Menguak marketing strategy paling efektif di era digital marketing

0
462

marketing strategy paling efektif di era digital

Strategi pemasaran atau sering disebut marketing strategy merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pengembangan sebuah bisnis. Dan salah satu strategi pemasaran yang paling digemari oleh pelaku bisnis saat ini adalah digital marketing.

Lalu, apa sih bedanya antara sitem pemasaran konvensional dengan digital marketing? Apa yang membuat digital marketing lebih mudah mendapat ‘perhatian’ dan ‘respon’ dari masyarakat pengguna internet? Mari kita telusuri dengan seksama melalui beberapa penjelasan berikut.

 

Istilah Digital Marketing

Menurut penjelasan dari situs Wikipedia, digital marketing merupakan  proses pemasaran suatu produk atau jasa dengan menggunakan teknologi digital, utamanya melalui internet namun termasuk juga di dalamnya penggunaan mobile phone, pemasangan display banner, dan beberapa lainnya yang intinya menggunakan media digital. Beda dengan sistem pemasaran konvensional yang masih menggunakan media seperti brosur, pamphlet, dan sejenisnya.

Sadar atau tidak, sebenarnya beberapa metode digital marketing sangat erat kaitannya dengan aktivitas kita sebagai blogger atau pelaku bisnis afiliasi, diantaranya pengoptimalan search engine atau SEO, Aplikasi Google Adwords atau SEM, direct mailing, pemasangan banner afiliasi, hingga pembuatan video promosi. Bahkan aktivitas broadcast message seperti penggunaan BBM dan MMS pun termasuk ke dalam aktivitas digital marketing berbasis mobile phone.

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai 2 strategi digital marketing yang cukup efektif dalam mempromosikan bisnis kita, yakni melalui direct mail atau sering disebut email marketing dan juga melalui pembuatan video promosi atau video marketing.

 

Email Marketing

Dari namanya saja kita tentu paham bahwa kegiatan promosi yang satu ini kita lakukan menggunakan aplikasi email. Ya, dalam menawarkan sebuah produk atau program afiliasi kepada prospect, diperlukan proses follow up secara berulang. Suka tidak suka, pada kenyataannya memang banyak dari mereka ini (prospect) baru bisa menentukan untuk bergabung dalam program afiliasi tertentu, atau baru memutuskan untuk membeli produk tertentu setelah mendapat penjelasan dan pemahaman setidaknya 2-4 kali. Artinya, pengiriman email sebagai media follow up sangat penting perannya dalam bisnis afiliasi ini.

Selain hemat dari sisi biaya, penggunaan email marketing ini bisa dibilang cukup efektif. Mengapa? Karena mereka yang mengisikan alamat email dalam form newsletter atau subscriber di blog maupun website kita pada dasarnya memiliki ketertarikan terhadap program atau produk yang kita tawarkan. Artinya, kesempatan atau peluang untuk mendapatkan mitra bisnis baru maupun penjualan produk akan lebih besar karena kita memiliki prospect yang benar-benar tertarget. Beda halnya jika kita melakukan spamming melalui akun media social misalnya, audience kita bersifat ‘general’ dan belum tentu memiliki minat terhadap program maupun produk yang kita tawarkan.

Nah, untuk anda pemilik blog maupun website bisa menggunakan layanan email marketing dari salah satu email provider terbaik di market saat ini berdasarkan review dari situs ternama toptenreviews.com

best email marketing provider

Klik pada gambar untuk melakukan registrasi secara gratis,!!

Untuk akun FREE atau gratisan, anda diberi kuota sebesar 2000 contact list. Artinya selama jumlah subscriber pada akun anda tidak lebih dari 2000 alamat email yang terdaftar, anda bisa menggunakan layanan email marketing dari Benchmark Email secara Gratis.

Anda bisa memulai dengan memasang form subscriber list di blog anda sesuai design yang anda inginkan (contoh bisa anda lihat pada bagian Footer halaman ini). Dari data email inilah nantinya anda bisa menerapkan strategi email marketing dengan mengirimkan penawaran-penawaran program/produk afiliasi maupun follow up terhadap prospect anda. Anda juga bisa mengirimkan informasi terkait adanya postingan baru maupun promo-promo menarik dari produk yang anda tawarkan, yang tentunya bisa juga berimbas pada jumlah visitor blog atau website anda.

 

Video Marketing

Di era mobilisasi seperti saat ini, penggunaan gadget sebagai media berselancar maupun berbagi informasi melalui media social sangatlah viral. Lihat saja beberapa video menarik mulai dari video klip lagu dangdut, video bullying, hingga video unik dan lucu lainnya sangat mudah menyebar di kalangan netizen dan bahkan di antaranya sempat menjadi trending topic yang secara rutin diulas dalam beberapa acara TV nasional seperti Metrotv dan trans7.

Artinya, media visualisasi seperti video sangat mudah dicerna masyarakat dibandingkan tulisan pada koran maupun buku. Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan untuk anda pemilik bisnis untuk bisa mempromosikan produk maupun layanan dengan menggunakan teknologi visual seperti video.

Hal ini turut diperkuat dengan adanya fakta bahwa situs Youtube merupakan situs dengan peringkat ke-2 ter ramai di dunia dilihat dari jumlah pengunjungnya. Artinya peminat video ini sangat besar dan viral di masyarakat karena dengan video orang bisa lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan dibandingkan dengan penjelasan melalui sebuah artikel yang kebanyakan Njelimet, heheee.

Berikut sample dari video marketing yang saya buat untuk mempromosikan blog dan toko online saya.


Untuk detail dari penggunaan aplikasi video maker ini sudah pernah saya bahas dalam postingan sebelumnya dengan tajuk Cara membuat video promosi secara instan.

Nah, jika anda belum memanfaatkan teknologi digital marketing ini, silahkan segera mendaftar layanan gratis dari Benchmark Email serta buatlah video promosi untuk menggaet prospect anda. Jika anda memiliki pengalaman terkait penggunaan media digital marketing ini, atau ingin berbagi marketing strategy lainnya, jangan sungkan untuk membaginya dengan menuliskannya melalui komentar di bawah.

Selamat mencoba dan semoga sukses,…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here