7 Cara Menjaga Keamanan Kartu Debit

cara menjaga keamanan kartu debit

Keamanan kartu debit adalah dasar dari manajemen keuangan, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana menjaga kartu mereka aman dari penipuan. Bahkan jika Anda telah menggunakan kartu debit selama beberapa dekade, teknologi berkembang dengan cepat dan kemungkinan ada langkah-langkah keamanan baru yang belum Anda sadari.

Untuk memastikan Anda mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk keamanan finansial Anda, perhatikan tujuh langkah berikut untuk memastikan kartu debit Anda dikelola dengan baik:

Pastikan Bank Memiliki Informasi Kontak Anda

Jika Anda baru saja mengubah informasi kontak Anda dan tidak memperbarui bank Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Pastikan bank Anda memiliki nomor telepon dan alamat email yang benar. Contohnya pada Bank Central Asia, kami memantau kartu Anda 24/7. Anda akan diberi tahu melalui teks, email, atau telepon jika kami melihat aktivitas yang mencurigakan. Cukup tanggapi untuk memberi tahu kami apakah transaksi tersebut diotorisasi atau tidak.

Awasi Terus Akun Anda

Menggunakan perbankan online dan aplikasi seluler bank Anda adalah cara termudah untuk mengawasi akun Anda. Pelanggan bank BCA, Mandiri, OCBC dapat mendaftar di situs web atau di aplikasi mobile banking di playstore.

Masuk ke aplikasi dengan pengenalan wajah atau sidik jari untuk akses cepat ke akun Anda. Dan jika Anda bukan pengguna smartphone berat, Anda selalu dapat mengakses akun Anda di situs web perbankan juga. Metode apa pun yang Anda gunakan, ada baiknya untuk memeriksa akun Anda setiap satu atau dua hari.

Gunakan e-Wallet Anda untuk Bertransaksi

Sebagian orang ragu untuk mencoba e-wallet karena teknologinya yang masih asing bagi mereka. Namun, ini adalah salah satu cara pembayaran yang paling aman. Saat Anda membayar dengan Apple Pay®, Samsung Pay, dan Google Pay™, nomor kartu debit Anda tidak dibagikan dengan pedagang. Sebaliknya, nomor unik dibuat untuk setiap transaksi.

Segera Tangguhkan Kartu Anda Jika Diperlukan

Sekarang lebih mudah dari sebelumnya untuk menutup kartu Anda segera jika Anda melihat aktivitas yang tidak biasa, jika bank Anda memiliki aplikasi seluler yang bagus dengan penyesuaian. Persiapkan diri Anda dengan pilihan Anda sekarang sehingga Anda tidak berebut jika terjadi penipuan yang sebenarnya. Pertama, jika Anda menerima pemberitahuan dari pemantauan penipuan, membalas bahwa ada masalah akan mencegah pembelian di masa mendatang pada kartu Anda. Dan jika Anda melihat masalahnya terlebih dahulu, Anda dapat menandai kartu Anda hilang atau dicuri langsung dalam pengalaman perbankan seluler dan online Bank of Missouri. Tentu saja, Anda juga dapat menghubungi kami.

Atur Peringatan dan Kontrol Kartu Debit

Kelola kartu debit Anda di perbankan online, pantau transaksi, tetapkan batas transaksi, atau hidupkan dan matikan kartu Anda sesuai kebutuhan. Ini juga menawarkan keamanan ekstra untuk mengontrol di mana kartu Anda dapat digunakan dengan menetapkan batas, jenis transaksi, dan kontrol lokasi. Yang terbaik dari semuanya, Anda dapat memilih untuk diberi tahu kapan pun kartu Anda digunakan.

Berhati-hatilah dengan Panggilan atau Email yang Mencurigakan

Jika Anda mendapat telepon bahwa bank Anda perlu mengeluarkan kartu debit baru dan mereka hanya membutuhkan nomor rekening Anda atau nomor kartu debit yang ada untuk menyelesaikan transaksi, jangan percaya. Perbankan tidak akan pernah meminta Anda untuk informasi itu melalui telepon. Jika ragu, tutup telepon dan hubungi customer service.

Simpan Nomor Kartu Anda di Tempat yang Aman

Salah satu hal terpenting ketika kartu telah disusupi adalah pemberitahuan cepat kepada perusahaan penerbit. Catat nomor rekening Anda, tanggal kedaluwarsa dan juga nomor telepon dan alamat perusahaan penerbit. Jika kartu Anda hilang atau dicuri, Anda dapat dengan cepat melaporkannya dan mengambil tindakan terhadap tuduhan penipuan.

Memerangi Penggunaan Kartu Debit yang Tidak Sah

Jika kartu Anda telah disusupi, hal terpenting yang harus dilakukan adalah segera menangguhkannya. Gunakan perbankan online di situs atau aplikasi mobile banking, atau hubungi bank untuk mengunci kartu dengan cepat. Jika Anda menerima teks peringatan di ponsel Anda tentang potensi biaya penipuan, Anda mungkin juga dapat membalas pesan tersebut.

Selanjutnya, dapatkan kartu debit baru. Banyak lokasi cabang bank dapat mengeluarkan kartu baru untuk Anda di sana di cabang. Hubungi untuk menemukan lokasi yang berpartisipasi.

Pastikan Anda membantah tuduhan penipuan dan meminta laporan kredit untuk memeriksa apakah tuduhan itu terkait dengan upaya pencurian identitas yang lebih besar. Jika demikian, Anda mungkin perlu mengubah kata sandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.