Waspada penipuan transfer uang dengan bukti struk

8
6150

penipuan trasfer uang dengan bukti struk

Apakah anda pelaku bisnis yang sering melakukan transaksi online dengan mitra bisnis? Jika ya, anda patut waspada terhadap modus penipuan transfer uang dengan bukti struk yang tengah merebak akhir-akhir ini.

Postingan ini saya buat agar anda tidak mengalami kerugian seperti yang saya alami beberapa hari yang lalu akibat kurang waspada terhadap ‘klien’ yang saya anggap ‘orang baik’ itu. Berikut ulasan singkat mengenai ‘kisah sedih’ tersebut, Jiaaahhhh,…udah kayak sinetron aja, heheee

Perkenalkan nama saya Fatkul, pemilik toko online parfummewah.com yang menyediakan Parfum Original Impor Eropa. Cerita ini berawal ketika HP saya berbunyi tanda adanya invitation BBM. Maklum, pin BB dengan sengaja saya pampang di toko online tersebut untuk mempermudah komunikasi dengan mitra bisnis maupun calon pembeli.

Singkat cerita, ‘klien’ yang selanjutnya saya anggap sebagai tersangka ini melakukan pemesanan produk parfum jualan saya setelah sebelumnya bertanya-tanya sedikit terkait proses pemesanan dan cara pembayaran. Perlu diketahui bahwa untuk proses pemesanan produk tersebut, bisa melalui website maupun langsung melalui BBM.

Setelah sepakat, dia pun saya minta segera melakukan pembayaran ke nomor rekening saya agar pesanannya dapat segera diproses. Dia pun menjanjikan akan melakukan transfer keesokan harinya, tepatnya tanggal 17 Mei 2016 sebelum pukul 14.00 melalui rekening BRI miliknya.

Pagi harinya, dia menghubungi saya apakah pesanannya sudah dikirim atau belum. Dengan santai saya menjawabnya bahwa pesanan hanya akan dikirim jika telah melakukan pembayaran.

Dalam kasus ini, karena dia belum melakukan pembayaran maka pesanannya pun belum saya proses dan hanya akan diproses dihari yang sama jika pembayaran dilakukan sebelum pukul 14.00 (pesanan akan diproses dan dikirim hari berikutnya jika pembayaran dilakukan setelah pukul 14.00).

Siang hari, sekitar pukul 13.30 dia memberitahukan bahwa dia sedang ngantri di ATM dan berniat untuk melakukan pembayaran pesanannya. Tak lama kemudian, dia mengirim foto struk bukti pembayaran ke rekening saya.

Saya pun mengiyakan dan memproses pesanannya untuk segera dikirim oleh bagian distribusi meskipun dana tersebut belum masuk ke rekening saya saat saya periksa dengan fasilitas mobile banking. Maklum, untuk kasus transfer dari BRI memang sering telat kadang bisa memakan waktu 3-5 hari (banyak review tentang hal ini juga jika anda Googling).

Singkat cerita, pesanannya sudah dalam proses pengiriman oleh pihak ekspedisi dan hal ini saya informasikan ke pembeli tersebut. Anehnya, setelah itu saya mendapat info darinya bahwa HP nya akan di service dan mungkin BBM nya tidak akan bisa dihubungi karena bisa saja datanya hilang semua.

Saya pun tidak mengambil pusing tentang hal itu karena transaksi sudah selesai dan barang sudah dalam proses pengiriman.

Beberapa hari kemudian, iseng-iseng saya cek dana transferan darinya, namun ternyata belum masuk juga ke rekening saya. Saya mencoba menanyakan ke pihak BRI melalui layanan chat online di web resminya.

Saya berikan detail bukti struk seperti no kartu, no ref, nominal transfer beserta no rekening saya sebagai pihak penerima. Jawabannya sungguh tidak mengenakkan karena yang bisa melakukan klaim adalah pihak pengirim alias klien saya tadi.

Segera saya buka aplikasi BBM, ceritanya ingin minta dia (tersangka) bantu proses klaim ke BRI karena dana transferannya belum masuk rekening saya meski sudah lewat seminggu.

Aneh bin ajaib, ternyata kontak BBM nya sudah hilang dari HP saya (di delete rupanya oleh dia). Saya coba menghubungi via telp dan SMS juga sama sekali tidak ada tanggapan. Kabur sudah rupanya.

bukti SMS ke tersangka penipuan transfer uang

Saya ceritakan ke pihak BRI bahwa saya sudah lost kontak dengan pihak pengirim dan saya hanya ingin memastikan apakah benar telah dilakukan transfer sesuai data struk tersebut, dana masih ke pending oleh pihak bank, ataukah data transfer pada struk tersebut fiktif alias palsu?

Pihak BRI sama sekali tidak bisa membantu, padahal saya sudah berikan bukti struk dimana di situ tertulis informasi no kartu, no ref, dll. (ANJRIIITTT,… pikirku). Mereka bilang jika ingin diproses, saya harus membuat laporan penipuan ke pihak Polisi. Alamaaakkkk,!!

email tanggapan BRI

Benar-benar mengecewakan. Kalau seandainya pihak BRI memberikan keterangan bahwa bukti struk transaksi tersebut palsu dan tidak ada transaksi seperti yang tertera pada struk tersebut, saya mungkin akan mempertimbangkan membuat laporan penipuan ke Polisi.

Toh saya ada data alamat tersangka dari pihak ekspedisi yang mengirim produk pesanan tersebut, sehingga mungkin akan mudah diciduk tuh pelaku. Tapi kalau main laporin orang aja tanpa ada keterangan resmi dari pihak bank (BRI), atau bahkan mungkin saja transaksi itu benar dan dana tertahan oleh pihak bank, bisa aja saya dituntut balik oleh ‘tersangka’ ini.

Walhasil, saya tidak sampai membuat laporan penipuan ke Polisi karena kurangnya kerjasama dari pihak bank untuk memberikan informasi data transaksi sesuai yang tertulis pada struk transfer yang dikirim oleh nasabahnya.

Sebagai kesimpulan, jika anda melakukan transaksi online termasuk didalamnya proses transfer mentransfer dengan klien atau mitra bisnis anda, pastikan melakukan pengecekan apakah dana tersebut sudah masuk ke rekening anda. Setelah itu baru bisa dilanjutkan prosesnya.

Jika belum masuk, ya pending dulu. Jangan dulu mengirim produk atau memberikan jasa layanan anda kepada klien sebelum benar-benar memastikan bahwa dana transfer sudah masuk ke rekening anda. Termasuk meskipun mereka memberikan foto bukti transfer sekalipun karena bisa saja bukti tersebut fiktif alias palsu.

Semoga ulasan ini bermanfaat agar anda terhindar dari modus penipuan transfer uang yang akhir-akhir ini marak terjadi. Tetap waspada dan salam sukses.

8 COMMENTS

  1. Tolong bisa bantu .aku pusing rugi uang 13,7juta transfer penipuan utk online motor .saya minta balikan uang transfer gmn?

  2. Saya jual brg lwt online barusan dpt bukti trnsfer dri tabungan mandiri bisnis. Tp stelah saya cek lgsg ke bank krn d atm lg gangguan katanya blm ada trnsfern masuk.tp c pembeli meyakinkan sy kalo dia sudah trnfer sbsar harga barng.saya hrz gmn? Tolong solusinya mksh

    • Tunggu aja sampai uangnya masuk ke rekening anda.
      Terlepas beneran transfer atau bohongan.
      Harus extra waspada.
      Sebaiknya sih anda juga aktifkan layanan semacam mobile banking, jadi bisa cek transaksi rekening anda dari handphone secara up to date, gak perlu ke ATM dulu atau bank.

  3. Saya juga mengalami penipuan dari teman sendiri kak baru-baru ini. Selang beberapa hari dari dia kirim bukti transfer, saya cek di ATM uang tsb tidak ada. Sblmnya saya percaya Sm dia kak, jd gak saya cek di atm. Jadi besok harinya saya lgsg ke bank yang saya gunakan, yg dia transfer ke bank tsb. Disana saya minta sm cs nya utk memberikan saya rekening koran(bukti pemasukan-pengeluaran) dr tabungan saya kak. Dan memang benar tidak ada dana tsb ditanggal dia transfer yg dicetak rekening koran.
    Alhasil saya temui dia utk mengakui kebohongan dia kak, tp dia gak mau jujur. Jd langsung saya kasih lihat bukti rekening koran tersebut. Saya tunjukin tgl saya trf uang ke dia, Krn dia minjam uang Sm saya. Trs saya ksh lihat tgl dia kirim bukti transfer. Tidak ada dana masuk Dr dia.

    Kakak coba aja ke bank yg kakak gunain minta rekening koran tabungan kakak jgn lupa bawa buku tabungan. Itu saran dari saya yg pernah ngalaminnya juga. Semoga bermanfaat..

    • Kebetulan saya sudah mengaktifkan aplikasi Mobile banking.
      Jadi untuk kedepannya, saya bisa cek secara up to date mutasi rekening (transferan masuk) sebelum kirim barang pesanan.
      Terima kasih sudah share pengalamannya di sini.

  4. Om saya juga jualan online tapi saya ragu ini buyer transfer via apa saya dikirim copasnya saja.. gmn cara cek ke asliannya om sedangkan banyak yg transfer dgn nominal yg sama

    • Saran saya sebaiknya anda memiliki layanan mobile banking.
      Sehingga bisa periksa laporan mutasi rekening (transaksi masuk dan keluar dana) langsung dari HP secara uptodate.
      Begitu ada yg bilang sudah transfer, tinggal liat deh, apa benar ada transferan masuk dari nomor rekening dan atas nama yg dimaksud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here