Cara daftar, cara kerja, komisi, dan keuntungan menjadi agen bukalapak

12
5246

cara daftar agen bukalapak, cara kerja, perhitungan komisi, keuntungan dan kerugiannya

Menjadi Agen Bukalapak merupakan salah satu alternative yang bisa anda pilih dalam memulai sebuah bisnis, khususnya bisnis online.

Siapa yang tidak kenal Bukalapak? Salah satu pioneer dalam industri E-Commerce di Indonesia ini belakangan memang gencar melakukan promosi, baik melalui Televisi maupun media sosial seperti Facebook, Instagram, dll.

Harapannya, masyarakat diajak untuk berperan aktif dalam sebuah komunitas yang mempertemukan antara penjual dan pembeli, dalam sebuah transaksi yang aman dan transparan.

Dan, kali ini saya akan membahas tentang sebuah peluang bisnis yang ditawarkan oleh Bukalapak, yakni menjadi seorang Agen Bukalapak.

Lalu bagaimana cara daftar menjadi Agen Bukalapak? Bagaimana cara kerja Agen Bukalapak? Bagaimana perhitungan Komisi Agen Bukalapak?  Apa saja Keuntungan menjadi Agen Bukalapak? Adakah potensi Kerugian menjadi Agen Bukalapak?

Ulasan lengkapnya bisa anda pelajari di sini.

Cara daftar menjadi Agen Bukalapak

Untuk menjadi seorang Agen Bukalapak, pertama kali anda harus memiliki akun Bukalapak. Sementara bagi anda yang sudah memiliki akun Bukalapak, anda bisa langsung mendaftar menjadi Agen Bukalapak melalui Link berikut : DAFTAR MENJADI AGEN BUKALAPAK.

Silahkan login ke akun Bukalapak anda dengan memasukkan Email/Username yang sebelumnya sudah anda daftarkan ke Bukalapak, beserta password.

cara daftar agen bukalapak

Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran Agen Bukalapak seperti yang ditampilkan pada gambar berikut:

cara daftar agen bukalapak terbaru

Lengkapi nomor HP anda (jika sebelumnya belum anda isi), atau terkadang juga minta data/nomor KTP untuk proses verifikasinya.

Lanjutkan dengan klik pada tombol DAFTAR SEKARANG.
Selamat, kini anda sudah terdaftar sebagai Agen Bukalapak.

Cara Kerja Agen Bukalapak

Cara Kerja sebagai Agen Bukalapak relative simple, yakni anda membantu orang sekitar untuk melakukan pembelian produk Bukalapak, dan sebagai hasilnya anda akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang terjadi.

Untuk itu perlu untuk mempromosikan keagenan anda, sebagai contoh anda bisa memasang banner khusus sebagai Agen Bukalapak, seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas.

Dengan demikian anda akan lebih mudah dikenali sebagai seorang Agen Bukalapak yang bisa membantu warga sekitar dalam melakukan pembelian berbagai barang yang ada di situs Bukalapak.com.

Keuntungan menjadi Agen Bukalapak

Berikut adalah beberapa keuntungan menjadi Agen Bukalapak yang menurut saya cukup menarik, khususnya bagi anda yang baru ingin memulai sebuah bisnis.

Fleksibel dan gratis
Ya, anda Gratis untuk mendaftar sebagai Agen Bukalapak dan menjalankan sebuah bisnis yang fleksible dan mudah dijalankan di mana saja.

Komisi Langsung
Anda akan mendapatkan komisi yang secara langsung akan masuk ke akun anda setelah produk yang dipesan sudah diterima oleh pelanggan.

Komisi Mingguan
Anda pun akan mendapatkan komisi yang dibayar secara mingguan, yakni komisi dari hasil penjualan E-voucher (Pulsa, Listrik, Game,dll) dan Tiket (Kereta Api, Pesawat).
Komisi dibayarkan setiap Jumat jika sudah mencapai batas minimum yang ditentukan.

Produk Beragam
Ada jutaan produk yang sangat beragam dan bisa anda promosikan, mulai dari elektronik, fashion, HP, Gadget, Perlengkapan dapur, dan masih banyak lagi.

Metode Pembayaran Beragam
Anda bisa melakukan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia. Semakin memudahkan anda tentunya.

Harga Bersahabat dan Bersaing
Anda bisa menemukan produk yang sama dengan berbagai range harga yang sangat bersaing. Dapatkan produk dengan harga terbaik.

Perhitungan Komisi Agen Bukalapak

Besaran Komisi Agen Bukalapak mengalami perubahan sejak Juni 2017 kemaren, khususnya untuk produk selain E-voucher dan Tiket.

Jika sebelumnya Agen hanya akan menerima komisi sebesar 3%, kini Agen Bukalapak bisa mendapatkan komisi sebesar 5%.

Ada pun komisi tersebut didapat dari biaya administrasi setiap kali transaksi, yang mana biaya administrasi ini akan dibebankan ke Pembeli/Pelanggan anda.

Note : Biaya administrasi ini hanya muncul saat anda login menggunakan ID Agen. Untuk ID non Agen, tidak ada biaya administrasi.

Sebagai contoh perhitungannya, misalkan anda sebagai Agen membeli Handphone seharga 3 juta rupiah, maka anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp150.000 (5%x Rp3.000.000).

Lumayan kan?

Kerugian menjadi Agen Bukalapak

Selain keuntungan yang di dapat, seorang Agen juga berpotensi untuk mengalami kerugian. Lho, koq bisa?

Jadi begini.

Seperti penjelasan di atas, bahwa saat kita login menggunakan ID Agen, maka dalam setiap transaksi akan muncul ‘Biaya Administrasi’.

Sehingga, jika kita sebagai Agen membeli produk untuk keperluan kita sendiri, maka kita akan dikenakan tambahan biaya administrasi juga.

Beda halnya saat kita belum menjadi Agen dulu. Kita tidak akan dikenakan biaya administrasi saat membeli produk dari Bukalapak.

Namun demikian, karena nanti kita mendapatkan komisi, maka uang administrasi sebenarnya akan kembali lagi ke akun kita dalam bentuk komisi, yang mana besarannya sama dengan biaya administrasi (berdasarkan pengalaman saya sama-sama sebesar 5%).

So, sebenarnya gak rugi donk?

Lalu mengapa banyak pemberitaan di blog lain katanya kita rugi?

Hal ini tak lain adalah pada masa sebelum periode Juni 2017, yakni besaran komisi hanya sebesar 3%.
Kita bayar biaya administrasi sekitar 5%, namun komisinya hanya sebesar 3%.

Kesimpulan tentang peluang bisnis sebagai Agen Bukalapak

Setelah mempelajari dan memahami bagaimana cara daftar Agen Bukalapak, cara kerja, keuntungan, perhitungan komisi, serta kerugiannya (ternyata sudah solved), kini anda bisa menyimpulkan sendiri.

Apakah bisnis ini menguntungkan? Ya.
Apakah benar rumor bahwa menjadi Agen Bukalapak akan RUGI? Tidak (sejak Juni 2017).

Apakah anda tertarik untuk menjadi Agen Bukalapak? Jika ya, silahkan anda daftar melalui link berikut : DAFTAR MENJADI AGEN BUKALAPAK

Sudah menjadi Agen dan ingin share pengalamannya? Silahkan isi komentar di bawah.

12 COMMENTS

  1. permisi mas.sy mau coba juga nich jadi agen.jika kita sudah daftar.lalu cara mainkannya di hp /pc (laptop) gimana ya ?.
    misalnya nich : tetangga mo beli setrika.trus mainkanya gimana ya.
    jujur masih bingung cara ngerjaiinnya.
    mungkin jika ada tutorial vidio atau gambarny bisa lebih ngerti kali ya.
    hihihihihi…maklumlah mas.mau blajar.
    ntr jika sy sudah paham,bisa turunkan ilmunya sama istri.
    salam terimakasih.
    mohon dibantu ya mas caranya.

    • Jika sudah terdaftar sebagai Agen BL, setiap kali anda order barang, maka dalam rinciannya akan ada tambahan biaya Administrasi sekitar 5%.
      Contoh:
      Tetangga anda ingin dibeliin barang seharga 100 ribu. Maka saat anda masukkan keranjang/klik tombol beli, maka akan dimunvulkan rinciannya, yakni:
      – harga produk=Rp100.000
      – biaya administrasi=Rp5.000
      – biaya kirim (misal)=Rp12.000

      Maka total yg harus dibayar oleh pemesan/tetangga anda=Rp117.000.

      Ketika barangnya sudah sampai, dan dikonfirmasi, maka biaya admin (Rp5.000) tadi akan dimasukkan ke saldo BL anda.

  2. sangat menarik sob informasinya, apalagi disaat pilihan untuk membuka sebuah usaha semakin sulit (di daerah saya).
    menjadi agen bisa menjadi opsi baru dengan modal yang sangat kecil (data internet).

  3. Permisi mas mau tanya, apakah agen bl ini punya grup wa trsndiri untuk bisa mendptkn wawasan dan kiat2 menjadi agen bl yang sukses??

  4. misi mas mbak ,kok Rodo mumet hehe, mau nanya’ misal kita udh daftar jd agen buka lapak terus tetangga / temen misal PK BEJO suruh nyariin barang hp, cara ordernya buka lapak pakai akun saya agen buka lapak /atau akunnya pk BEJO mks

    • Pke akun agen kita donk.
      Pak bejo tinggal pilih barang yg mau dipesen, kita yg proses.
      Note: saat check out nanti ada rincian biayanya: harga produk, biaya kirim, dan biaya administrasi.

      *misal pak bejo mau cari/beli HP ABC, kita sebagaiAgen ya harus pinter2 milihin barang di BL, kan banyak yg ngejual tuh dengan harga bervariatif.
      Pilih lapak yg memang sudah recommended, terpercaya, liat review pembelinya, dll.
      Pastikan gambar produk yg dijual nanti sesuai sama barangnya, karena banyak penjual yg asal comot gambar, tapi barang aslinya beda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here