Mengintip cara Blogger menghasilkan uang dari internet

0
126

cara blogger menghasilkan uang dari internet

Kali ini kita akan mempelajari bagaimana para Blogger bisa menghasilkan uang dari internet, atau lebih tepatnya bagaimana blog mereka bisa menjadi mesin pencetak uang dengan angka yang cukup fantastis.

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, bahkan ada blog yang bisa mendatangkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah per bulan bagi pemiliknya. Lalu dari mana blog tersebut bisa mendatangkan penghasilan sebesar itu? Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar sebuah blog bisa menghasilkan uang sebanyak itu? Simak beberapa penjelasan berikut.

 

Konsep dasar menghasilkan uang di internet

Perlu diketahui bahwa sumber penghasilan terbesar dalam bisnis di internet berasal dari Program Afiliasi dan Adsense. Untuk meraihnya, anda perlu menyiapkan pondasi utama dalam bisnis tersebut yaitu sebuah blog dan program afiliasi.

cara kerja bisnis online

Dengan blog anda bisa menempatkan beberapa link Adsense di dalamnya dan menghasilkan uang setiap kali ada pengunjung yang mengunjungi blog  dan atau melakukan klik pada link tersebut. Anda juga bisa menempatkan beberapa produk afiliasi, attract pengunjung untuk membeli produk tersebut, dan sebagai hasilnya anda akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan. Di sisi lain, anda juga bisa menjual produk anda sendiri dan mempromosikannya melalui blog tersebut.

 

Mindset tentang Ngeblog

Banyak orang sekedar ikut-ikutan membuat blog dan berharap untuk segera menghasilkan uang secara instan. Bukan hal yang mustahil, namun umumnya untuk menghasilkan uang dari sebuah blog membutuhkan waktu yang relative antara 3-12 bulan. Dibutuhkan konsistensi dalam mengembangkan sebuah blog, mulai dari menulis artikel secara rutin, mempromosikan blog, hingga nantinya bisa mendapatkan pengunjung yang cukup.

Ingat, dalam bisnis di internet More Traffic = More Sales Opportunity. Artinya, semakin banyak pengunjung yang mendatangi blog anda, semakin besar pula potensi untuk menghasilkan uang baik dari penjualan produk afiliasi maupun dari klik Adsense atau iklan.

 

Memasang kode Adsense pada blog

Bagi anda pemilik blog, tentunya kata Adsense sudah tidak asing lagi. Ya, umumnya para blogger memasang kode Adsense sebagai salah satu cara memonetize blog mereka. Banyak sekali penyedia layanan Adsense yang bisa dipilih, namun yang paling dinanti dan diharapkan oleh pemilik blog adalah program Adsense dari Google atau sering disebut Google Adsense.

Inti dari pemasangan Adsense adalah kita menjual space dari halaman blog kita untuk diisi dengan iklan. Sebagai kompensasinya, kita akan mendapatkan uang dengan kisaran $0,05 – $2 untuk setiap klik yang terjadi pada iklan tersebut.

Saat pengunjung melakukan klik pada iklan, mereka akan diarahkan ke halaman web sponsor. Tidak peduli apakah pengunjung nantinya akan membeli produk atau layanan jasa pada web sponsor, kita akan tetap dibayar untuk setiap klik yang dihasilkan. Itulah mengapa kita perlu mengembangkan konten blog dan menarik banyak pengunjung untuk meningkatkan potensi terjadinya klik iklan pada halaman blog. Sekali lagi, More Traffic = More Income Opportunity.

Bayangkan saja, jika sebuah blog memiliki 50.000 pengunjung setiap bulannya dengan rata-rata klik yang dihasilkan sebanyak 1.500 (CTR = 3%), maka potensi penghasilan bisa jadi 1.500 x $0.3 (rata2 PPC) = $450 x Rp 13.000 = Rp 5.850.000,-

Lumayan bukan? Bagaimana jika jumlah pengunjung lebih besar dari 50.000/bulan, CTR nya lebih besar dari 3%, dan rata2 PPC nya lebih besar dari $0,3? Pastinya potensi penghasilan akan lebih besar lagi. Apakah anda tertarik membuat Blog? Silahkan baca artikel yang satu ini PANDUAN MEMBUAT BLOG WORDPRESS

 

Bergabung dengan Program Afiliasi

Cara lain untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan mempromosikan produk afiliasi. Banyak sekali program afiliasi di market yang bisa anda pilih, tentunya sesuaikan dengan theme atau niche blog anda. Sebagai contoh jika blog anda bertemakan tips kesehatan, maka promosikan produk kesehatan seperti PRODUK AZARIA ini, bukannya mempromosikan produk HOSTING HOSTGATOR.

Beberapa program afiliasi menawarkan komisi yang fantastis hingga 75% dari harga produk, salah satunya adalah program afiliasi dari CLICKBANK. Banyak sekali produk yang bisa anda tawarkan di CLICKBANK, mulai dari produk kesehatan, marketing, sport, software, dll.

Bayangkan saja jika anda berhasil menjual produk CLICKBANK seharga $35, maka komisi yang akan anda terima sebesar $35 x 75% = $26,25 x Rp 13.000,- = Rp 341.250,- , Wow,…..

Tapi perlu diingat, dalam mempromosikan produk afiliasi ini anda HANYA akan dibayar jika terjadi penjualan produk. Tak perduli berapa banyak klik yang dihasilkan atau berapa banyak pengunjung yang anda arahkan ke website vendor, selama mereka tidak membeli produk afiliasi tersebut, anda tidak akan mendapatkan penghasilan.

 

Menjual produk sendiri

Satu lagi cara menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjual produk anda sendiri. Dengan menjual produk anda sendiri, maka semua profit hasil penjualan menjadi milik anda. Untuk anda pemilik produk baik digital maupun konvensional, promosikan produk anda dengan membuat artikel yang berisi detail produk tersebut dan attract pengunjung untuk membelinya.

Sebagai contoh saya mempromosikan produk digital berupa panduan membuat blog wordpress yang bisa anda lihat melalui link ini PROFIT 100% MEMBUAT BLOG WORDPRESS DENGAN PLR.

Hasil penjualan produk tersebut 100% akan menjadi profit saya. Begitu juga jika anda bermaksud menjual produk anda seperti Ebook, Software, Gadget, maupun produk Fashion seperti Baju, Sepatu, dll, promosikan produk tersebut melalui blog anda.

 

Demikian ulasan singkat mengenai bagaimana seorang Blogger bisa menghasilkan uang dari internet atau blog mereka. Punya informasi atau pengalaman terkait menghasilkan uang dari Blog? Silahkan dishare melalui kotak komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here