5 Strategi Marketing Jitu Untuk Online Shop

0
29

strategi marketing jitu

Jika Anda termasuk pebisnis pemula yang ingin mengembangkan bisnis online shop milik pribadi, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan secara matang agar keuntungan yang diperoleh bisa maksimal.

Berikut strategi marketing jitu yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan online shop secara bertahap.

Merencanakan strategi awal

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah merencanakan strategi awal untuk menjual produk. Anda bisa membuat daftar tentang hal-hal apa saja yang ingin diraih selama menjalankan online shop, seperti target keuntungan, target pangsa pasar yang ingin dituju, target media yang akan digunakan untuk pemasaran, dan beberapa hal lainnya.

Setelah mengumpulkan daftar lengkap dari semua yang disurvey, Anda bisa mempersiapkan strategi yang kemungkinan cocok untuk meminimalisir masalah yang mungkin timbul di masa-masa awal pembukaan online shop.

Memaksimalkan pencatatan database

Ketika Anda berada di tahap awal berjalannya online shop, pastikan Anda memaksimalkan prosedur pencatatan database pembeli yang di kemudian hari bisa digunakan untuk menunjang penyebaran media promosi produk maupun kegiatan lainnya.

Anda bisa membuat website yang mampu menampung database berupa nama, alamat, nomer telpon, dan alamat email pembeli. Dengan begitu, Anda bisa memperluas area pemasaran dan meningkatkan keuntungan penjualan produk secara bertahap.

Memaksimalkan pemakaian sosial media

Sekarang ini ada banyak sosial media yang bisa digunakan untuk memasarkan produk secara online. Namun demikian, perlu penanganan secara khusus agar konten yang terpasang bisa dilihat jelas oleh konsumen yang mengakses sosial media.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan terkait pemasaran melalui sosial media, diantaranya:

Memperbanyak follower

Hal pertama yang bisa dilakukan terkait sosial media adalah memperbanyak follower atau teman di sosial media. Anda bisa memulai strategi pemasaran terhadap orang-orang yang ada di media sosial dan meminta mereka untuk menyebarkan produk yang Anda jual.

Apabila ada konsumen yang merasa puas setelah menggunakan produk Anda, Anda juga bisa memintanya untuk langsung  merekomendasikan pada kenalan atau teman, sehingga keuntungan penjualan yang Anda miliki semakin meningkat.

  • Konsisten dalam pembaharuan produk

Ketika Anda menjual produk secara online, pastikan untuk selalu konsisten dalam perbaharuan produk, baik jenis, ukuran, tipe, warna, maupun standar lainnya. Dengan konsistensi yang Anda bangun, konsumen bisa mendapatkan produk yang diinginkan dan apabila cocok dengan produk yang Anda jual, tentunya keuntungan semakin meningkat.

  • Memaksimalkan penggunaan fitur

Ketika Anda menggunakan sosial media, Anda bisa memaksimalkan penggunaan fitur yang sesuai dengan kebutuhan, seperti fitur chat, fitur iklan, dan lainnya.

  • Menggunakan media iklan sosial media

Anda perlu tahu bahwa setiap media sosial memiliki media iklan yang bisa digunakan untuk mendukung pemasaran produk, seperti facebook ads atau igtv. Untuk meningkatkan penjualan, pastikan Anda menggunakan media iklan tersebut secara maksimal.

Perbanyak varian produk

Jika Anda ingin mendapatkan banyak konsumen, bangunlah online shop dengan barang lebih dari satu macam atau beragam varian. Misalnya saja saat Anda menjual produk susu, ada yang memiliki rasa coklat, vanilla, durian, atau lainnya.

Semakin banyak varian produk yang dijual, makin banyak produk yang dapat dipilih oleh konsumen untuk meningkatkan keuntungan Anda.

Mengikuti market place yang tinggi konsumen

Ketika Anda memiliki online shop dan ingin membangun brand produk dari online shop yang dimiliki, opsi lain dari strategi marketing jitu yang bisa dilakukan adalah mengikuti market place berupa e-commerce yang tinggi pengakses atau pembeli.

Dengan mengikuti e-commerce, Anda bisa memperkenalkan produk yang dimiliki pada masyarakat sebelum benar-benar berdiri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here