Potensi blog untuk generasi muda yang aktif dan kreatif

4
70

otensi blog untuk generasi muda

Hai kawula muda, dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai potensi blog untuk generasi muda, khususnya bagi anda yang aktif dan kreatif dalam menyikapi perkembangan jaman dan kemajuan teknologi saat ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa blog bisa memberikan banyak manfaat untuk kita, baik dari sisi pemilik blog maupun bagi pengunjungnya. Meskipun demikian, terkadang ada juga sih blog yang justru memberikan dampak negative untuk keduanya, seperti blog yang mensyiarkan kebencian terhadap golongan atau kelompok tertentu, maupun blog yang merusak mental generasi muda kita yakni berisi adegan ranjang (walaupun pada kenyataannya sebagian besar adegannya dilakukan ‘di luar’ ranjang, heheeeee).

Ok, mari kita kembali ke topik pembahasan mengenai potensi blog untuk generasi muda. Saya masih ingat ketika salah seorang teman saya memposting gambar CEK yang ia terima dari salah satu nama Bank yang cukup asing bagi saya. Dia mempostingnya di profil BBM saat itu. Karena penasaran, saya pun menanyakan perihal bagaimana dia bisa mendapatkan cek itu. Tanpa menunggu lama, dia pun mengirimkan sebuah link yang berisi informasi mengenai bagaimana dia bisa mendapatkan ceknya.

Saat diklik, ternyata saya diarahkan ke salah satu blog miliknya dan di situlah saya baru tahu bahwa nama Bank yang kedengarannya aneh tadi (Clickbank), ternyata nama salah satu perusahaan market digital terbesar di dunia yang memberikan kesempatan bagi para affiliate nya untuk memasarkan produk mereka. Dan sebagai imbalannya, kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan volume penjualan yang berhasil kita lakukan. Usut punya usut, ternyata itulah yang dinamakan bisnis afiliasi.

Sejak saat itu, saya sering berkomunikasi dengan dia dan banyak belajar mengenai dunia bisnis melalui artikel-artikel yang diposting di blog tersebut. Tidak hanya itu, ternyata dia juga memiliki sebuah toko online untuk mempromosikan berbagai produk yang ia dapatkan dari beberapa usaha konveksi rumahan. Woww, saya bener-bener gak nyangka ternyata dia menjalankan bisnis ‘sampingan’ selain bekerja di kantor tempat ia bekerja.

Lebih jauh lagi, saya pun jadi sering Googling info-info seputar peluang bisnis online. Banyak sekali blog Indo yang mengulas tentang informasi tersebut. Dan ternyata oh ternyata, tidak sedikit lho pemilik blog-blog itu nyatanya masih anak kecil, ada yang masih SMP, bahkan ada yang SD, gubrakk,!!.

Dari situ, saya pun tertantang untuk membuat sebuah blog. Jika anak ingusan aja bisa, masak saya enggak? Pikirku. Jelas saja, saya pun akhirnya terjun ke dunia blogging hingga saat ini sudah memiliki beberapa blog dan toko online.

Sejauh pengalaman saya dan berdasarkan beberapa refensi yang saya dapat, berikut adalah beberapa potensi blog yang bisa dimanfaatkan oleh generasi muda, khususnya bagi mereka yang aktif dan kreatif. Karena terus terang, untuk menjalankan sebuah blog diperlukan sebuah kreativitas dan keaktifan untuk mau terus belajar dan mengembangkannya.

 

Potensi blog untuk generasi muda : Sebagai sumber informasi

Ya, anda bisa mencari berbagai informasi yang anda butuhkan di blog. Jika kamu adalah seorang Pelajar, banyak referensi bisa kamu dapatkan untuk menambah pemahaman terhadap materi pembelajaran. Jika kamu baru lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan, banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan melalui blog. Di luar itu, masih banyak informasi lainnya yang bisa kamu dapatkan hanya dengan mengunjungi sebuah blog.

 

Potensi blog untuk generasi muda : Sebagai lahan bisnis

Bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan melalui internet, membuat blog bisa menjadi salah satu pilihan menarik. Perlu kamu ketahui bahwa beberapa blog bisa menghasilkan jutaan bahkan puluhan juta rupiah perbulan bagi pemiliknya. Banyak cara untuk mendapatkan penghasilan melalui sebuah blog. Untuk lebih jelasnya silahkan membaca postingan saya sebelumnya yang berjudul Mengintip bagaimana para Blogger bisa mendapatkan penghasilan dari internet.

 

Potensi blog untuk generasi muda : Sebagai ajang kreativitas

Bagi anda yang hobi menulis, sebuah blog bisa menjadi media bagi anda untuk menyalurkan kreativitas anda dalam menulis melalui postingan-postingannya. Anda bisa berbagi informasi, cerita, bahkan bisa menyampaikan pesan tertentu kepada audience. Di sisi lain, tali silaturahmi juga bisa anda jalin dari aktivitas blogging tersebut.

Itulah beberapa potensi dari sebuah blog yang bisa anda manfaatkan. Sebagai generasi muda, tentunya perlu untuk mengoptimalkan setiap peluang yang ada guna meraih masa depan yang cerah.

Sebelum saya tutup, saya ingin merekomendasikan salah satu penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia yaitu DewaWeb. Jadi, jika kamu tertarik untuk membuat sebuah blog, tidak ada salahnya untuk mencoba layanan hosting dari perusahaan tersebut karena sudah memiliki reputasi yang baik di kalangan Blogger Indonesia, Ok,!!.

Semangat belajar dan semoga sukses.

4 COMMENTS

    • Heheeee, emang kedengerannya begitu ya bro? wkwkwkw.
      Btw, ikutan juga nih bikin postingan mengenai potensi blog untuk generasi muda? saya tunggu di pageone ya (hihihhh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here