Cara simple meningkatkan omset penjualan online anda

0
42

cara meningkatkan omset penjualan online

Cara meningkatkan omset penjualan online – Halo sobat bisnis, pernah gak ngalami sudah promosi sana sini namun omset penjualan online kita masih stag di situ situ aja?

Jika ya, maka ulasan ini akan sangat bermanfaat untuk anda. Jadi simak terus sampai selesai karena ada beberapa tips yang bisa anda praktekkan agar omset penjualan online anda bisa meningkat.

Bicara soal jualan online, kedengarannya sih mudah mudah aja. Cukup share foto foto produk di media sosial seperti Facebook dan Instagram, kalo ada yg liat dan tertarik, nanti juga laku.

Mungkin seperti itu pandangan orang pada umumnya. Laku sih mungkin iya, terjual sih juga iya, namun jika anda menginginkan omset penjualan yang lebih besar, ada strategi yg perlu dipelajari dan diterapkan.

Tips meningkatkan omset penjualan online

Berikut beberapa tips atau cara agar omset penjualan online kita bisa meningkat. Tentunya cara-cara ini perlu yang namanya proses, gak bisa instan, gak seperti pakai FB ads atau Google Ads gitu ya, begitu dilakukan langsung membludak.

Inovasi Produk

Dalam persaingan bisnis, kita gak harus menjadi yg terbaik di antara para competitor, tapi kita cukup menjadi ‘beda’ dari mereka.

Ya, menjadi yg terbaik tentu tidak mudah, masak iya anda mau jor joran modal, banyak banyakan rekrut karyawan, jor joran biaya advertising atau iklan. Bisa bisa bangkrut duluan kita ngelawan pemodal besar.

Itulah pentingnya inovasi. Kita cukup menjadi ‘beda’ dengan competitor. Kita cukup menambahkan ‘value’ dari produk kita agar terlihat lebih stand out dari competitor.

Sebagai contoh silahkan anda lihat produk di bawah ini.

omset jualan online naik

Itu adalah produk paket es krim. Banyak sekali yg jualan produk ini, baik di marketplace seperti shopee, Bukalapak, maupun di medsos seperti facebook.

Yang saya lakukan adalah memberikan value lebih dari produk tersebut, yakni menambahkan Banner dalam paket penjualan. Dan ini belum saya temukan di penjual lain.

Kenapa saya tambahkan banner, Karena konsep penjualan paket es krim adalah untuk mereka yang ingin membuka usaha jualan es krim, maka dengan adanya Banner bisa membantu mereka dalam jualan. Keberadaan Usaha mereka bisa lebih terlihat, dan tentunya mampu menarik konsumen yg lewat. Dan inilah yg menarik minat para pembeli paket ini.

Jadi, dengan inovasi sederhana yakni menambahkan banner, omset penjualan saya terhadap penjualan paket es krim bisa lebih meningkat, dan orderan terus saja datang.

omset jualan online naik

Buat Toko Online

Kenapa sih kita perlu punya toko online sendiri? Bukankah cukup manfaatin media sosial sama marketplace aja kita bisa jualan?

Agar lebih mudah dipahami, mari kita simak contoh berikut ini.

Saya sendiri masih aktif manfaatin media sosial seperti facebook atau Instagram untuk promosiin produk jualan saya. Namun ketika saya sibuk dengan urusan lain, kadang saya gak sempet buat posting atau update status di akun media sosial tadi.

Seperti beberapa minggu yg lalu, karena lagi musim panen padi, jadi selama seminggu lebih saya fokus bantuin bapak di sawah. Gak sempet yg namanya promosi di medsos.

Untungnya, saya memiliki toko online sendiri. Jadi, meskipun gak ada promosi seminggu lebih di medsos, namun tetap saja ada pembeli.

Ketika seseorang mencari sesuatu yang dibutuhkan, sudah bukan rahasia lagi kalo mereka akan membuka Google, right?

Pada contoh kasus saya, ketika seseorang mengetikkan produk yang mereka cari di Google, ternyata halaman toko online saya muncul di sana. Dengan demikian, ketika diklik, mereka akan diarahkan ke halaman promosi toko online saya.

tips naikin omset jualan online

Dan dari sanalah penjualan produk tetap terjadi, meskipun promosi di medsos benar benar terhenti karena kesibukan tadi.

omset jualan online naik

Enak kan punya toko online sendiri? Jika anda ingin membangun toko online sendiri, anda bisa menggunakan Theme Toko Online rekomendasi saya. Pengaturannya sangat mudah, tersedia video tutorial dan panduan yg lengkap dari awal sampai akhir untuk para pemula yg gaptek sekalipun.

Strategi Harga

Tips cara meningkatkan omset penjualan online lainnya yang bisa anda terapkan adalah dengan memainkan strategi harga.

Menjadi laris bukan semata-mata harus jual di bawah harga pasar atau di bawah harga pesaing pesaing kita. Jika seperti itu, bisa boncos kita atau profit kita jadi ‘tipis’.

Ada beberapa strategi penentuan harga dalam persaingan bisnis yg bisa anda terapkan, dan tentunya disesuaikan dengan kondisi market.

4 diantaranya adalah strategi Keystone Markup, Harga Kompetitif, Harga Diskon, dan Harga Exclusive. Anda bisa pelajari keempatnya dengan lebih detail melalui ulasan berikut ini:

Strategi penentuan harga dalam bisnis Pakaian

Resume Cara meningkatkan Omset penjualan online

Setelah membaca ulasan di atas, berikut rangkuman dari apa yg sudah kita bahas tentang tips atau cara meningkatkan omset penjualan online yang bisa anda pertimbangkan untuk dilakukan.

  1. Inovasi produk. Berikan sesuatu yang beda yang menjadi nilai lebih dari para pesaing pesaing anda.
  2. Toko Online. Halaman website yang akan bekerja 24 jam sehari sebagai media promosi produk anda secara auto pilot.
  3. Strategi Harga. Terapkan strategi penentuan harga untuk membuat pelanggan anda lebih tertarik untuk membeli produk anda.

Semoga artikel di atas bisa memberikan manfaat. Jangan lupa dishare ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here