saya kasih tanda kotak berwarna kuning.

Tinggal copy saja link tersebut, kemudian kita lanjutkan ke tahapan selanjutnya di bawah.

  1. Mengubah URL dengan layanan bitly

Kalau kita cermati, link affiliate dari produk di atas selain kelihatan panjang, juga terlihat kalau itu berisi link referral atau link afiliasi seseorang.

Agar lebih terlihat simple, kita perlu menggunakan layanan pemendek URL atau URL Shortener. Dan salah satu yang favorit adalah layanan milik bitly.

Langsung aja, untuk memulainya anda bisa install dulu aplikasi bitly melalui Google Playstore. Cari aplikasi dengan nama bitly, maka akan ditampilkan seperti gambar di bawah.

aplikasi bitly di playstore

Silahkan anda install aplikasi tersebut, dilanjutkan dengan login atau register jika memang sebelumnya belum pernah menggunakannya.

Dan setelah login, maka akan ditampilkan seperti gambar di bawah, klik pada tombol (+) untuk membuat link baru.

buat link baru di bitly

Ingat, sebelumnya kan kita sudah memiliki link affiliate untuk kita rubah, silahkan dicopy lalu paste kan pada kolom yang ditampilkan dan klik tombol Create.

gambar paste link panjang di bitly

Setelah tombol Create ditekan, maka link URL baru kita akan ditampilkan. Kita bisa merubah bagian belakang link tersebut agar lebih mudah diingat.

gambar ganti nama link di bitly

Isi bagian belakang link tersebut dengan kata unik, terserah anda, namun usahan sesingkat mungkin. Jika kata yg anda masukkan sudah pernah dipakai orang lain, maka anda harus menggantinya denagn kata lainnya.

Jangan lupa untuk klik tombol centang di bagian pojok kanan atas agar link yang anda buat tersimpan dan siap digunakan untuk proses promosi.

  1. Promosi link afiliasi di facebook

Setelah link afiliasi anda siap, kini saatnya untuk mempromosikannya melalui Facebook. Namun ingat, jangan asal posting link afiliasi di sana sini karena nanti akan terdeteksi sebagai SPAM dan malah gak bisa di posting sama sekali.

Beberapa link afiliasi memang ada yg langsung di block oleh facebook dan gak bisa kita posting secara langsung, baik di beranda pribadi maupun di beranda Group atau FB Page.

Di sisi lain, beberapa Vendor juga melarang metode promosi denagn cara spamming link affiliate mereka di setiap postingan facebook. Resikonya, kita akan diblokir dan gak bisa mempromosikan produk produk dari mereka lagi.

Lalu bagaimana caranya?

PERTAMA, Join Group Facebook yang memilki tema sesuai dengan produk yang akan kita promosikan. Semakin banyak jumlah member Group tersebut, semakin bagus.

Sebagai contoh karena saya mau mempromosikan produk Kursus Online Jualan di Shopee, dan produk produk lainnya seputar Bisnis Online, maka saya memilih untuk Join Group Peluang Usaha maupun Online Shop 100%.

Kedua Group itu memiliki anggota sebanyak ratusan ribu, bahkan salah satunya memiliki member di atas Satu Juta Orang. COcok banget dijadikan lahan promosi.

KEDUA, siapkan gambar menarik seputar produk yang akan anda promosikan. Usahakan gambarnya kotak persegi dan beresolusi tinggi agar tampak jelas ketika diposting.

Anda bisa mengambil gambar promosi di halaman affiliate produk karena biasanya Vendor sudah menyiapkannya. Atau bisa juga anda buat sendiri sesuai selera.

KETIGA, posting gambar tersebut di beranda group tadi, jangan lupa tuliskan beberapa kata yang menarik perhatian pembaca.

Ingat, jangan tuliskan link affiliate anda dalam postingan. Cukup arahkan para pembaca agar berkomentar, dan lanjutkan kirim link affiliate nya melalui inbox atau messenger kepada orang orang yang berminat.

Berikut contoh postingan saya di salah satu Group Facebook saat mempromosikan produk afiliasi. Tampak gak ada link di postingan itu, namun berisi kata kata yang menarik.

gambar contoh postingan promosi afiliasi di facebook

Ketika ada yang tertarik dan menuliskan komentar, maka akan saya arahkan untuk mengecek inbox atau messenger, dimana sebelumnya sudah saya kirimi info detailnya berupa link afiliasi.

gambar contoh balas komentar fb
gambar contoh balas komentar fb dan arahkan ke messenger
gambar contoh kirim link afiliasi lewat messenger atau inbox
gambar contoh kirim link afiliasi lewat messenger atau inbox

Nah, itu tadi ulasan mengenai bagaimana tahapan melakukan promosi bisnis afiliasi lewat Facebook. Jangan kaget jika tiba tiba nanti akan ada email masuk yang menginformasikan bahwa penjualan produk melalui link afiliasi anda berhasil.

Jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, cara seperti ini bisa saja mendatangkan banyak komisi untuk anda dari program afiliasi yang anda ikuti.

Ya meskipun perlu waktu dan gak secepat jika menggunakan FB Ads di mana target audience nya bisa lebih terukur, sasarannya jelas,  dan jangkauannya yang lebih luas.

Merasa artikel seperti ini bermanfaat untuk kamu? Jangan lupa follow Fanspage kami di Facebook karena semua artikel terbaru akan kami share di sana juga.

Punya pengalaman promosi bisnis afiliasi lewat facebook juga? Silahkan anda share melalui kolom komentar di bawah ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here