Cara Memulai Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi

Saat ini banyak sekali seorang solo entrepreneur, content creator dan bloger yang melakukan bisnis afiliasi. Sebab bisnis ini dapat menghasilkan keuntungan besar dan terdengar sangat menarik. Sebagai salah satu cara tercepat dan paling murah untuk menghasilkan uang dari rumah dengan mengandalkan jaringan internet, tentunya Anda harus memulainya dengan rencana yang matang.

Bisnis afiliasi memberi Anda fleksibilitas untuk memilih produk yang ingin Anda promosikan, dan memilih cara spesifik yang Anda inginkan untuk mempromosikannya. Dengan bisnis afiliasi, Anda cukup menghasilkan penjualan untuk perusahaan lain dan Anda memperoleh penghasilan dalam komisi penjualan.

Pada artikel ini, kami akan memberikan penjelasan terperinci tentang dasar-dasar bisnis afiliasi.

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Ada beberapa keuntungan menjalankan bisnis afiliasi, antara lain sebagai berikut:

  1. Menciptakan pendapatan pasif dengan mempromosikan produk orang lain dan menerima komisi dari penjualan mereka
  2. Tidak ada investasi di muka, hanya bayar saat Anda melakukan penjualan
  3. Tidak diperlukan pengalaman
  4. Potensi penghasilan tak terbatas
  5. Anda dapat memiliki bisnis sendiri tanpa memiliki karyawan atau inventaris

Kekurangan Bisnis Afiliasi

Sebaik-baiknya bisnis ini, tentu saja memiliki beberapa kekurangan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Ada batasan iklan
  2. Anda harus memiliki kemampuan internet marketing (pemasaran melalui internet).
  3. Membangun referal membutuhkan waktu.
  4. Ada persyaratan pembayaran.

Cara Memulai Bisnis Afiliasi Bagi Pemula

Dari penjelasan di atas tentu Anda sudah mengetahui apa itu bisnis afiliasi atau afiliasi marketing serta kelebihan dan kekurangannya. Jika dibandingkan dengan bisnis online lainnya, memang bisnis afiliasi relatif murah karena kalian tidak perlu melakukan banyak hal. Untuk memulainya, Anda harus memperhatikan beberapa poin:

  • Rencanakan dan siapkan model bisnis afiliasi yang akan Anda gunakan. Beberapa model bisnis yang sukses bekerja dengan baik dengan bisnis afiliasi. Beberapa contoh termasuk: Iklan langsung melalui mesin pencari Pay Per Click seperti Google, penerbitan informasi melalui situs web Anda sendiri, dan ulasan atau rujukan melalui jejaring sosial atau klub online.
  • Buat daftar tiga sampai lima jenis produk yang ingin Anda pasarkan. Tergantung pada model bisnis yang Anda pilih, Anda dapat memutuskan untuk memasarkan produk yang Anda sukai atau Anda dapat memutuskan untuk hanya memasarkan produk yang memiliki potensi keuntungan paling besar untuk bisnis afiliasi Anda. Batasi diri Anda hanya pada beberapa produk di awal agar Anda tidak kewalahan.
  • Tuliskan tipe orang yang menyukai produk yang Anda pilih untuk dipasarkan. Ini adalah target pasar Anda. Wanita akan lebih tertarik pada mode atau perhiasan daripada remaja laki-laki misalnya, tetapi wanita muda yang baru menikah mungkin lebih tertarik pada produk yang berorientasi pada bayi atau keluarga. Tuliskan sebanyak mungkin detail untuk target pasar Anda karena kemampuan untuk berbicara dengan mereka di level mereka melalui upaya penerbitan dan periklanan Anda sangat penting untuk bisnis afiliasi yang sukses.
  • Daftar dengan jaringan afiliasi dan pedagang yang menawarkan program afiliasi yang menjual produk yang ingin Anda promosikan. Sebelum menyiapkan akun afiliasi baru, pastikan untuk membaca persyaratan penggunaan dan kebijakan untuk afiliasi. Pedagang bereputasi dan jaringan afiliasi tidak membebankan biaya kepada Anda untuk mendaftar, tetapi mereka mungkin memiliki batasan pada jenis iklan yang boleh Anda lakukan untuk produk mereka. Jika Anda berencana untuk menggunakan model bisnis periklanan langsung dengan iklan PPC misalnya, Anda tidak akan ingin mendaftar sebagai afiliasi dengan pengiklan yang tidak mengizinkan afiliasi untuk menggunakan pemasaran PPC.
  • Siapkan akun online lain yang diperlukan untuk model bisnis pilihan Anda. Jika Anda berencana untuk menggunakan situs web dan penerbitan online untuk bisnis afiliasi Anda, Anda perlu mendaftarkan nama domain dan menyiapkan akun hosting situs web misalnya, dan pemasar PPC perlu mendaftar untuk akun iklan di mesin pencari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.