About bisnis afiliasi

bisnis afiliasi

Selamat datang di blog bisnisaffiliasi.com.

Di halaman ini kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan bisnis afiliasi, bagaimana cara kerja afiliasi secara umum, dan apa keuntungan menjalankan bisnis afiliasi dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Ok, langsung aja kita akan bahas satu persatu ya. Silahkan anda simak baik baik agar paham dengan yg namanya bisnis afiliasi secara menyeluruh.

Apa yang dimaksud dengan bisnis afiliasi

Bisnis Afiliasi atau sering dikenal dengan Affiliate Marketing pada dasarnya adalah membantu menjual produk orang lain, dan sebagai imbalannya kita akan mendapatkan Komisi.

Beragam produk afiliasi bisa kita promosikan mulai dari produk digital, produk kesehatan, fashion, kursus, barang elektronik, hingga produk kecantikan seperti parfum dari FM Group Indonesia serta paket website (domain, hosting, email) dari Niagahoster.

Banyak kemudahan dalam menjalankan bisnis afiliasi karena selain bisa dijalankan secara Offline, bisnis ini bisa dijalankan secara Online.

Dengan online, produk atau layanan yang kita promosikan tidak terbatas pada produk lokal saja, namun dari seluruh manca negara di berbagai belahan dunia.

Seorang Affiliate Marketing yang sukses bisa menghasilkan income 20-40 juta per bulan. Bahkan mereka yang hebat bisa menghasilkan pendapatan hingga ratusan juta rupiah dalam sebulan hanya dengan menjalankan bisnis afiliasi.

Hal inilah yang membuat Penulis ikut terjun ke dalam bisnis afiliasi sejak tahun 2014 yang lalu dan terus mempelajari berbagai program afiliasi yang menawarkan keuntungan menarik bagi para affiliate nya, dan ini yang akan saya share di blog ini ke depannya.

Cara kerja bisnis afiliasi secara umum

Secara umum, untuk menjalankan bisnis afiliasi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftar dalam program afiliasi.

Banyak perusahaan atau situs yang menyediakan kerjasama afiliasi, dan salah satunya adalah program afiliasi dari Clickbank.

Setelah mendaftar, anda akan memiliki akses untuk masuk ke halaman member area, di mana anda akan disediakan yang namanya link referral atau link afiliasi beserta beragam alat promosi lainnya seperti banner.

Nah, tugas anda selanjutnya adalah membagikan link referral tersebut dan mempromosikannya ke orang orang yang sekiranya membutuhkan atau tertarik dengan produk itu.

Ketika ada orang yang membeli produk melalui link yang anda promosikan tadi, maka penjualannya akan terekam atas nama anda. Dan anda pun akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Besarannya bervariatif, mulai dari 20%, 50%, atau bahkan ada yang mencapai 75% dari harga produk.

Dan sebagai tips awal, anda bisa memulai dari mempromosikan produk afiliasi yang paling laku di pasaran agar cepat membuahkan hasil. Cek ulasannya di sini:

Produk Affiliate paling laris untuk dipromosikan

Apa keuntungan menjalankan bisnis afiliasi

Bisnis afiliasi merupakan bisnis yang cukup diminati oleh banyak orang, salah satunya karena untuk menjalankan bisnis ini, anda tidak perlu mengeluarkan modal alias gratis.

Ya, untuk bergabung dengan program afiliasi, anda tidak perlu mengeluarkan biaya karena memang sebagian besar perusahaan atau website menyediakan kerjasama affiliate secara gratis.

Kenapa perusahaan perusahaan atau situs situs tersebut mau ngasih gratis? ya itung itung anda membantu mempromosikan produk mereka.

Produk mereka bisa dikenal luas karena anda promosikan, sementara anda bisa mendapatkan komisi jika berhasil menjual produk mereka. Win Win solution jadinya kan.

Namun demikian, anda perlu paham juga tentang kelemahan dari bisnis afiliasi. Untuk lebih memahami tentang kelebihan dan kelemahan dari bisnis afiliasi, anda bisa simak ulasan berikut:

Keunggulan bisnis afiliasi yang wajib diketahui
Kelemahan bisnis afiliasi yang perlu anda ketahui

Sukses dengan bisnis afiliasi

Lalu apa kiat sukses dalam menjalankan bisnis afiliasi? Tak lain dan tak bukan adalah dengan membangun sebuah website dengan konten yang bagus dan bisa menarik banyak pengunjung atau visitor.

Walaupun bisnis afiliasi bisa dijalankan secara Offline, namun di era digital seperti saat ini, internet akan sangat membantu kita dalam mempromosikan program afiliasi yang kita jalankan.

Salah satunya adalah fenomena media sosial, dimana segala informasi akan sangat mudah dishare atau sampai ke penggunanya yang berjumlah hingga ratusan juta orang di seluruh dunia.

Apakah anda melihat peluang? Ya, media sosial bisa menjadi salah satu cara kita mempromosikan bisnis afiliasi yang sedang kita jalankan.

Banyak pelaku bisnis afiliasi memanfaatkan media sosial sebagai media sosialisasi secara gratis dan tak sedikit yang berhasil mengembangkan bisnisnya menggunakan metode ini.

Namun tak sedikit pula dari mereka yang tidak berhasil  karena mereka lupa satu hal bahwa tak semua pengguna media sosial tertarik atau memiliki minat terhadap produk atau layanan yang kita tawarkan.

Intinya, kita perlu mempromosikan produk atau layanan kepada orang atau kelompok yang tepat, yang memang punya minat terhadap bisnis atau produk yang kita tawarkan. Dalam bisnis online, hal ini biasa disebut dengan istilah Targeted Campaign.

Saya akan membeberkan bagaimana mempersiapkan dan menjalankan Targeted Campaign ini dalam tulisan-tulisan saya ke depannya.

Sebenernya banyak sekali informasi yang ingin saya share ke anda terkait bagaimana menjalankan bisnis afiliasi ini. Jika anda tertarik dengan bisnis ini dan ingin membangun sumber income tak terbatas, saya sarankan tetap mengikuti informasi yang akan saya tuangkan dalam blog ini.

Atau bagi anda yang sudah menjalankan bisnis afiliasi, dan ingin berbagi cerita dan pengalaman dengan saya, jangan sungkan untuk menghubungi saya melalui contact yang sudah saya sediakan.

Akhir kata, saya ingin menyampaikan bahwa apapun profesi atau bisnis anda saat ini, perlu dipahami bahwa bisnis itu bukan hanya untuk dijalankan, tapi perlu untuk dikembangkan.

Salam Sukses dan Wassalam,

Fatkul Mubin
Affiliate Marketer & Blogger