Cara membeli barang di Shopee untuk pemula (bayar di Indomart)

0
42

cara membeli barang di shopee untuk pemula

Halo Sobat bisnis, kali ini saya akan share bagaimana cara membeli barang di shopee khususnya bagi anda para pemula yang baru mencoba belanja online.

Ya, Shopee merupakan salah satu ecommerce favorit di Indonesia selain Bukalapak, Tokopedia, dan Lazada yang terlebih dahulu dikenal masyarakat.

Meskipun tergolong baru, faktanya banyak lho masyarakat Indonesia yang melakukan belanja online atau membeli barang di Shopee. Hal ini karena pihak Shopee sendiri yang sering memberikan promo menarik bagi pelanggannya, seperti potongan harga special maupun gratis ongkos kirim.

Lalu bagaimana cara belanja di shopee? Apakah kita harus memiliki rekening tabungan untuk bisa belanja di sini? Harus transfer-transfer gitu?

Tenang, kali ini saya akan menjelaskan proses belanja di shopee untuk anda yang tidak memiliki rekening tabungan. Yups, bayarnya cukup ke Indomart dekat rumah anda.

Cara membeli barang di Shopee bayar di Indomart

Sebelum melakukan belanja barang di Shopee, pastikan anda sudah menginstall aplikasi Shopee di HP anda. Caranya sangat mudah. Silahkan anda masuk di Google Pay Store, ketikkan kata ‘Shopee’, maka alikasi Shopee akan dimunculkan.

Silahkan tekan tombol ‘INSTALL’ atau ‘PASANG’ agar aplikasi tersebut terinstall di HPmu.

install aplikasi shopee

Setelah berhasil terinstall, buka aplikasi tersebut, maka anda akan dihadapkan pada tampilan selamat datang. Usap layar anda ke kanan terus, sampai muncul tombol ‘MULAI’, lalu tekan tombol tersebut (lihat gambar di bawah).

cara belanja di shopee

Selanjutnya, dari halaman utama, silahkan tekan icon atau gambar orang di bagian pojok bawah kanan dengan tulisan ‘Saya’, kemudian tekan tombol ‘Daftar’ (lihat gambar di bawah).

*Jika sebelumnya anda sudah mendaftar, silahkan tekan tombol Login.

daftar shopee

Anda bisa mendaftar menggunakan nomor HP maupun melalui Email ataupun Facebook. Namun saran saya silahkan daftar melalui nomor HP saja. Masukkan nomor HP anda kemudian tekan tombol ‘LANJUT’ seperti gambar berikut.

daftar hp shopee

Kemudian anda akan dikirimi SMS yg berisi kode verifikasi. Ccek sms yang masuk, kemudian masukkan kode verifikasinya pada kolom yang disediakan. Lalu tekan tombol ‘Lanjut’ (lihat gambar di bawah).

kode verifikasi shopee

Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi akun anda beserta password yang nantinya bisa anda gunakan sewaktu waktu untuk Login atau masuk ke aplikasi Shopee.

Keterangan:
Username           : isi aja nama depan anda atau apa saja yg mudah anda ingat.
Password            : isi apa aja yg mudah anda ingat.
Konf Password : tulis ulang password anda sebelumnya.

*Password harus berisi 8-16 karakter, dan ada minimal 1 huruf besar dan kecil.
misal: 123456Ab atau aaaaaaaBC atau passShopee
*Jangan sampai lupa username dan passwordnya ya. Simpan dan ingat baik-baik.

buat akun shopee

Setelah terisi semua, silahkan tekan tombol ‘Lanjut’, dan anda akan diarahkan ke halaman utama. Silahkan memilih barang yang ingin anda beli.

Anda bisa masuk ke kategori barang yang disediakan seperti Men Sale/Elektronik Center/Produk Digital dan lain lain (1). Atau bisa langsung cari barang yang anda cari dengan mengetikkan nama barang di bagian pojok kiri atas layar (2).

belanja barang shopee

Sebagai contoh saya akan mengetikkan nama barang yang saya cari di bagian pojok kiri atas layar. Saya coba ketikkan : charger xiaomi.

Maka akan ditampilkan produk produk charger xiaomi yang dijual oleh berbagai pelapak atau penjual dengan berbagai harga dan lokasinya. Saya akan pilih salah satu, tinggal klik saja gambarnya.

Note: biasanya saya pilih yg harganya murah dan dikirimnya dari kota terdekat dengan tempat tinggal saya agar ongkos kirimnya terjangkau.

cari barang di shopee

Selanjutnya kita bisa ngobrol atau tanya tanya dengan penjualnya mlelaui tombol chat di bagian pojok bawah kiri. Atau kalo sudah cocok, kita bisa langsung tekan tombol ‘Beli Sekarang’ di bagian pojok bawah kanan.

chat shopee

Setelah klik tombol Beli Sekarang, maka akan ditampilkan ringkasan pembelian kita. Jika anda punya voucher, silahkan anda masukkan di kolom yang disediakan. Jika tidak, silahkan lanjut tekan tombol ‘Checkout’ di bagian pojok bawah kanan (anda akan diminta memasukkan alamat pengiriman barang pesanan anda).

checkout shopee

Masukkan alamat lengkap dan nomor telpon anda, termasuk RT/RW dan Kelurahan agar mempermudah kurir yang mengirim pesanan anda. Setelah itu tekan tombol KIRIM.

alamat belanja shopee

Maka akan ditampilkan detail pesanan anda beserta alamat pengirimannya. Pada bagian Opsi Pengiriman, anda bisa pilih mau pakai ekspedisi apa. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda (pada contoh di bawah, saya pilih J&T Express karena lebih murah, hehehee).

detail pesanan shopee

Selanjutnya, anda bisa geser ke bawah dan pilih Metode Pembayaran. Pada contoh kali ini, saya akan pilih Indomart sebagai metode pembayaran. Kemudian tekan tombol KONFIRMASI.

pembayaran shopee

Jika sudah, maka akan ditampilkan detail total pembayarannya. Jika sudah OK, silahkan tekan tombol BUAT PESANAN. Maka akan ditampilkan kode pembayaran untuk Indomart.

Note: sebaiknya anda print screen atau screenshot kode ini agar mudah untuk ditunjukkan ke Kasir Indomart. Kemudian tekan OK.

pembayaran final

Silahkan datang ke Indomart, bilang mau bayar pesanan barang di Shopee dan tunjukkan kode pembayaran yg sudah anda screenshot tadi. Lakukan pembayaran sesuai jumlah yang diminta petugas Indomart. Selesai.

Setelah melakukan pembayaran, maka status pesanan anda akan diproses oleh penjual dan anda tinggal menunggu barang sampai di rumah.

Anda bisa melihat status pembelian barang melalui menu ‘Saya’ di bagian pojok bawah kanan layar HP anda, mulai dari status barang yang belum dibayar, sudah dikemas, atau sudah dikirim.

status pesanan shopee

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara membeli barang di Shopee atau cara belanja di shopee untuk anda para pemula dan tidak memiliki rekening bank untuk transfer transfer.

Cukup mudah bukan? Anda bisa memesan melalui HP anda dan melakukan pembayaran melalui Indomart dekat rumah anda.

Selamat mencoba dan jangan lupa dishare ya, agar yg gaptek bisa juga ngerasain belanja online di Shopee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here