Cara mendapatkan Bitcoin dan memulai investasi Bitcoin di Indonesia

2
1113

cara mendapatkan bitcoin dan memulai investasi bitcoin di Indonesia

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin? Pertanyaan ini sering muncul dari mereka yang ingin memulai investasi Bitcoin di Indonesia. Ya, akhir-akhir ini memang Bitcoin sempat menjadi pembicaraan public, bukan hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia.

Hal ini tentunya berkaitan dengan maraknya pemberitaan tentang orang-orang yang mendadak kaya dari bitcoin. Ya, tahun 2017 hingga awal 2018 kemarin memang menjadi ‘Hari’ nya para investor Bitcoin karena 1 BTC sempat dihargai lebih dari 200 juta rupiah.

Tak pelak, orang-orang ini mendadak kaya setelah menjual koleksi bitcoinnya dengan harga yang fantastis tersebut. Salah satunya adalah orang Indonesia sendiri yang bernama Supendi.

Anda bisa menyimak kisahnya melalui ulasan artikel berikut:
Luar biasa, ratusan orang mendadak kaya dari Bitcoin

Cara mendapatkan Bitcoin

Untuk mendapatkan bitcoin, ada 2 cara yang umum digunakan, yakni dengan menambang bitcoin dan membeli bitcoin.

MENAMBANG BITCOIN

Proses menambang bitcoin dilakukan dengan menggunakan komputer. Kecepatan processor sebuah komputer akan menentukan seberapa cepat ia akan menghasilkan Bitcoin.

Salah satu platform penambang bitcoin yang bisa anda coba adalah UpHash. Anda bisa menginstall software yang disediakan di computer anda, lalu software tersebut akan mengkalkulasi seberapa besar potensi yang bisa dihasilkan oleh komputer anda.

Semakin ‘Garang’ kecepatan processor sebuah komputer, semakin besar pula potensi penghasilan yang bisa didapatkan.

Kabar baiknya, anda bisa mendapatkan software ini secara gratis dengan melakukan registrasi di situs tersebut. Ulasan tentang platform penambang UpHash ini bisa anda simak dalam artikel berikut:
Sekilas tentang platform penambang UpHash.

Jika ingin menghasilkan lebih banyak dari proses menambang Bitcoin, anda juga bisa menyewa perangkat penambang yang berkualitas.

Ada banyak situs yang menawarkan sewa perangkat penambang Bitcoin, salah satu yang lagi ramai dan banyak digunakan di Indonesia adalah Octoin.

Kabar baiknya, Sejauh ini dari banyak review di blog maupun Youtube, situs ini masih terbukti membayar.

MEMBELI BITCOIN

Opsi kedua sebagai cara untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan membelinya. Satu-satunya situs di Indonesia yang telah dipercaya oleh Jutaan pengguna adalah INDODAX.COM.

Situs ini adalah tempat terpercaya untuk melakukan transaksi jual beli bitcoin di Indonesia. Bagi anda yang pernah mendengar nama VIP Bitcoin atau Bitcoin.co.id, ya inilah situsnya. Situs ini sekarang bernama INDODAX.COM.

Di sini anda bisa membeli Bitcoin(BTC) maupun Crypto Currency lainnya seperti Ethereum(ETH), Litecoin(LTC), Ripple(XRP), Cardano(ADA), dan masih banyak lainnya, langsung dari rekening bank lokal.

Anda transfer, dalam beberapa detik dana akan masuk ke akun anda dan sudah bisa anda investasikan untuk membeli Bitcoin maupun yang lainnya.

Memulai investasi Bitcoin di Indonesia

Ada beberapa tahapan agar anda bisa memulai investasi Bitcoin di Indonesia, mulai dari Membuat wallet bitcoin, deposit dana, membeli aset, maupun melakukan trading atau jual beli.

MEMBUAT WALLET BITCOIN

Wallet Bitcoin dalam Bahasa perbankan saat ini ibaratnya sama dengan rekening tabungan. Ya, wallet Bitcoin ini nantinya bisa anda gunakan untuk menyimpan Bitcoin maupun menerima Bitcoin dari orang lain.

Kabar baiknya, wallet bitcoin ini berlaku untuk transaksi internasional. Artinya, anda bisa mengirim maupun menerima Bitcoin dari negara manapun di dunia, karena sistem dari Crypto Currency ini tidak tersentralisasi.

Untuk membuat wallet bitcoin, anda bisa membuka akun di situs INDODAX.COM secara Gratis.

membuat wallet bitcoin

Anda masukkan alamat email dan nomor HP, kemudian klik tombol registrasi. Cek email anda untuk konfirmasi, dan anda sudah bisa login ke akun anda.

Jangan lupa melakukan pengaturan seperti password dan data diri. Pastikan nama yang anda masukkan sama persis seperti nama yang ada di KTP dan Rekening Tabungan bank anda saat ini. Hal ini penting agar proses deposit maupun penarikan dana anda ke depannya dapat berjalan dengan lancar.

DEPOSIT DANA

Langkah selanjutnya, anda bisa melakukan deposit dana ke akun anda. Gunakan metode transfer dari bank lokal untuk melakukan deposit, bisa lewat transfer ATM maupun menggunakan layanan Mobile banking.

deposit dana di indodax

Note:
– Pastikan anda mentransfer dari rekening atas nama anda sendiri.
– Pastikan jumlah transfer sesuai nominal yang sudah anda isi.
– Pastikan status akun anda sudah ‘Terverifikasi’ sebelum melakukan deposit.

*Verifikasi akun bisa dilakukan dengan mengupload foto/scan KTP dan Foto diri  sesuai contoh yang bisa anda lihat di halaman dashboard anda (dari menu ‘Verifikasi Data’ yang ada di sebelah kiri).

MEMBELI ASET

Setelah akun anda terisi dana, kini anda bisa melanjutkan untuk membeli aset Crypto Currency untuk investasi.

Ada banyak pilihan mata uang Crypto yang bisa anda pilih, mulai dari Bitcoin(BTC), Ethereum(ETC), Litecoin(LTC), Ripple(XRP), Cardano(ADA), dan masih banyak lagi.

beli bitcoin di indodax

Saran saya, sebaiknya anda pilih aset yang sesuai dengan modal anda. Sebagai contoh jika dana anda sekitar 500 ribu rupiah, sebaiknya anda berinvestasi di Cardano(ADA) atau IGNIS.

Ya, dua Crypto Currency ini sedang dalam performa yang bagus dan harganya pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp2.400/ADA dan sekitar Rp1.200/IGNIS.

Dengan demikian, modal 500 ribu anda bisa dibelikan aset sebanyak 200 ADA atau 400 IGNIS. Memonitor aset anda jadi lebih mudah.

Contoh, jika suatu saat harga ADA menjadi Rp7.000/Coin, maka aset anda menjadi 200 ADA x Rp7.000, yakni sebesar Rp1.400.000.

Beda halnya jika anda belikan Bitcoin(BTC), maka anda hanya akan memperoleh sekitar 0,005xxx BTC karena harga BTC saat ini mencapai sekitar Rp95.000.000/BTC. Susah kan ngitungnya?

*Yah, sebenarnya sih di akun anda bisa dilihat berapa nilai aset anda dalam bentuk Rupiah secara uptodate, tapi sepertinya kurang greget aja kalo gak ngitung sendiri seperti contoh perhitungan aset Cardano(ADA) di atas, heheheee.

TRADING atau JUAL BELI CRYPTO

Jika tujuan anda dari awal adalah untuk investasi saja, maka anda cukup membeli aset, kemudian anda simpan sampai nanti harganya melambung tinggi dan dijual kembali. Tentunya butuh waktu yang cukup lama, hingga berbulan-bulan.

Namun lain halnya jika anda menginginkan hasil yang cepat. Anda bisa melakukan Trading atau Jual beli crypto di situs ini. Perlu kita ketahui, harga Crypto Currency ini terus berfluktuasi dan anda bisa memantaunya secara live di akun anda.

Sebagai contoh jika saat ini harga Cardano sebesar Rp2.400/ADA, maka bisa jadi beberapa menit atau jam ke depan harganya menjadi Rp2.600/ADA atau bahkan Rp2.800/ADA.

Jika anda punya aset sebesar 1000 ADA misalnya, maka dengan menjualnya dengan selisih harga 200 perak saja, keuntungan anda bisa mencapai 200 ribu rupiah. Ini hanya dalam beberapa menit atau jam saja lho.

Bagaimana jika harganya turun?

Maka ini kesempatan anda untuk membeli aset tersebut, dengan harapan harganya akan segera naik kembali ke depannya dan bisa anda jual lagi.

Inilah enaknya jual beli Crypto Currency di situs ini. Anda bebas untuk membeli dan menjual aset sesuai harga yang anda inginkan. Belum cocok? Ya jangan beli atau jual dulu. Simple sekali.

Berikut contohnya, kemaren saya beli Cardano seharga Rp2.140/ADA, dan jika saya mau, saya bisa menjualnya seharga Rp2.530/ADA karena saat ini harga ADA sekitar Rp2.530/ADA.

jual bitcoin di indodax

Kesimpulan

Demikian ulasan kali ini tentang cara mendapatkan bitcoin dan bagaimana memulai investasi Bitcoin di Indonesia. Untuk mendapatkannya, anda bisa menambang bitcoin atau membelinya langsung dari situs terpercaya.

Selanjutnya anda bisa memutuskan untuk berinvestasi jangka panjang dengan menyimpan Aset, atau melakukan Trading dengan mengambl keuntungan dari selisih harga Aset dalam waktu singkat.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here