Panduan cara daftar paypal untuk pelaku bisnis online

7
156

panduan cara daftar paypal

Ingin memulai bisnis dan membutuhkan alat pembayaran online? segera daftar dan miliki akun paypal yang akan memudahkan anda dalam bertransaksi, baik untuk menerima pembayaran maupun melakukan pembayaran secara cepat dan aman.

Ikuti panduan cara daftar paypal berikut jika anda ingin membuka akun paypal sebagai alat pembayaran online anda.

 

Jenis akun paypal

Ada dua jenis akun di paypal yang bisa anda miliki, yang pertama adalah akun ‘Personal’ , ini cocok dengan anda yang suka berbelanja online di ratusan merchandise di seluruh dunia yang menyediakan transaksi pembayaran melalui paypal. Ada juga akun ‘Bisnis’, ini cocok bagi anda yang sedang atau ingin menjalankan bisnis online. Dengan akun bisnis, anda dapat menerima pembayaran dari bisnis yang anda geluti, serta bisa juga anda gunakan untuk melakukan pembayaran belanja online anda.

Karena saya mengundang anda untuk menjalankan bisnis online, kali ini saya akan menjelaskan cara membuka akun paypal tipe ‘Bisnis’ yang dapat anda gunakan untuk menerima pembayaran dari bisnis yang anda geluti.

 

Persiapan data

Sebelum melakukan registrasi akun paypal, pastikan anda menyiapkan beberapa data berikut untuk memperlancar proses pengisian form registrasi, di antaranya :

  • KTP
  • Alamat email
  • No HP
  • Alamat website (Tidak wajib)
  • Kartu kredit (Untuk Verifikasi akun)

 

Form pendaftaran akun paypal

Untuk memulai proses pendaftaran akun paypal, silahkan membuka browser anda dan menuju website resmi paypal di WWW.PAYPAL.COM

Klik pada tombol Sign Up atau Daftar pada pojok kanan atas di halaman web paypal, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

daftar paypal

Selanjutnya pilihlah akun paypal bisnis (sebelah kanan) agar anda bisa menggunakan akun paypal tersebut untuk menerima pembayaran dari bisnis online yang anda jalankan. Anda juga bisa menggunakan akun paypal bisnis ini untuk melakukan pembayaran online, seperti belanja online, pembayaran program afiliasi, dll.

daftar paypal bisnis

Masukkan alamat email sebagai rekening paypal anda. Ingat, alamat email ini merupakan rekening paypal anda (tidak menggunakan angka seperti nomor rekening bank, kartu kredit, dan lainnya). Untuk melakukan pembayaran maupun menerima pembayaran dengan paypal, anda harus memasukkan alamat ini ke depannya.

daftar paypal_alamat email

Selanjutnya, masukkan data pribadi anda seperti nama lengkap, alamat, no telpon/HP, dan nama bisnis. Anda bebas mengisi nama bisnis ini sesuai kemauan anda. Sebagai contoh anda bisa mengisinya dengan nama Budi Store, Andre Service, dll.

Pastikan nama dan alamat yang anda masukkan setidaknya harus sama dengan alamat di SIM atau alamat penagihan kartu kredit anda. Jangan lupa klik/centang pada kolom syarat dan ketentuan atau privacy policy sebelum melanjutkan.

daftar paypal_data pribadi

Isi detail dari bisnis anda. Silahkan diisi sesuai bisnis yang anda jalankan, atau anda bisa mengisinya sesuai keinginan anda. Pada kolom alamat website, anda bisa mengosongkannya jika memang tidak memiliki website. Klik continue untuk menyelesaikan proses registrasi.

daftar paypal_detail bisnis

 

Konfirmasi pendaftaran paypal

Periksa email dari paypal, dan lakukan konfirmasi dengan melakukan klik pada link yang disediakan untuk konfirmasi. Setelah konfirmasi, anda sudah bisa login ke akun paypal anda. Selamat, sekarang akaun paypal anda sudah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran maupun menerima pembayaran.

catatan : Status akun anda belum terverifikasi, hal ini menyebabkan ada batasan dalam melakukan transaksi, yaitu tidak boleh lebih dari $10.000 dalam sebulan. Di sisi lain, anda belum dapat melakukan penarikan dana paypal ke kartu kredit maupun rekening bank lokal anda. Silahkan melakukan verifikasi untuk menghilangkan batasan-batasan tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

 

Verifikasi akun paypal

Untuk melakukan verifikasi, silahkan login ke akun paypal anda dan klik pada link Get Verified seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

daftar paypal_verifikasi

Masukkan data kartu kredit yang akan digunakan untuk proses verifikasi (gambar saya blur karena berisi data kartu kredit saya, hehe..)

daftar paypal_data kartu kredit

Selanjutnya, kode verifikasi akan dikirimkan ke tagihan kartu kredit anda. Silahkan mengecek tagihan kartu kredit anda ke depan untuk mendapatkan kode verifikasi tersebut yang berupa 4 digit.

daftar paypal_kode credit card

Berikut adalah sample kode verifikasi yang tercetak pada tagihan kartu kredit saya. Untuk menggunakannya, silahkan login ke akun paypal dan klik pada link Get Verified.

daftar paypal_kode verifikasi

Masukkan kode verifikasi yang anda temukan di tagihan kartu kredit anda. Jika berhasil, maka akun paypal anda kini sudah  terverifikasi dan tidak ada limitasi dalam transaksi ke depannya, serta anda bisa melakukan penarikan dana dari paypal ke kartu kredit maupun rekening bank.

daftar paypal_confirm kode kartu kredit

daftar paypal_verified

Selamat, akun paypal anda sudah terverifikasi dan tidak ada limitasi lagi dalam penggunaan transaksi bisnis anda.

7 COMMENTS

  1. Trimks gan penjelasan sangat detail jadi.mudah di fahami
    Satu saya masih bingg untuk daftar di clickbank pada bagian isi affiliate nya,,,karena belum ada affiliate jadi gimana gan ,,,?

    • Sama-sama Gan, senang kalau bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Jangan lupa dishare ya, hehee. Btw, yang dimaksud memasukkan affiliate itu saat daftar clickbank atau daftar CBproads ya? Kalau daftar clickbank tinggal ikuti panduan di bagian videonya. Kalau daftar CBproads, ya harus daftar clickbank dulu supaya punya ID affiliate clickbank untuk dimasukkan ke akun CBproads. Demikian penjelasannya Gan, semoga bisa menjawab pertanyaan Agan

    • Biasanya sih verifikasinya pke Credit Card Gan. Bank Lokal hanya untuk withdrawal aja, meskipun seringnya saya withdrawal juga pke kartu kredit, hehee

  2. Mas saya punya akun paypal tpi blum terverivikasi karna saya tidak punya kartu kredit.soalnya klo mau bikin kartu kredit susah,apalagi gaji saya yang tidak seberapa.selain paypal apa ya mas yang kira2 gampang untuk proses verifikasinya dn bisa d gunakan untuk bisnis online,mohon bantuannya karna masih belajar!

    • Rata-rata payment processor sih memang perlu verifikasi by credit card seperti Neteller, Payza, Solid Trust Pay, termasuk Paypal. Jika tidak memiliki credit card, silahkan googling saja tentang VCC atau virtual credit card yg bisa anda gunakan untuk melakukan verivikasi paypal anda. Jika cari yang tidak perlu verifikasi credit card, silahkan menggunakan Fasapay atau Payoneer

  3. Ok trimakasih mas.kemarin saya juga dah lihat video anda tentang deposit fasapay,mau nanya lagi fasapay bisa juga untuk pembayaran ptc clixsense

LEAVE A REPLY