Pengertian tax amnesty Indonesia serta dampaknya bagi Blogger

2
185

pengertian tax amnesty indonesia

Saya yakin belum semua Blogger paham betul dengan pengertian tax amnesty Indonesia yang akhir-akhir ini semakin rame diperbincangkan. Bahkan beredar kabar bahwa program ini akan semakin menyudutkan para pelaku usaha kecil menengah dan masyarakat golongan menengah bawah yang merasa diuber-uber oleh pemerintah.

Lalu bagaimana dengan para Blogger? Bukankah mereka juga mendapatkan penghasilan dari Adsense maupun program afiliasi lainnya? Apakah mereka juga terdampak dari kebijakan program tax amnesty ini dan harus segera mengajukan tax amnesty ke instansi terkait? Hmm, mari kita review sejenak tentang maksud dan tujuan sebenarnya dari program Tax Amnesty ini.

 

Pengertian Tax Amnesty Indonesia

Website resmi dari dirjen pajak menjelaskan bahwa tax amnesty merupakan program pengampunan pemerintah atas para wajib pajak berupa penghapusan pajak yang seharusnya terutang, sanksi administrasi, dan sanksi pidana terkait perolehan harta selama tahun 2015 kemarin yang belum dilaporkan melalui SPT tahunan. Caranya yaitu dengan membayar uang tebusan dan seluruh tunggakan pajak.

Penjelasan tersebut menekankan bahwa program tax amnesty diperuntukkan bagi mereka yang belum melaporkan penghasilan secara rutin melalui SPT tahunan. Artinya, bagi anda yang sudah secara rutin melakukan pelaporan SPT tidak akan terdampak kebijakan ini. Lalu bagaimana dengan para Blogger? Baca terus penjelasan di bawah.

 

Target program tax amnesty

Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator bidang perekonomian pernah menjelaskan bahwa target dari program tax amnesty adalah para konglomerat dengan hartanya yang bejibun dan disimpan di luar negeri, serta belum dilaporkan. Tidak benar jika beredar issue bahwa program ini akan menjerat para pelaku usaha kecil menengah, petani, dan pemilik usaha rumahan lainnya.

Lebih jauh lagi dijelaskan bahwa program tax amnesty ini merupakan hak yang diberikan kepada seluruh wajib pajak (Bukan kewajiban ya), sehingga mereka bisa memperoleh keringanan berupa pembayaran denda atau tebusan dari 2%-10% atas penghasilan kena pajak maupun harta yang selama ini belum dilaporkannya. Mereka juga boleh tidak menggunakan hak tax amnesty ini, namun dengan catatan jika di kemudian hari dilakukan pemeriksaan terkait penghasilan dan harta yang seharusnya kena pajak, maka siap-siap saja membayar denda dengan rate normal sesuai undang-undang perpajakan yang tentu saja jauh di atas rate tax amnesty ini.

 

Harta yang tidak termasuk dalam objek tax amnesty

Ingin mengajukan tax amnesty namun belum tahu harta mana saja yang perlu dilaporkan? Baca dulu penjelasan terkait harta yang tidak termasuk sebagai objek tax amnesty dan tidak wajib dilaporkan.

  • Penghasilan dibawah PTKP
    Penghasilan Tidak Kena Pajak alias PTKP berada di angka 4,5 juta/bulan atau 54 juta per tahun. Jadi, jika anda memiliki penghasilan dibawah 4,5 juta per bulan (termasuk blogger misalnya), maka anda tidak perlu mengajukan tax amnesty karena rate penghasilan ada masih di bawah ambang penghasilan kena pajak.
  • Harta warisan
    Ada 2 kriteria terkait perolehan harta warisan yang tidak termasuk sebagai objek tax amnesty. Pertama adalah jika warisan tersebut diterima oleh mereka yang memiliki penghasilan di bawah PTKP, dan yang kedua jika harta warisan tersebut diterima oleh mereka dengan penghasilan di atas PTKP sesuai penjelasan Per-11/PJ/2016 ayat 2.
    Sebagai contoh : Si A adalah seorang pekerja yang memiliki penghasilan di bawah PTKP dan mendapatkan warisan berupa sebuah rumah di Indonesia dari ayahnya. Maka si A tidak perlu mengajukan tax amnesty atas perolehan warisan rumah yang diterimanya.
    Contoh lainnya, Si B adalah seorang karyawan dengan penghasilan di atas PTKP. Dia mendapatkan warisan sebuah Ruko dari ayahnya. Namun karena Ruko tersebut sudah dilaporkan oleh sang ayah dalam SPT tahunan tahun sebelumnya, maka si B juga tidak perlu mengajukan tax amnesty atas perolehan warisan tersebut.
  • Harta Hibah
    Sama dengan ketentuan harta warisan di atas, perolehan harta hibah juga di atur dalam Per-11/PJ/2016 ayat 3.

 

Kesimpulan tentang tax amnesty

Dari penjelasan yang sudah dipaparkan di atas, dapat ditarik kesimpulan mengenai program tax amnesty sebagai berikut ;

  • Tax amnesty adalah hak setiap wajib pajak untuk mendapatkan keringanan atas denda atau uang tebusan dari perolehan penghasilan dan harta kena pajak yang sebelumnya belum dilaporkan. Jadi sifatnya tidak Wajib.
  • Jika penghasilan anda masih di bawah PTKP (4,5 juta/bulan), anda tidak perlu mengajukan tax amnesty walaupun anda belum pernah melaporkan SPT tahunan sebelumnya. Hal ini dikarenakan penghasilan anda masih di bawah ambang batas Penghasilan Kena Pajak.
  • Jika anda memperoleh warisan atau hibah berupa rumah, uang, atau semacamnya, namun karena penghasilan anda masih di bawah PTKP maka anda pun tidak perlu mengajukan tax amnesty atas perolehan harta warisan atau hibah tersebut.
  • Jika anda memperoleh warisan atau hibah berupa rumah, uang, atau semacamnya dan penghasilan anda di atas PTKP, namun karena objek warisan atau hibah tersebut sudah dilaporkan oleh si pemberi dalam SPT tahun sebelumnya, maka anda pun tidak perlu mengajukan tax amnesty atas perolehan harta warisan dan hibah tersebut.

Nah, bagi anda para Blogger, jika penghasilan anda masih di bawah PTKP, maka anda pun tidak perlu mengajukan tax amnesty. Termasuk juga jika tidak sengaja mendapatkan warisan atau hibah berupa blog dari para suhu (heheee), maka ketentuannya sama dengan contoh di atas.

Demikian penjelasan singkat terkait pengertian tax amnesty Indonesia yang sempat mendapat issue negative di media sosial. Gak perlu khawatir dan silahkan dishare ke seluruh keluarga, teman, dan komunitas anda untuk mendapatkan pemahaman yang benar terkait program tax amnesty ini. Semoga bermanfaat.

2 COMMENTS

    • Pemerintah memberikan kesempatan warganya untuk memanfaatkan program tax Amnesty ini hingga Maret 2017. Setelah masa itu ya berlaku undang-undang perpajakan regular seperti biasanya, baik itu terkait pengenaan denda maupun besaran penalty nya. Pemerintah juga berhak jika di kemudian hari memberlakukan kembali program tax Amnesty jika dirasa diperlukan. Begitu ceritanya Bro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here