Mengintip cara membuat artikel unggul dalam kontes SEO

3
60

cara membuat artikel unggul dalam kontes seo

Belum lama ini telah dilaksanakan kontes SEO oleh komunitas IAPD yang membuat para pesertanya makin getol mempelajari bagaimana cara membuat artikel yang digandrungi oleh mesin pencarian alias SEO Friendly.

Dalam kontes SEO kali ini, peserta diminta untuk membuat sebuah artikel dengan target keyword potensi blog untuk generasi muda. Tidak tanggung-tanggung, puluhan blogger dari beberapa niche ikut terlibat dalam kontes SEO kali ini untuk unjuk kebolehan dalam menyusun sebuah artikel yang SEO friendly. Uniknya, terjadi persaingan sengit saat blogger senior ‘diserbu’ oleh blogger pemula alias newbies dalam perebutan indeks tertinggi di mesin pencarian Google.

Lalu, siapakah pemenang dalam kontes SEO IAPD tersebut? Eiitt,.. sabar dikit gan. Kontes ini berlangsung dari tanggal 2 – 6 Mei 2016 untuk tenggat waktu publish artikel. Sementara pemenangnya baru akan diumumkan pada tanggal 20 Mei mendatang, dimana blog dengan artikel yang memuncaki klasemen dalam pencarian Google.co.id akan menjadi pemenangnya.

Yang akan saya share kali ini adalah bagaimana cara membuat artikel yang SEO friendly, artinya artikel tersebut akan memiliki ‘nilai’ yang baik di mata mesin pencarian seperti Google dan tentunya akan berimbas pada nangkringnya artikel tersebut di PageOne sesuai target keyword yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa poin penting untuk membuat sebuah artikel yang SEO friendly menurut kaca mata saya dan tentunya bisa anda jadikan sebagai salah satu referensi dalam membuat sebuah artikel, khususnya saat mengikuti sebuah kontes SEO :

 

Cara membuat artikel unggul : Penggunaan main keyword

Tidak bisa dipungkiri bahwa penempatan main keyword pada title atau judul sebuah artikel akan sangat mempengaruhi performa artikel tersebut dalam proses perayapan mesin pencarian, dimana mesin pencarian akan menyajikan sebuah artikel yang memiliki referensi terbaik dari keyword yang diketikkan oleh penggunanya. Pastikan untuk menyelipkan keyword pada beberapa area seperti title, first alinea, dan juga pada beberapa paragraph selanjutnya. Namun perlu diingat bahwa penempatan keyword yang terlalu banyak atau terlalu memaksakan akan dianggap spamming oleh mesin perayap dan justru akan memberikan efek negative.

 

Cara membuat artikel unggul : Panjang artikel dan relevansi

Pastikan untuk membuat sebuah artikel dengan panjang minimal 500 kata. Artikel yang berkualitas biasanya membahas suatu topik dengan sangat detail. Jadi, pastikan anda membuat artikel yang membahas suatu topik secara mendalam dan tentunya isinya harus berhubungan atau relevan dengan target keyword yang anda sasar.

 

Cara membuat artikel unggul : Penggunaan tag title dan meta description

Tag title dan meta description merupakan ‘wajah’ artikel anda di mata search engine dan pembaca. Pastikan mengisi tag title dan meta description semenarik mungkin agar orang tertarik untuk membaca artikel anda. Jangan lupa menyisipkan main keyword anda pada kedua bagian ini. Untuk pengguna WordPress, pengaturan tag title dan meta description bisa dipercayakan pada penggunaan plugin All in One SEO.

Sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang perlu anda perhatikan dalam membuat sebuah artikel yang SEO friendly agar bisa bersaing dalam sebuah kontes SEO. Dan informasi tersebut bisa anda pelajari dalam postingan sebelumnya yang bertajuk 10 langkah membuat konten berkualitas yang disukai pembaca dan google.

Ok, merujuk pada pelaksanaan kontes SEO IAPD yang tengah berlangsung, sebenarnya saya juga ikut berpartisipasi di dalamnya. Untuk mengetahui artikel saya dan trik-trik yang saya gunakan, silahkan googling dan masukkan keyword ‘potensi blog untuk generasi muda yang aktif dan kreatif’. Jangan lupa untuk meninggalkan feedback melalui kolom komentar di bawah ini ya.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here