Tips jualan online dan cara mempromosikan produk di Facebook

0
103

tips jualan online dan cara mempromosikan produk di facebook

Bicara soal tips jualan online dan cara mempromosikan produk, pasti sangat erat kaitannya dengan dunia sosmed yang salah satunya adalah facebook. Bagaimana tidak, sosmed telah menjadi salah satu trend gaya hidup masa kini dan berhasil memikat ratusan ribu hingga jutaan pengguna di seluruh Indonesia. Mulai dari anak SD, anak kuliah, tukang bubur, pekerja kantoran, hingga para artis juga sering eksis di akun sosmed mereka.

Lalu, apa hubungannya antara eksis di sosmed dengan aktivitas jualan online dan promosi produk? Nah, jika anda sering mengunjungi blog ini pastinya masih ingat tentang bisnis advertising atau periklanan yang dijalankan oleh Google dan Facebook. Mereka menggunakan kekuatan penggunanya yang disebut traffic untuk menghasilkan profit milyaran rupiah setiap tahunnya. Anda bisa membacanya kembali melalui link Mengenal Usaha Bagi Hasil dari Bisnis Advertising atau Periklanan.

 

Tips jualan online untuk pemula

Jika anda tergolong baru dan ingin mencoba berjualan secara online, beberapa tips berikut layak untuk dicoba dan diharapkan bisa mendongkrak penjualan produk anda.

  1. Manfaatkan situs e-commerce
    Siapa yang tidak kenal Tokopedia, OLX, dan Bukalapak?. Di situ anda bisa mempromosikan dan menjual produk anda ke jutaan pembeli secara gratis. Namun sebagai tips kali ini, pastikan anda memanfaatkan fitur ‘premium’ di situs tersebut untuk mendapatkan ‘nilai lebih’ seperti penambahan badge Gold Merchant dan Custom Page(pada Tokopedia) untuk meningkatkan kredibilitas toko anda.
  2. Bikin toko online sendiri
    Jika anda cukup serius untuk mengembangkan bisnis jualan online, tidak ada salahnya untuk membangun website atau toko online anda sendiri. Tentukan konsep mulai dari nama situs (domain), logo, hingga desain toko online anda untuk mendapatkan kesan professional. Anda bisa melihat contoh toko online saya melalui link http://parfummewah.com
    Tertarik untuk membuat toko online seperti punya saya? manfaatkan penawaran paket toko online dari OKETHEME.
  3. Bangun branding image
    Setelah memiliki website atau toko online sendiri, kini saatnya membangun branding image dari bisnis kita. Salah satu cara paling sederhana adalah membuat Fanpage di akun sosial media seperti Facebook dan Instagram. Di situ anda bisa membangun audience yang akan menjadi target pengenalan dan pemasaran produk anda. Perbanyak jumlah like dan follower di fanpage tersebut agar peluang bagi setiap postingan dan promosi anda untuk dilihat semakin besar dan berimbas pada peningkatan penjualan produk tentunya.

 

Cara mempromosikan produk di facebook

Untuk mempromosikan produk anda di facebook, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membangun audience. Audience ini yang nantinya menjadi target promosi anda dalam mengenalkan maupun menjual produk. Dan berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa anda mulai untuk mengembangkan bisnis melalui situs sosial media ini.

  1. Membuat akun facebook
    Untuk bisa berinteraksi dengan pengguna lain, kita perlu membuat akun facebook terlebih dahulu. Silahkan mengunjungi situs facebook.com  untuk membuat akun.
  2. Menambah ‘teman’
    Agar setiap postingan kita (kedepan bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan produk) bisa dilihat oleh pengguna lain, kita perlu mengajukan ‘pertemanan’ ke pengguna lain. Semakin banyak teman kita, semakin besar pula peluang bagi postingan kita untuk dilihat. Artinya, peluang kita untuk memperkenalkan produk maupun menjaring klien akan semakin besar. Jadi, sering-seringlah mengajukan perteman kepada pengguna lain yang menurut anda potensial untuk dijadikan prospect.
  3. Membuat Fanpage
    Jika sebelumnya anda sudah memiliki website maupun toko online, kini saatnya untuk membuat sebuah Fanpage di halaman facebook yang menginterpresentasikan website atau toko online tersebut. Undang teman-teman anda untuk like Fanpage itu, dan kalau ada budget anda bisa mempromosikan fanpage tersebut menggunakan jasa Facebook advertising. Fanpage ini ke depan bisa anda gunakan untuk mengenalkan produk dan sharing pengetahuan seputar produk yang ujungnya akan berimbas pada penjualan produk itu sendiri. Semakin banyak yang like Fanpage, semakin banyak pula peluang bagi setiap postingan anda untuk dilihat. Hasilnya sudah pasti peningkatan penjualan.

 

3 Kesalahan saat promosi melalui Fanpage

Memiliki fanpage di sosmed dengan ribuan follower/like pastinya menjadi salah satu modal penting untuk sukses berjualan online. Di situ kita bisa dengan mudah mengenalkan maupun mempromosikan produk yang kita jual hanya dengan sekali posting. Namun sayangnya banyak sekali dari pelaku bisnis yang salah arah dalam memanfaatkan ‘aset’ berharga tersebut. Bukannya bisa meningkatkan penjualan, malah bisa membuat para follower atau audience angkat kaki dari fanpage alias unfollow/unlike.

Berikut 3 kesalahan yang sering dilakukan saat promosi menggunakan Fanpage :

  1. Terlalu sering membuat postingan
    Pernahkah anda mendapati teman di akun sosmed yang terlalu sering update status? Hingga seakan-akan time line kita penuh berisi ‘celotehan’ nya saja?. Tanpa buang waktu, biasanya saya langsung unfollow/unfriend dengan dia. Alasannya simple, ‘very annoying’ alias mengganggu. Begitu juga jiga anda terlalu sering update status di Fanpage anda, bisa jadi ‘mereka’ juga akan hengkang menjadi follower dan unlike fanpage tersebut. Jadi, pastikan melakukan postingan sewajarnya saja, misalnya 2 – 4 kali sehari.
  2. Sering memposting hal yang sama berulang-ulang
    Meski tidak sering melakukan postingan, ada kalanya para pemilik Fanpage melakukan postingan mengenai hal yang sama secara berulang-ulang. Biasanya berisi ajakan bergabung dengan bisnis opportunity alias peluang bisnis, atau mempromosikan produk maupun artikel yang itu-itu saja. Hal ini juga bisa membuat follower kita ‘irritated’ atau ‘overhelmed’. Jadi, pastikan membuat postingan yang bervariatif agar pengunjung fanpage kita mendapat informasi yang bervariatif pula dan tertarik untuk menunggu postingan-postingan selanjutnya.
  3. Terlalu focus jualan
    Ada kalanya kita terlalu focus membuat postingan-postingan yang bernada jualan. Promo produk ini, promo produk itu, diskon segini, diskon segitu. Hasil study mengatakan bahwa orang akan tertarik (engaged) jika postingan kita tidak melulu soal jualan. Selipi postingan mengenai informasi produk, bisa juga berisi pengetahuan yang masih terkait dengan produk yang kita jual. Sebagai contoh jika kita jualan parfum, selipi postingan tentang cara menggunakan parfum agar awet, pengetahuan tentang jenis-jenis parfum seperti EDP, EDT, EDC, dan lain-lain.

Itulah beberapa tips jualan online dan cara mempromosikan produk di facebook yang bisa anda coba untuk meningkatkan penjualan anda. Semoga menambah wawasan dan jangan lupa dishare jika dirasa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here