2 Cara Gratis mempromosikan produk afiliasi tanpa website

0
12

media promosi afiliasi tanpa website

Sobat bisnis, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menjalankan bisnis afiliasi tanpa website atau tanpa memiliki sebuah blog.

Yes, sebenernya cukup banyak yang tertarik menjalankan bisnis afiliasi namun umumnya mengurungkan niatnya karena mereka tidak memiliki website atau blog.

Memang sih, dengan memiliki sebuah website atau blog, menjalankan bisnis afiliasi menjadi lebih mudah dan simple.

Cukup membuat review atau ulasan terkait produk afiliasi yang ingin dipromosikan, atau bisa juga dengan memasang banner di halaman website atau blog, yang kemudian kita sisipi dengan link affiliate kita.

Ketika nanti ada yang klik link tersebut, mereka akan diarahkan ke halaman Sales Page atau halaman Penawaran produk. Dan jika terjadi penjualan, maka kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan oleh Vendor atau pemilik produk.

Lalu, bagaimana cara menjalankan bisnis afiliasi jika kamu tidak memiliki website atau blog? Mungkinkah menjalankan bisnis afiliasi tanpa memilikinya?

Media promosi bisnis afiliasi tanpa website

Buat kamu yang ingin menjalankan bisnis afiliasi namun tidak memiliki website atau blog, jangan khawatir. Masih ada beberapa media lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk affiliate.

Namun sebelum menggunakan beberapa media berikut, pastikan kamu sudah menggunakan layanan short url atau pemendek url seperti bitly untuk merubah link affiliate mu agar terlihat lebih simple dan tidak terlalu mencolok kalo itu adalah link referralmu.

Gunakan Facebook dan Youtube

Gak bisa dipungkiri bahwa Youtube dan Facebook merupakan salah dua situs yang paling banyak diakses oleh manusia di bumi.

Sebuah peluang yang sangat besar jika kita bisa memanfaatkan 2 kanal ini untuk mempromosikan produk afiliasi yang kita pasarkan.

Di Youtube, kita bisa membuat video review tentang produk afiliasi atau program afiliasi yang ingin kita promosikan, yang selanjutnya kita bisa menaruh link affiliate kita baik pada deskripsi di bawah video maupun mencantumkannya di akhir video.

Mau diajarin cara buat Channel Youtube dari NOL sampai Menghasilkan? Simak Ulasan tentang Youtube Mastery.

Sementara itu, di Facebook kita bisa memanfaatkan Fanspage yang kita miliki maupun Group yang kita ikuti untuk mempromosikan link affiliate.

Tapi perlu dicatat, beberapa link affiliate (tidak semua) dianggap SPAM oleh Facebook dan tidak bisa kita posting secara langsung.

Untuk itu, diperlukan cara untuk mensiasatinya. Posting tulisan atau gambar yang menggugah rasa penasaran dan keingin tahuan, bisa berupa teaser atau cuplikan beberapa keunggulan produk affiliate, lalu diikuti ajakan.

Misal kamu mau promosiin produk affiliate berupa Kursus Online Jualan di Shopee. Kamu bisa buat postingan seperti ini:

“Diajari cara jualan di Shopee sampai LAKU. Gak punya produk? Di SIAPIN. MAU?”

Nah, setelah ada yg komen MAU di kolom komentar, balas dengan ‘Cek Inbox’. Setelah itu, baru kamu kirim link affiliate melalui messenger.

Dengan demikian, akan semakin banyak yang penasaran dan bakalan ikut komentar. Postinganmu pun akan semakin terangkat dan gak tenggelam.

Di sisi lain, mengirimkan link affiliate melalui messenger atau inbox juga tidak dianggap SPAM (sudah saya coba sendiri, link yang dianggap SPAM jika diposting langsung di status, ternyata bisa saya kirim melalui messenger atau inbox).

Gunakan Whatsapp

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan Whatsapp dalam mempromosikan produk affiliate. Namun perlu diingat, jangan gunakan fitur broadcast ke seluruh kontakmu karena pasti akan mengganggu.

Lebih baik, banyakin dulu kontak WA dari orang orang yang memang punya ketertarikan tentang dunia bisnis, seperti online shopper, supplier, reseller, Agen dan semacamnya.

Nah, ketika kamu sudah memiliki Ribuan Kontak WA (dan mereka juga menyimpan nomormu di Kontaknya), kamu bisa meanfaatkan fitur Update Status.

Buatlah status dan sisipkan link affiliate mu pada jam jam tertentu yang biasanya mereka membuka WA. Misal pagi hari sebelum berangkat kerja, Siang hari pas jam istirahat, atau sore hari setelah pulang kerja.

Karena pada jam jam itulah mereka biasanya membuaka gadget termasuk mengecek WA, dan peluang besar statusmu akan dibuka mereka jika kamu updatenya di jam jam tersebut.

Mengapa? Karena status WA dari Kontak kita akan ditampilkan berurutan dari yang terbaru (terakhir diupdate) sampai yang terlama.

Jika memungkinkan, sesekali kamu juga bisa mengirim pesan baik secara personal maupun secara broadcast ke beberapa kontak yang potensial.

Namun sekali lagi, jangan terlalu sering menggunakan fitur broadcast, apalagi isinya JUALAN. Pasti akan mengganggu dan bisa bisa malah di block.

Kalau memang mau memanfaatkan fitur broadcast message, awali dulu dengan broadcast hal hal bermanfaat seperti bagi bagi Ebook Gratis misalnya. Lakukan itu beberapa kali.

Baru setelahnya kamu bisa mengirimkan broadcast message yang berisi penawaran produk yg sudah terselipi link affiliatemu tadi.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan Ratusan Hingga Ribuan kontak WA secara Legal, kamu bisa manfaatin aplikasi tanteSASA.

Itu tadi 2 media yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk afiliasi tanpa website buat kamu yang baru terjun ke dunia affiliate marketing.

Sebenernya ada beberapa lagi media yang paling banyak digunakan untuk mempromosikan link affiliate, yakni melalui Email Marketing maupun Paid Advertising.

Namun keduanya membutuhkan modal dan biaya, tidak seperti 2 media di atas tadi yang bisa kamu manfaatkan secara Gratis.

Jika kamu memiliki pengalaman terkait cara menjalankan bisnis afiliasi tanpa website, silahkan kamu share melalui kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di postingan selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here