Mengenal Google Adwords dan cara membuat iklan bisnis

0
240

mengenal google adwords dan cara membuat iklan bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pemilihan media promosi yang tepat sangat diperlukan untuk bisa berkompetisi dengan pelaku bisnis lain dan salah satu yang populer yakni menggunakan Google Adwords untuk membuat iklan bisnis anda. Seperti kita ketahui bahwa Google merupakan salah satu hal paling populer di internet. Google telah mendominasi mesin pencarian atau search engine, dan menurut sebuah studi akhir-akhir ini lebih dari 70% klik ke halaman website dihasilkan dari mesin pencarian Google .

Dengan dominasi pasar yang dimiliki, Google menyediakan layanan iklan berbayar dengan sistem pay per click atau PPC yang dinamakan Google Adwords. Untuk lebih jelasnya, tetap membaca uraian yang akan saya sampaikan dalam beberapa paragraf di bawah.

 

Apa itu Google Adwords?

Menurut situs Wikipedia, Google Adwords merupakan produk periklanan yang disediakan oleh Google dan sampai saat ini masih menjadi penyumbang terbesar pemasukan Google dari sektor periklanan. Google Adwords mengandalkan mesin pencarian Google sebagai basis pemasarannya.

Jika kita membuka browser di internet dan mencari sesuatu melalui mesin pencarian Google, maka kita akan melihat beberapa area yang mengandung ‘link sponsor’ di bagian atas dan kanan layar. Inilah yang kemudian disebut iklan Adwords. Situs kita akan ditampilkan di area ini jika kita membayar ke Google sesuai dengan keyword atau kata kunci yang kita ajukan saat membuat unit iklan.

Berikut adalah contoh penampakan iklan Adwords dengan kata kunci ‘bisnis online’. Link website seseorang yang membayar dengan kata kunci tersebut akan ditampilkan pada area yang saya beri garis warna orange.

GOOGLE ADWORDS

 

Sistem Bidding atau penawaran di Google Adwords

Pengguna layanan di sini bisa melakukan penawaran terhadap keyword atau kata kunci yang akan digunakan dalam beriklan. Sebagai contoh saat saya menggunakan kata kunci ‘parfum original murah’ untuk mempromosikan toko online saya (parfummewah.com), saya bebas menentukan berapa biaya yang harus saya bayar untuk setiap klik yang dihasilkan menuju situs tersebut.

Besarnya biaya penawaran  tentunya akan menentukan posisi dari penempatan iklan kita di Google Adwords. Biasanya, penawar tertinggi bisa menempati tempat teratas di halaman pencariaan seperti gambar di atas, dimana posisi ini akan berpengaruh terhadap tingkat click thru rate (ratio iklan mendapatkan klik). Jika angka penawaran atau bidding anda rendah, bisa jadi iklan anda akan ditampilkan di bagian bawah halaman atau bahkan akan ditampilkan di halaman 2,3, dan seterusnya.

 

Cara menggunakan Google Adwords

Untuk bisa menggunakan Google Adwords sebagai media promosi bisnis anda, silahkan membaca pedoman dan persyaratannya melalui situs Google. Berikut beberapa garis besar tahapan dalam menggunakan layanan iklan di Google Adwords :

Langkah pertama adalah membuat akun. Silahkan mengikuti panduan yang disediakan oleh Google untuk menyelesaikan proses registrasi Google Adwords.

Langkah selanjutnya adalah membuat campaign. Isi data campaign sesuai dengan yang anda inginkan, mulai dari nama campaign, target pengunjung, target Bahasa pengunjung, biaya per klik iklan, hingga budget harian untuk iklan yang anda buat.

setting campaign google adwords

setting campaign google adwords lanjutan

Lanjutkan dengan setting ‘Ad group’ dan detail iklan anda. Isi judul iklan, deskripsi, dan link url menuju website yang anda promosikan. Anda bisa melihat tampilan iklan anda di sebelah kanan halaman. Lakukan pengaturan sesuai kebutuhan anda.

setting ad group google adwords

Pilih keyword yang akan anda gunakan untuk menampilkan iklan anda di mesin pencarian Google. Anda bisa menulis sendiri atau memilih dari beberapa keyword yang disediakan (sebelah kanan).

pilih keyword google adwords

Tentukan bidding atau besaran biaya maksimal per klik dari keyword yang anda pilih tadi. Ingat, sesuaikan dengan budget yang anda miliki ya, jangan sampai kebobolan heheeee

menentukan bidding keyword google adwords

 

Proses pembayaran Google Adwords

Ini adalah salah satu keuntungan beriklan menggunakan Google Adwords. Iklan anda akan ditampilkan terlebih dahulu sebelum proses pembayaran. Anda baru akan mendapat tagihan pada bulan berikutnya atau setelah iklan anda mendapat klik dan mencapai jumlah tagihan tertentu. Dengan kata lain kita bisa ngutang dulu untuk beriklan, syukur-syukur profit hasil beriklan bisa kita gunakan untuk membayar tagihan nantinya. Enak kan?

O ya, untuk bisa menampilkan iklan anda di Google Adwords, sebelumnya anda akan diminta untuk mengisi detail profil pembayaran anda seperti nomor kartu kredit. Ke depannya, tagihan akan secara otomatis akan dikreditkan ke kartu tersebut. Jangan kaget bila di kemudian hari anda menemukan tagihan kartu kredit dari Google Adwords.

setting pembayaran google adwords

 

Demikian ulasan singkat mengenai cara membuat iklan menggunakan Google Adwords. Dengan jangkauan yang luas dan target yang jelas, potensi untuk mengembangkan bisnis maupun meningkatkan penjualan produk anda akan semakin besar. Selamat mencoba dan semoga sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here