Mengenal sistem Dropship, Dropshipping, dan Dropshipper

0
111

mengenal sistem dropship, dropshipping, dropshipper

Pertumbuhan bisnis online di Indonesia semakin menggeliat dalam beberapa tahun terakhir sejak hadirnya bisnis E-commerce hingga maraknya sistem Dropship atau Dropshipper yang ditawarkan para pemilik usaha. Beberapa pengusaha menyediakan sistem Dropship ini sebagai jawaban atas banyaknya ‘peminat’ bisnis  yang memiliki kesulitan dalam hal permodalan, penyediaan barang, serta pengadaan warehouse untuk menyimpan produk mereka.

Lalu, bagaimana sistem dropship ini bekerja? Apa saja keunggulan sistem dropship ini dibandingkan dengan model bisnis lainnya? Hal inilah yang akan kita pelajari dalam postingan kali ini.

 

Istilah Dropship

Pada dasarnya, sistem dropship memungkinkan kita untuk menjual produk ‘Orang lain’ tanpa harus melakukan stock maupun mengurus proses ekspedisi atau pengiriman produk ke pembeli. Dengan demikian, biaya atau modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini relative kecil.

Jika anda pemilik akun social media seperti Facebook, Google Plus, Twitter, Instagram, dan beberapa lainnya, pastinya sering mendapati iklan atau promosi yang dilakukan oleh banyak pemilik akun di sana. Ada yang menawarkan pakaian, produk kesehatan, gadget, hingga perlengkapan rumah tangga lainnya lengkap dengan foto produk dan harganya.

Apakah anda berfikir bahwa semua produk tersebut diproduksi, di stok, dan disimpan dirumah mereka? Mungkin iya, namun hanya sebagian kecil karena pada dasarnya mereka sedang menjalankan bisnis dengan sistem Dropship atau Dropshipping.

 

Cara kerja sistem Dropship atau Dropshipping

Dalam prosesnya, kita bebas memilih dan menawarkan berbagai produk yang disediakan oleh penyedia layanan dropship atau dropshipping (bisa Perusahaan maupun Perorangan). Tugas kita adalah mempromosikan dan menjual produk tersebut ke pelanggan dengan range harga yang telah ditentukan sebelumnya. Jika terjadi pemesanan, kita akan mendapatkan pembayaran dari pemesan untuk selanjutnya bisa kita teruskan ke penyedia layanan Dropship.

Enaknya, kita hanya membayar dengan harga member atau retailer sehingga selisih harga dari pembeli tadi akan menjadi profit kita. Lebih jauh lagi, semua proses packing dan pengiriman produk akan dihandle oleh mereka dengan mencantumkan data kita sebagai pengirim. Data nomor resi pengiriman akan diinformasikan ke kita jika pesanan kita telah diproses oleh pihak ekspedisi untuk selanjutnya bisa kita informasikan juga ke pembeli tadi untuk memantau progress pengiriman produk yang mereka pesan.

 

Penyedia layanan Dropship

Jika anda berminat untuk menjalankan bisnis online dengan sistem Dropship, anda tinggal mencarinya di Google. Banyak penyedia layanan Dropship yang bisa anda temukan melalui mesin pencarian Google, diantaranya adalah CakNing.com dan Supplier.id

Perlu dipahami bahwa dengan sistem Dropship ini Pelanggan hanya akan berhubungan langsung dengan anda. Kualitas layanan dari penyedia sistem Dropship atau Dropshipping akan merefleksikan kualitas pelayanan anda ke Pelanggan. Dengan demikian, perhatian penuh harus anda berikan dalam memilih layanan Dropship yang akan anda jalankan. Pelajari lebih lanjut tentang masing-masing penyedia layanan dropshipping sebelum anda memutuskan bergabung dan menjalankan bisnis tersebut.

 

Cara menjalankan bisnis Dropship atau Dropshipping

Umumnya, para penyedia layanan Dropship atau dropshipping mengharuskan anda untuk melakukan registrasi sebagai member sebelum bisa memasarkan produk mereka. Hal ini diperlukan agar mereka bisa dengan mudah memonitor setiap penjualan yang dihasilkan karena setiap member nantinya akan memiliki ID yang bisa digunakan sebagai media tracking.

Di sisi lain, mereka juga membutuhkan data diri anda mulai dari Nama, Alamat, Email, dan No telp sebagai media komunikasi atau sekedar memberikan info terupdate seputar perkembangan bisnis anda. Anda juga perlu memberikan data no rekening bank yang nantinya akan digunakan sebagai media pembayaran komisi atas penjualan maupun referensi yang berhasil anda lakukan.

Sebenarnya, anda bisa melakukan registrasi dengan Gratis untuk menjadi member di CakNing.com dan Supplier.id. Namun dengan status free member, anda belum bisa menggunakan beberapa fitur optimalisasi (premium) yang disediakan di member area yang tentunya bisa menunjang anda dalam menjalankan bisnis Dropship ini.

Untuk mendapatkan fitur Premium di kedua layanan tersebut (CakNing.com dan Supplier.id), anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 100.000 rupiah saja.

 

Kemudahan menjalankan bisnis Dropship

Seperti yang telah disampaikan dalam beberapa uraian di atas, banyak sekali kemudahan yang bisa anda dapatkan dalam menjalankan bisnis dengan sistem Dropship atau Dropshipping, diantaranya :

  • Tidak perlu stock produk
  • Tidak perlu packing
  • Tidak perlu urusin ekspedisi
  • Bisa dijalankan dengan Gratis (kecuali ingin upgrade membership)
  • Keuntungan langsung (selisih harga regular dengan harga member/retailer)
  • Tidak perlu membuat website atau online shop (disediakan website replika untuk member premium)
  • Promosi mudah dilakukan (dengan media social seperti yang banyak kita temui)
  • Bonus referensi jika mempromosikan orang lain untuk bergabung melalui link referral kita
  • Resiko kecil

Demikian ulasan singkat mengenai model bisnis Dropship atau Dropshipping yang sedang marak dibicarakan di media. Jika anda memiliki pertanyan seputar bisnis Dropship atau sekedar ingin berbagi pengalaman terkait bisnis Dropship yang sedang anda jalankan, jangan sungkan untuk menuliskannya dalam kolom komentar di bawah.

Atau bagi anda yang ingin mencoba bisnis Dropship di CakNing.com dan Supplier.id, silahkan melakukan registrasi melalui kedua link berikut :

daftar cakning daftar supplier.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here