Home Tips 3 penyebab gagal verifikasi BCA Mobile dan cara mengatasinya

3 penyebab gagal verifikasi BCA Mobile dan cara mengatasinya

63

Apakah anda mengalami masalah gagal verifikasi BCA Mobile di HP Android? Sudah mencoba menghubungi pihak bank dan operator selular namun hasilnya nihil? Tenang, anda akan menemukan solusinya setelah membaca ulasan ini.

BCA Mobile banking merupakan salah satu tools yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis, terutama mereka yang sering melakukan transaksi jual beli online.

Maraknya penipuan online yg berkaitan dengan transaksi palsu (umumnya berupa struk atau bukti transfer palsu) sungguh sangat meresahkan.

Yang sempat viral baru baru ini adalah terungkapnya seorang penipu ulung di daerah karawang yang sempat menipu puluhan penjual online dengan bukti transfer palsunya.

Seorang penjual yang geram akhirnya mendatangi alamat tersangka ini dan akhirnya menemukan berbagai barang hasil penipuan yg menumpuk di rumah kontrakannya.

Sempat mengelak, namun akhirnya dia mengaku dan tidak bisa berkutik karena barang bukti sudah di depan mata serta diancam akan diadukan ke Polisi oleh sang Penjual jika terus berkelit dan tidak mengakui perbuatannya.

Dari kisah di atas, bisa kita ambil pelajaran tentang perlunya melakukan pengecekan laporan mutasi rekening jika ada pelanggan yang mengaku telah melakukan transfer ke rekening kita.

Pastikan dana benar benar sudah masuk sebelum memproses pesanan pelanggan agar terhindar dari penipuan seperti di atas.

Nah, hadirnya BCA Mobile banking akan memudahkan kita dalam melakukan pengecekan laporan transaksi di rekening BCA kita, langsung dari HP Android yang kita pegang.

Sayangnya, tidak sedikit yang kecewa karena mengalami ‘gagal verifikasi BCA Mobile’ saat pertama kali menggunakan aplikasi tersebut.

Sesaat setelah memasukkan nomor kartu ATM di awal penggunaan aplikasi, yang Nampak hanya tampilan loading yang muter-muter seperti gambar berikut.

Note:
Anda pengguna BCA Mobile Banking? baca juga ini, penting: Modus penipuan terbaru BCA OneKlik

Penyebab gagal verifikasi BCA Mobile banking dan solusinya

Berikut 3 masalah populer penyebab gagalnya proses verifikasi BCA Mobile banking dan solusi untuk mengatasinya berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan dari berbagai sumber.

Pengguna HP dual sim

Kebanyakan dari mereka yang mengeluh tentang susahnya proses verifikasi BCA Mobile banking adalah para pengguna smartphone dual sim alias HP dengan sim ganda.

Perlu dipahami bahwa dalam proses verifikasinya, aplikasi akan mengirim pesan (message) melalui jaringan data. Untuk itu, bagi anda pengguna HP dual sim, pastikan telah melakukan ‘pengaturan sim’  dimana untuk proses kirim SMS dan penggunaan data HARUS menggunakan SIM 1.

Jika pengaturan anda tidak tepat, maka bisa dipastikan proses verifikasi BCA mobile akan gagal. Pastikan juga bahwa saldo anda mencukupi untuk biaya pengiriman SMS (minimal Rp1000).

Pengguna HP Xiaomi

Bagi anda yang menggunakan HP xiaomi biasanya juga akan mengalami hal yang sama, gagal verifikasi BCA Mobile setelah proses memasukan 16 digit nomor kartu ATM dan kirim sms.

Hal ini dikarenakan sistem keamanan di gadget ini yang menghalangi aplikasi BCA Mobile untuk mengirimkan pesan secara langsung.

Untuk mengatasinya, silahkan masuk ke menu Setting – Installed Apps – BCA Mobile – Permission Manager, seperti tampak pada gambar berikut.

Pastikan pengaturan pada ‘Send SMS message’ diperbolehkan atau dicentang. Dengan demikian, pengiriman pesan saat proses verifikasi BCA Mobile bisa dilakukan.

Bug pada aplikasi BCA Mobile versi 1.5.x

Jika anda sudah melakukan pengaturan seperti pada penjelasan 2 poin di atas, namun proses verifikasi BCA Mobile tetap gagal, anda bisa mencoba cara terakhir ini.

Silahkan buka aplikasi BCA Mobile yang terinstall pada HP anda, kemudian klik pada menu ‘About’ untuk mengetahui versi dari aplikasi yang anda pakai.

Jika aplikasi yang terinstall masih di angka 1.5.x, maka segera uninstall aplikasi tersebut, kemudian restart HP anda.

Selanjutnya download dan install kembali aplikasi BCA Mobile terbaru (saat ini versi 1.6.x), kemudian lakukan proses verifikasi seperti biasanya.

Saya sendiri sempat pusing karena semua pengaturan sudah sesuai, bahkan sempat mendatangi kantor BCA dan menghubungi operator selular namun hasilnya ZONK.

Kemungkinan terbesar adalah karena adanya BUG pada aplikasi BCA mobile versi 1.5.x. Terbukti dalam 1-2 hari ke depannya, saya cek di Google Playstore sudah tersedia versi pembaharuan yakni versi 1.6.0 dan proses verifikasi BCA Mobile berjalan dengan lancar.

Itulah 3 masalah populer penyebab verifikasi BCA mobile gagal beserta solusi untuk menanganinya. Semoga bisa menjadi referensi bagi rekan-rekan yang mengalami masalah dalam proses verifikasi.

Jika anda masih mengalami masalah dalam proses verifikasi BCA Mobile setelah menerapkan 3 cara di atas, jangan lupa tuliskan di bagian komentar di bawah ya.

Mudah-mudahan ada rekan lain yang memiliki pengalaman dan bisa membantu anda dalam menyelesaikan masalah gagal verifikasi BCA Mobile banking.

NOTE: Baca juga ‘Cara buka blokir kartu ATM BCA, MANDIRI’

63 COMMENTS

  1. Jika 3 cara tersebut masih gagal :
    cek sekali lagi dan pastikan kembali pegaturan kartu SIM pada SIM1 ( panggilan, sms, data ), Jika pada Slot 2 tidak terpasang SIM, maka pasang sim lain untuk menghapus pengaturan sebelumnya, selamat mencoba

    • tetep gak bisa bro…saya udah coba berulang2, no HP yg saya daftarkan ada di posisi SIM 1..tetep aja gak bisa…masih ada bug dlm aplikasi BCA Mobile yg sampai saat ini (03 Des’2020) belum bisa diatasi..selalu keluar pesan jaringan internet anda bermasalah…padahal saya pake paket internet (Wifi) super cepat dirumah..aneh

      • nah, itu dia. Harusnya internetnya pakai jaringan HP yang terdaftar, bukan pakai jaringan WIFI, terutama saat pertama kali proses registrasi dan proses kirim sms verifikasi.
        Beberapa hari yang lalu saya ganti HP, dan coba daftar mobile banking BCA, hasilnya lancar aja dan bisa.

  2. Setelah itu masih disuruh daftar m banking via atm. Padahal sebelumnya bisa di pakai. Pas daftar lg di atm gabisa karna masih aktif nomor yg di pakai m banking nya .

  3. Semua cara seperti di atas saya sudah lakukan namun tetap ga bisa pdhl versi nya sdh 1.7 plg terbaru mohon bantuannya Terima kasih

  4. Dulu saya aktivin pake kartu yg masih 3g ya dan sekarang kartunya sudah saya 4g kan di konter. Tapi ko sekarang malah gk bisa buka aplikasinya ya?

  5. Sllu muncul silahkan registrasi via atm,padahal saya sudh registrasi dan dpt struk bukti nya,knapa yah bisa d bantu mengatasi nya bro..thnks

    • Silahkan anda datangi kantor bank terdekat, sekalian biar diaktifin menu transaksi nya, seperti transfer dll.
      Note: Jika belum pernah ke bank, dan hanya registrasi via ATM saja, aplikasi mobile banking hanya bisa dilakukan untuk melakukan cek saldo dan e-commerce saja. Belum bisa dipakai transfer.

  6. saya terhenti pada perintah untuk melakukan registrasi via atm.apakah itu harus/lebih baik ke bank lansung?saya masih mempunyai sisa pulsa 3000

    • Kalo belum pernah didaftarkan via ATM ya harus daftar dulu nomornya.
      Tapi lebih enak ya datang ke bank, sekalian langsung minta aktifin fitur transfer juga.
      *note: kalo cuma daftar via ATM, hanya bisa cek saldo, dan menu ecommerce (seperti isi pulsa dll), dan belum bisa untuk transfer (harus diaktifin ke bank)

  7. Sudah coba semua cara alhasil sms dari nomor 69888 tetap saja gagal terkirim, padahal sudah always allow.
    Saya coba cek saldo via toolkit sim lancar jaya, untuk streaming youtube juga lancar.
    Versi aplikasi saat ini v1.8.0

    Puyeng gan 😅

  8. Kalo saya verifikasi login malah buka aplikasi sms nya hadeuh, udh terkirim dan delivered, tapi di back ke aplikasi tetep aja di halaman masukan nomor kartu.

    • Samaaaaaa 😭😭
      Bolak balik sms dan sms nya delivered tp back app tetep aja di halaman masukan no kartu. Pulsa hbs buat sms doang 😡😡😡

  9. sy jg gak bs verifikasi ulang nih mentok di gagal mengirim sms pdhl ada pulsa pusing dah….awalnya sy gak bs nmbh no rek buat di daftrin sy otak atik hp nya lht di di google sruh restat ahirnya sy coba instal ulang aplikasinya mlah skrg gak bs verifikasi sy hanya pki 1 sim

  10. Sm tetep gagal verifikasi masukin 16 angka atm.. pesan terkirim kode ad tp kembali ke menu msukin 16 angka atm trs ga ad respon apapun… smua pengaturan dh bner tp tetep aja ga ad respon apl mbca 20.0.. apa ad yg pernh mengalami ini? K provider ga ad mslh k bca jg ga ad mslh..

  11. Saya sudah coba semua tetapi selalu gagal dengan alasan koneksi internet terputus coba beberapa saat lagi. Sudah dicoba berkali2 dan pakai wifi tetap alasannya sama.
    Tolong ada yang bisa bantu ini masalahnya dimana ya?

    • Sama aku juga sampe sekarang pun belum bisa. Udah pake wifi tapi tulisannya masih internet terputus. Udah tau solusinya belum? T.T

  12. Kak, saya sudah isi pulsa. Koneksi internet saya lancar. Sim yg terdaftar di m banking sudah di SIM 1.tapi setiap kali ada sms verifikasi dari 69888 saya selalu gagal. Minta solusi nya

  13. Sudah ane ikutin cara di atas Selalu gagal kirim sms ke 69888
    padahal pulsa masih ada internet lancar..sampai bela belain daftar paket internet 200rb/hari…tolong ada yang bisa bantu..posisi saya di rusia

    • Sama saya juga. Skrg udh bisa belum? Kalau sdh bisa, tlg share caranya dong. Sy jg gagal verifikasi. Pdhal semua prosedur sdh sesuai. Tp msh aja gagal dan posisi sy di Jerman. Saya sdh hub Halo Bca tapi tetap gagal verifikasi. Makasi sebelumnya.

  14. Saya juga mengalami hal yang sama pada HP Vivo3. Selalu gagalnya proses verifikasi BCAnya dimana SMS yang diharuskan utk dikirim ke 69888 selalu gagal padahal pulsa saya 60.000an aktif s/d tahun 2020 dan paket data saya ada bahkan saya pake WIFI. Sy juga sudah melakukan test SMS ke nomor HP lain, ini berhasil. Sy sudah capek setting pengaturan pesan pada Vivo dengan meng-allow premium messages pada pengaturan sesuai saran operator Telkomsel namun hasilnya nihil. Sy sudah datangi CS BCA, katanya database akun saya di BCA sudah sinkron jadi penyebab masalah gagal pengiriman SMS ke 69888 sepertinya di HP saya Vivo v3. Aplikasi BCA mobile juga sudah saya uninstall dan install kembali untuk memastikan aplikasi terbaru namun tetap gagal. Apakah HP saya dual simcard? Iya. Namun yg saya pake kan cuma 1 nomor jadi harusnya tidak ada hubungan. Demikian pengalaman saya sampai pesan ini ditulis belum ketemu penyebabnya.

    • Sore 23 Mei Baru ketemu penyebabnya masalah saya hahahaha……
      begini solusinya:

      Buka semua applikasi pada HP anda. Anda dapat buka pada Aplikasi Manager. Nah disini pilih yang All Aplikasi. Kadang kita kewalahan karna ada pilihan 1.Installed Aplication 2.Movable App dan 3. All Application. Jadi biar lansung dapat pillih ALL APLIKASI (semua aplikasi) aja biar tampak semua apllikasinya.

      Kemudian:
      Cari aplikasi MESSAGE. Pada aplikasi MESSAGE setelah klik akan ada pillihan SMS premium permission-nya. Pilihlah ALWAYS ALLOW. Disini biaasanya ada 3 pilhan. Jadi pililha Always Allow. Pada saat saya mengubahnya ke Always Allow sekarang saya sudah bisa pake Aplikasi MOBILE BCA saya.

      Catatan:
      a). Pastikan ke Operator bahwa anda dapat mengirim SMS ke angka berjumlah sedikit dari biasanya seperti 3636. Jika ke 3636 juga gagal berari memang kemungkinan besar di pegaturan HP anda yang salah.
      b). Pastikan Nomor HP anda terdaftar di BCA sinkron dengan HP anda sekarang
      c). Pastikan juga pada aplikasi BCA MOBILE-nya pengaturan SMS permissions-nya ter ALLOW dengan cara yang sama yaitu cari Applikasi BCA mobile nya dan klik sehingga muncul pilahan SMS permissionnya

      Semoga membantu

  15. Sekedar tambahan min..mungkin suatu saat ada sobat yg kode akses nya terblokir dan minta verifikasi ulang ,tentu yg daftar m.bca lewat online dan belum punya kartu fisik bingung mau lihhat 16 digit no kartu atm nya.
    nah saat verifikasi ulang kan harus masukin 16 digit no kartu ATM.yg daftar lewat online tentu belum pnya kartu fisik maka cara lihat 16 digit no atmnya Yg daftar lewat online.
    cara lihat nomor ATM 16 digit tinggal buka email yg d pakai daftar.kmudian buka email pertama kali dari BCA yg menyatakan anda sudah sukses terdaftar.nah pada bagian paling bawah ada file PDF.donwload file nya kemudian buka file tersebut.file nya terpasword..password-nya adalah tanggal lahir sesuai dengan KTP.contoh tanggal lahir nya tanggal 12_11_1990 maka password untuk buka File PDF nya adalah 121190.

  16. di versi 2.0.4 ga sembuh juga nih. semua pengaturan sudah allow semua..hp samsung s7, sudah tlp halo bca, telkomsel baik2 saja katanya…gmn ya gan?

  17. Bismillah, saya menemukan metode baru, semoga berhasil buat semua, ini berhasil ke hp samsung lupa typenya, permasalahannya tidak mau mengirim sms verifikasi, padahal semua izin sudah di OK, aplikasi BCA Mobile versi 2.0.4, dan caranya adalah cb dunlut aplikasi message punya google, jadikan aplikasi messange ini sebagai default, sehingga saat sms verifikasi dari aplikasi BCA bisa lgsg ke aplikasi message yg baru, nah disana biasany akan ada pilihan, pop up menu, bahwa sms ini akan dikenai biaya bla bla bla.. nah itu pilih berikan izin, dan kembali ke aplikasi BCA mobile untuk verifikasi dan proses selanjutnya .. good luck

  18. Saya hampir setiap hari gan selalu gagal memverifikasi tp hasilnya tetap nihil klo setiap hari 200 kali coba kali 1 bulan udah 900 kali coba jaringan bagus pulsa ful tapi tetap aja hasilnya nihil alias percuma

  19. Saya lupa centang sms selalu izinkan,jd smpai skrng biarpum ada pulsa dn kartu di sim 1 kirim sms sim 1 tetap sms nya tdk trkirim.
    Bagaimana solusinya abng”…

  20. saya juga sulit aktifasi mbca, tapi setelah saya donload mbca versi 2.0.0 langsung bisa aktifasi. saran saya jangan donlod diplay store dulu,tapi cari digoogle versi 2.0.0, mudah mudahan membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version