Strategi penjualan produk ke Pria dan Wanita

0
123

strategi penjualan produk ke pria dan wanita

Para pelaku bisnis afiliasi, pahami strategi penjualan berikut jika anda ingin menawarkan produk kepada Pria dan Wanita. Pola pendekatan yang berbeda harus kita ambil jika ingin sukses dan meraih penjualan dari mereka. Ada yang bilang  bahwa pria berasal dari Mars dan Wanita berasal dari Venus, karenanya pola pikir mereka berdua sangat jauh berbeda, dan harus kita pengaruhi dengan cara yang berbeda pula.

Sebagai contoh ketika seorang Pria memutuskan untuk membeli sebuah mobil, hal pertama yang dipertimbangkan adalah mengenai model, speed, serta fitur-fitur lain yang berhubungan dengan performa di jalanan. Lain halnya dengan Wanita, mereka akan lebih condong memikirkan apakah warnanya cocok dengan gaya berpakaian mereka, maupun aksesoris lainnya seperti tas, jam tangan, sepatu, dan sebagainya. Dan yang tidak kalah penting adalah apakah tersedia cukup ruang untuk menyimpan semua keperluan yang mereka butuhkan saat keluar rumah. Karena cukup banyak perbedaan itulah, maka strategi penjualan yang kita terapkan juga harus berbeda.

 

Strategi penjualan 1 : Perhatikan penampilan

Penampilan juga sangatlah penting. Ketika kita berbicara dengan klien laki-laki, konsentrasi terhadap penampilan dan kebersihan bukan menjadi hal yang utama. Tidak masalah jika kita membawa dokumen presentasi ditangan dengan lengan baju yang terlipat. Namun akan beda halnya jika kita dihadapkan dengan klien Wanita, semuanya harus terlihat rapi dari ujung kepala sampai ujung kaki. Model rambut yang rapi, kuku yang terawat, sampai kondisi sepatu yang kinclong tak luput dari pengamatan mereka. Pastikan semua dokumen dan marketing tools sudah siap sebelum mempresentasikan produk kita kepada Wanita karena mereka sangat mengharapkan kesempurnaan.

 

Strategi penjualan 2 : Kuasai emosi

Dalam menjelaskan produk, kita harus lebih berhati-hati dan detail dihadapan Wanita. Mereka adalah pendengar yang baik dan akan menganalisa setiap perkataan yang kita lontarkan. Banyak emosi yang harus kita libatkan saat berbicara dengan Wanita karena mereka sangat mudah terpengaruh dan tertarik secara emosional. Sebagai contoh jika anda sedang mempromosikan pakaian hangat untuk musim hujan seperti sweater dan syal, pilihlah model terbaik dengan bahan yang lembut dan mintalah mereka untuk mencobanya sambil tunjukkan sedikit perhatian terhadap kondisi kesehatan mereka. Dengan begitu mereka akan sangat tersentuh dan butuh waktu sedikit lagi untuk menghasilkan penjualan. Tujuh puluh lima persen anda akan berhasil jika telah memenangkan mereka secara emosional.

 

Strategi penjualan 3 : Banyak bicara atau diam

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah jangan pernah berhenti berbicara dihadapan klien Wanita. Ketika anda berhenti berbicara, mereka akan mulai berfikir mendalam tentang produk yang anda tawarkan, menganalisa setiap detail, dan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membelinya. Wanita memiliki kemampuan multi tasking sehingga mereka dapat mendengarkan sambil membaca manual pada saat yang sama.

Beda halnya dengan Pria, mereka tidak memiliki kemampuan multi tasking yang baik. Jika anda melihat dia sedang mengamati sesuatu dari produk, berhentilah sejenak dan biarkan mereka berfikir tentang hal itu. Jika anda terus berbicara pada saat yang sama, mereka akan kehilangan konsentrasi dan berakhir dengan kebingungan.

 

Strategi penjualan 4 : Perhatikan ekspresi wajah

Poin penting selanjutnya adalah akan sangat sulit jika seorang affiliate marketer Wanita berhadapan dengan klien laki-laki. Wanita lebih banyak berbicara sementara laki-laki adalah pendengar yang buruk. Saat mereka berbicara panjang lebar menjelaskan sebuah produk, para Pria hanya akan terdiam dan menganggukkan kepala tanpa memikirkan apakah penjelasan yang diberikan dipahami atau tidak. Sangat sulit menerka dari ekspresi wajah mereka apakah mereka benar-benar telah memahami penjelasan yang kita berikan atau tidak.

Di sisi lain, klien Wanita akan dengan mudah mengikuti setiap penjelasan yang anda berikan. Bahkan anda bisa dengan mudah membaca ekspresi wajah mereka. Pastikan mereka masih enjoy dan memahami setiap pembicaraan dan segera berhenti dan merubah metode pendekatan jika dari ekspresi wajah mereka terlihat sesuatu yang membingungkan atau kurang menyenangkan.

 

Strategi penjualan 5 : Berikan sample produk

Satu hal lagi, klien Pria akan mudah memahami produk meskipun kita hanya menggambarkan detail produk lewat coretan pena maupun file presentasi karena Pria memiliki kemampuan yang baik dalam memvisualisasikan gambar. Namun wanita tidak begitu baik dalam hal ini. Untuk itu memberikan sample produk yang sebenarnya sangat diperlukan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang produk.

Dan yang terakhir, memuji klien laki-laki merupakan ide yang baik. Sementara untuk memuji Wanita diperlukan kehati-hatian yang serius karena mereka akan segera tahu jika pujian yang kita berikan adalah palsu adanya.

 

Sekian tips strategi pemasaran untuk klien Pria dan Wanita. Semoga bisa memberikan pemahaman baru dalam menjalankan bisnis afiliasi yang nantinya akan berkontribusi terhadap meningkatnya ratio penjualan kita ke depannya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here