Mengenal Polisi Online dan modus penipuan online terbaru

2
533

polisi online dan modus penipuan online terbaru

Bagi anda yang suka melakukan transaksi jual beli online, alangkah baiknya jika mengetahui apa itu Polisi Online dan waspada terhadap beberapa modus penipuan online yang makin meresahkan.

Bagaimana tidak, hampir tiap hari ada saja korban yang melaporkan kasus penipuan ini. Bukan hanya pembeli saja yang menjadi korban, namun beberapa penjual juga pernah merasakan ‘kenakalan’ oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab ini.

Seperti yang pernah saya alami sendiri, dimana saya adalah pemilik toko online (parfummewah.com) yang menyediakan Parfum Original Eropa dengan merk dagang Federico Mahora (FM).

Saya pernah membuat postingan terkait kasus penipuan tersebut yang bisa anda jadikan referensi dalam melakukan transaksi jual beli online, khususnya untuk anda para penjual. Anda bisa membacanya melalui link berikut Modus penipuan dengan struk palsu.

Modus penipuan online dan pencegahannya

Dihimpun dari berbagai forum yang beredar di internet, berikut beberapa modus penipuan yang kerap kali dilakukan oleh para pelaku beserta tips pencegahannya.

Menjual dengan harga miring atau di bawah pasaran

Bagi anda yang ingin membeli sesuatu secara online, sudah sewajarnya melakukan komparasi harga dari penjual satu dengan lainnya, betul?. Tak jarang kita menemukan penjual yang berani mematok harga jauh di bawah rata-rata.

Sebagai contoh jika harga di pasaran sekitar 6 – 8 juta rupiah, maka para pedagang ‘nakal’ ini berani mematok harga hingga di bawah 2 juta rupiah.

modus penipuan online harga tidak wajar

Dari gambar di atas kita bisa melihat 2 penjual (dalam kotak orange) yang memiliki potensi untuk melakukan kecurangan. Kesimpulannya, abaikan saja penjual ini dan jangan sampai tergiur dengan harga yang ditawarkan terlepas itu ‘katanya’ barang BM atau lagi butuh duit. Nalar anda sebagai orang normal harusnya memahami akal-akalan ini, kecuali anda sudah ‘kesirep’ heheeee.

Menawarkan pembayaran langsung ke rekening pribadi

Sebenarnya, penyedia layanan jual beli online atau e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak dan sejenisnya sudah membuat system pembayaran yang aman bagi penggunanya.

Semua transaksi akan diarahkan ke rekening merchant hingga nantinya bisa diteruskan ke penjual jika barang sudah benar-benar diterima oleh pembeli (melalui fitur konfirmasi penerimaan barang).

tips belanja aman tokopedia

Sayangnya, masih banyak dari pembeli yang terpancing untuk melakukan transaksi langsung melalui rekening penjual hanya karena diiming-imingi harga yang lebih murah. Kalau sudah begini, maka pihak merchant tidak bertanggung jawab lagi jika dikemudian hari terjadi tindak penipuan atas transaksi yang telah terjadi.

Jadi, usahakan melakukan transaksi melalui rekening merchant yang sudah ditentukan untuk menghindari kasus seperti ini.

Mengirimkan bukti transfer palsu

Untuk modus penipuan online yang satu ini kerap kali menerpa pihak penjual. Bagi anda yang menjual produk-produk secara online baik melalui media social, BBM, toko online, dan sejenisnya sudah sepatutnya mewaspadai modus yang satu ini.

Dari hasil penelusuran di internet, para pelaku sering menggunakan struk bukti transfer palsu untuk mengecoh pihak penjual. Sayangnya, banyak penjual mudah menaruh kepercayaan hanya dengan menerima foto bukti transfer baik melalui BBM, WA, dan sejenisnya.

Padahal, di era digital seperti sekarang ini sangat mudah sekali membuat bukti struk transfer palsu layaknya hasil print out asli dari mesin ATM.

Cara termudah untuk menghindari modus penipuan ini adalah dengan memanfaatkan fitur atau layanan mobile banking yang ditawarkan oleh beberapa instansi bank seperti BCA dan Mandiri.

Ya, kita bisa melakukan pemeriksaan mutasi rekening secara real time melalui ponsel kita. Pastikan pembayaran dari klien sudah benar-benar masuk ke rekening kita sebelum melakukan proses pengiriman barang.

Jadi, meskipun foto bukti struk transaksi sudah kita terima, tapi kalau dana belum masuk ke rekening kita ya kita pending dulu karena kita belum tahu pasti apakah foto struk tersebut asli atau palsu.

Mengenal Polisi Online

Bagi pemilik toko online, nama polisi online mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, polisi online merupakan situs yang secara khusus melakukan verifikasi terkait keberadaan dan kevalidan sebuah toko online yang ada di market.

Mereka memberikan sertifikasi kepada toko online dan memberikan jaminan pengembalian uang jika ada yang tertipu saat bertransaksi dengan toko online tersebut.

toko online terverifikasi polisi online

Artinya, jika sebuah toko online sudah memiliki sertifikasi dari Polisi Online (berupa widget yang dipasang di halaman toko online tersebut), maka anda sebagai konsumen bisa berbelanja dengan aman di situs tersebut.

Bagi pemilik toko online, status tersebut akan membantu mereka bersaing dengan situs e-commerce ternama seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan sejenisnya dalam hal keamanan bertransaksi.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here