Cara merubah http ke https di wordpress dengan SSL Gratis Lets Encrypt

0
15

cara merubah http ke https di wordpress dengan ssl gratis lets encrypt

Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara merubah http ke https di wordpress menggunakan layanan ssl gratis let’s encrypt.

Mengapa kita perlu migrasi ke https? Karena dengan menggunakan ssl pada halaman situs, maka transaksi data di situs tersebut bisa lebih aman.

Apalagi jika situs anda dalam operasionalnya meminta data-data penting pelanggan seperti data rekening bank, nomor kartu kredit, dan data pribadi lainnya yg umum diminta pada situs jual beli atau toko online, maka penggunaan ssl menjadi hal yg wajib.

Terlebih Google sendiri menyarankan agar semua situs beralih ke https agar tidak muncul notifikasi ‘Tidak Aman’ pada browser chrome, yg mungkin saja bisa mempengaruhi minat para pengunjung.

Lalu seperti apa proses merubah atau redirect dari http ke https pada situs wordpress anda? Simak ulasan berikut ini.

Tahapan merubah http ke https di wordpress

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan saat melakukan proses migrasi http ke https, mulai dari pasang SSL, penggunaan plugin, setting webmaster, hingga repoint google analytic. Berikut detailnya.

Install SSL

Langkah pertama adalah kita install dulu ssl certificate. Dan pada tutorial kali ini saya menggunakan layanan ssl gratis dari Let’s Encrypt yg sudah disiapkan untuk para pelanggan Niagahoster.

Ya, jika anda menggunakan layanan hosting dari Niagahoster, maka anda bebas menggunakan ssl gratis selamanya dari Let’s Encrypt.

Silahkan login ke Cpanel, dan masuk ke bagian Security, dan pilih menu Let’s Encrypt seperti nampak pada gambar berikut:

install ssl gratis lets encrypt

Setelah itu, maka akan ditampilkan domain yg bisa anda pilih untuk diinstall ssl, anda tinggal klik pada tombol +issue di sebelah kanan.

Akan dimunculkan opsi atau pilihan bagian mana saja yg ingin anda pasang ssl. Biarkan saja seperti default dan anda tekan tombol issue di bagian bawah. Tunggu sampai prosesnya selesai.

opsi pindah https

Install plugin Really Simple SSL

Langkah selanjutnya, silahkan login ke halaman wp admin situs wordpress anda, kemudian masuk ke menu Plugin – Add new.

Cari nama plugin Really Simple SSL, kemudian install dan aktifkan. Ikuti prosesnya sampai selesai, dan plugin inilah yg nanti berfungsi untuk redirect url situs anda dari http ke https.

Note: setelah berhasil diaktifkan, biasanya anda diminta untuk login kembali karena situs anda sekarang sudah berubah dari http ke https. Silahkan login kembali ke wp admin anda untuk pengaturan selanjutnya.

Setting Webmaster

Tugas selanjutya adalah kita submit kembali situs kita ke Google webmaster dan Bing webmaster, dengan menambahkan properti.

Pada halaman dashboard google webmaster tool, klik pada menu Add Property dan masukkan alamat situs kita dilengkapi dengan penulisan https di depannya.

setting webmaster

Kemudian lakukan verifikasi kepemilikan domain dengan memilih beberapa opsi yg disediakan. Pada video di bawah, saya memilih menggunakan Google Analytic untuk proses verifikasi.

Setelah berhasil, kita masuk ke menu Crawl – Sitemap, dan kita submit sitemap baru (lihat video di bawah untuk detail).

Note: setelah tersubmit, mungkin butuh beberapa hari ke depan agar semua halaman website kita terindex oleh Google).

Lakukan tahapan yg sama di Bing webmaster, mulai dari menambahkan situs, submit sitemap, hingga verifikasi kepemilikan domain (lihat video di bawah untuk detail).

Setting Google Analytic

Tahap terakhir, kita perlu melakukan pengaturan Google Analytic dengan merubah default url situs dari http ke https.

Silahkan masuk ke menu admin, kemudian pilih property yg ingin diatur.

Note: di sini akan dimunculkan semua situs yg telah anda pasang tracking Google Analytic sebelumnya. Pilih saja mana yg akan akan rubah dari http ke https dengan masuk ke Properry setting (detail bisa anda lihat pada video di bawah).

Agar lebih mudah dipahami semua proses dari install ssl, pasang plugin, submit webmaster, hingga repoint google analytic, silahkan anda simak video berikut ini.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara merubah atau redirect dari http ke https di wordpress menggunakan layanan ssl gratis dari Let’s Encrypt.

Segera gunakan ssl dan pindah situs anda dari http ke https agar pengunjung anda bisa lebih nyaman dan aman menjelajahi konten di dalamnya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa dishare dan tinggalkan komentar anda ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here