Strategi marketing : Mendatangkan traffic dari sosial media

0
45

strategi marketing mendatangkan traffic dari sosial media

Kali ini kita akan belajar  strategi marketing mengenai bagaimana cara mendatangkan traffic untuk blog kita dari sosial media. Ya, di era digital seperti sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan sosial media sebagai media berbagi informasi sangatlah viral. Ada ratusan juta pengguna sosial media di seluruh dunia yang setiap harinya berbagi berita-berita terupdate, mulai dari isu politik yang memanas, kasus kriminal yang sliweran di televisi, peluang bisnis yang kian merebak, hingga gosip artis yang terus dinanti peminatnya.

Artinya, media sosial sangat bisa dan layak dijadikan tempat untuk mempromosikan bisnis kita. Terutama bagi kita yang fokus mengembangkan bisnis melalui jalur Online dan memiliki website atau blog.

Lalu, bagaimana memulai strategi marketing menggunakan sosial media jika kita sudah memiliki website atau blog? tak lain dan tak bukan adalah dengan membuat website atau blog kita menjadi ‘More Sociable’ atau lebih mudah dishare untuk mendatangkan pengunjung.

Berikut adalah beberapa langkah dasar yang wajib dilakukan oleh blogger untuk bisa mendatangkan traffic dari media sosial seperti Facebook, Google, Twitter, Linkedin, dan lainnya:

 

Menambahkan social plugin

Target pertama adalah membuat website atau blog kita menjadi sharable atau mudah dishare oleh para pengunjung. Untuk mendapatkan share mereka, tentunya kita harus membuat konten yang menarik dan bermanfaat untuk mereka. Jika hal tersebut bisa kita penuhi, maka dengan senang hati mereka akan menshare artikel kita dalam jaringan akun sosial yang nantinya akan mendatangkan traffic. Sebuah strategi marketing yang mudah dan simple bukan?

Ok, untuk memulainya kita bisa mencari social plugin yang akan kita install di wordpress. Banyak sekali plugin yang membuat konten kita bisa lebih mudah dishare. Tapi kali ini saya akan merekomendasikan salah satu plugin yang saya gunakan di blog ini, yaitu ‘Simple share button adder’. Plugin ini sangat mudah digunakan dan kompatibel dengan berbagai template wordpress.

Untuk mendapatkannya anda tinggal masuk ke menu plugin melalui halaman WP Admin, lalu ketikkan kata ‘simple share button’ pada kolom pencarian plugin. Anda akan menemukannya dan perlu untuk diinstall sebelum bisa digunakan.

plugin wordpress

Setelah terinstall dan diaktifkan, anda bisa melakukan beberapa pengaturan terkait penggunaan plugin, seperti bentuk tombol share, akun media sosial yang ditampilkan, dan beberapa pengaturan lainnya.

setting plugin wordpress

Membuat akun media sosial

Berikut adalah beberapa akun media sosial yang saya rekomendasikan untuk anda dalam mengembangkan bisnis online. Jika ada dari list berikut yang belum anda miliki, segera melakukan registrasi melalui link yang tersedia.

Pastikan anda menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari. Perlu diingat bahwa anda perlu memiliki banyak teman maupun follower untuk bisa berbagi konten website anda dengan mereka. Anda bisa juga menggunakan jasa promosi akun media sosial untuk mendapatkan banyak follower. cari saja di Google dan anda akan menemukan banyak layanan penambahan follower dengan harga yang bervariasi.

 

Share situs anda menggunakan akun media sosial

Sekarang saatnya anda melakukan share konten atau isi website menggunakan akun media sosial yang tersedia. Lakukan share pada seluruh halaman maupun postingan yang sudah anda buat. Jika sebelumnya anda belum melakukannya, silahkan mengunjungi halaman atau postingan situs anda dan lakukan share dengan mengklik tombol yang disediakan.

tombol share

Sekarang anda sudah mempelajari strategi marketing dasar menggunakan sosial media untuk mendatangkan traffic ke situs anda, serta belajar membuat blog atau website menjadi more sociable atau lebih mudah dishare. Saya ingatkan kembali bahwa anda perlu mengembangkan jaringan atau network akun sosial media dan mendapatkan lebih banyak teman dan follower. Lebih jauh lagi, anda bisa belajar strategi marketing lanjutan dan branding produk untuk bisa mendatangkan traffic lebih ke situs anda.

Berikut adalah contoh layanan social marketing dan social branding yang bisa anda pertimbangkan :

LEAVE A REPLY