Membongkar Asuransi CAR 3i Network yang berkedok tabungan

12
8916

membongkar asuransi CAR 3i network yang berkedok tabungan

Review lengkap asuransi CAR 3i Network ini saya buat dengan maksud agar masyarakat bisa mengetahui fakta sebenarnya tentang program ini. Banyak sekali berita simpang siur yang beredar di internet, ada yang bilang bahwa ini sejenis money game, investasi bodong, MLM, dan ada juga yang bilang bahwa ini adalah program asuransi dan tabungan cerdas.

Tidak sepenuhnya salah. Dari hasil pemantauan program ini sejak awal tahun lalu, saya akhirnya mendapatkan gambaran dan informasi yang jelas dan cukup detail. Saya telah menyambangi berbagai blog dan website yang mengulas program ini. Video di youtube pun tak luput dari pemantauan saya. Pernah juga melakukan chat dengan beberapa orang yang menawarkan program ini.

Dulunya saya agak malas membahas dan mencari informasi lebih jauh terkait program CAR 3i network ini, salah satu penyebabnya adalah gambaran operasionalnya yang sebagian besar masih dijalankan secara manual. Mulai dari proses registrasi, pengisian form ini, pengisian form itu, kirim surat ini, dan kirim surat itu. Melihat itu saja, saya langsung berfikir bahwa bisnis ini akan sulit berkembang karena saat ini adalah eranya serba digital. Jadi hal-hal yang masih bersifat konvensional seperti itu pastinya akan menghambat pertumbuhan bisnis yang satu ini. Hingga waktu yang ditunggu-tunggu datang, tepatnya sekitar pertengahan Juni yang lalu. Perusahaan berfikir keras untuk kemajuan bisnis ini kedepannya, yakni dengan meluncurkan aplikasi berbasis Android untuk kemudahan proses pengembangan jaringannya. Saya pun masih menunggu hingga beberapa bulan untuk memastikan sistem yang baru ini berjalan dengan baik.

Tentang Perusahaan CAR 3i Network

CAR atau Central Asia Raya merupakan anak perusahaan dari salah satu perusahaan asuransi ternama ACA (Asuransi Central Asia). Sementara ACA dimiliki oleh Salim Group, pemilik saham Indofood, Wings, BCA, Pepsi Cola, Indomart dan beberapa lainnya.

3i Network sendiri merupakan produk Asuransi CARlink Pro dengan jenis investasi CARlink Pro Mixed, dimana sebagian besar pembayaran preminya berupa investasi unit link. Karena porsi investasinya tinggi, maka banyak yang menganggap program Asuransi ini semacam tabungan. Ya, jika dihitung-hitung memang di akhir masa pembayaran premi selama 5 tahun, nilai investasi kemungkinan akan sama dengan total nilai tabungan (premi x 60 bulan).

Namun perlu diketahui bahwa jika di tengah jalan anda ingin mengambil dana tersebut (dan ini bisa), maka nilai investasi kemungkinan lebih kecil dari total premi yang sudah pernah anda bayarkan. Kenapa demikian? Karena setiap pembayaran premi ‘TIDAK’ 100% masuk sebagai dana investasi. Namun ada yang namanya biaya akuisisi seperti layaknya produk asuransi lainnya. Berikut besaran biaya akuisisi tersebut.

3i network perhitungan biaya akuisisi

Sebagai contoh jika anda ambil premi yang 350 ribu/bulan, maka di tahun pertama nilai investasi anda bukan 350 ribu x 12 = Rp 4.200.000,- MELAINKAN :

350 ribu x 12 x 40% (porsi investasi) = Rp 1.680.000,- DITAMBAH pertumbuhan nilai

Begitu juga di tahun ke-dua dan seterusnya, porsi investasi akan semakin besar. Dan sampai tahun ke-lima, dana investasi anda akan memiliki nilai hampir sama dengan jumlah premi x 60 bulan karena sudah mengalami pertumbuhan nilai investasi. Inilah kemudian ada yang menganggap bahwa ikut asuransi ini layaknya nabung selama 5 tahun + mendapatkan asuransi jiwa + potensi income.

Mengenai detail potensi income, anda bisa membacanya nanti. Makanya terus baca ulasan ini.

Uniknya, penawaran produk asuransi 3i network ini dilakukan dengan sistem networking atau biasa dikenal dengan istilah MLM. Jangan panic dulu, anda mesti memahami apa itu yang dimaksud MLM karena hampir 80% orang gagal paham tentang arti MLM sebenarnya yang terlanjur ‘DIVONIS’ jelek oleh masyarakat karena makin banyaknya bisnis money game atau investasi bodong yang mengatasnamakan MLM. Pahami pengertian MLM yang sebenarnya melalui link berikut ‘Memahami Bisnis Multi Level Marketing’.

Fakta menunjukkan bahwa bisnis yang dipromosikan dengan sistem networking (MLM) lebih cepat berkembang dan sampai ke masyarakat. Namun dengan catatan, produk atau jasa yang ditawarkan memang harus memiliki kualitas bagus dan dibutuhkan masyarakat, seperti CAR 3i Network maupun FM Group.

Legalitas bisnis asuransi CAR 3i network

Salah satu factor paling penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan adalah masalah legalitas atau ijin usaha. Ada pun untuk lembaga keuangan seperti Bank dan Asuransi (termasuk CAR) ini diawasi dan diaudit oleh OJK. OJK akan melakukan pengawasan dan audit terhadap kinerja lembaga-lembaga keuangan ini. Jika terbukti merugikan nasabah, maka mereka berhak memberi teguran dan peringatan karena salah satu fungsi OJK adalah turut menjaga kestabilan ekonomi negara.

Nah, untuk CAR sendiri sudah masuk dalam pengawasan OJK dan terdaftar dalam AAJI atau Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. Belum lagi masih dalam naungan Salim Group yang terkenal Bonafit melalui berbagai bisnis yang dimilikinya seperti Indofood, BCA, Indomart, Pepsi Cola, dll. Pastinya dari segi finansial sangat terjamin.

Produk Asuransi CAR 3i Network

Ada pun produk utama yang ditawarkan dalam CAR 3i network ini adalah produk asuransi jiwa dan investasi berupa tabungan (unit link). Seperti program asuransi lainnya, ada premi yang bisa dipilih yakni 350 ribu/bulan atau 700 ribu/bulan (sebenarnya ada juga yang 1 juta, 3 juta, dll).

  • Premi 350 ribu/bulan, dibayarkan selama 5 tahun. Anda akan mendapatkan tabungan di akhir tahun ke-lima sebesar (kisaran) 21 juta rupiah (350 ribu x 60 bulan). Di sisi lain, anda akan mendapatkan manfaat berupa asuransi jiwa senilai 21 juta sampai umur anda 74 tahun. Ketika anda meninggal dunia, maka manfaat asuransi akan dibayarkan kepada ahli waris ditambah jumlah investasi yang terkumpul.
  • Premi 700 ribu/bulan, dibayarkan selama 5 tahun. Anda akan mendapatkan tabungan di akhir tahun ke-lima sebesar (kisaran) 42 juta rupiah (700 ribu x 60 bulan). Ketika anda meninggal dunia, maka manfaat asuransi akan dibayarkan kepada ahli waris (42 juta) ditambah jumlah investasi yang terkumpul.

Itulah dasar perhitunagn manfaat yang akan anda dapatkan ketika mengikuti program ini. Artinya, dana anda tidak akan hangus, tapi ditabung seperti deposito bank dengan jangka 5 tahun. Setelah itu bisa anda cairkan.

Bagaimana kalau setelah 5 tahun tidak anda ambil? Maka dana tersebut akan ikut diinvestasikan oleh Salim Group dan akan terus mengalami pengembangan yang luar biasa (pastinya lebih besar dari pengembangan deposito bank), bahkan ada yang mengilustrasikannya hingga mencapai milyaran rupiah ketika masa pensiun anda nanti tiba.

Peluang bisnis Asuransi CAR 3i Network

Setelah memahami manfaat dasar dari asuransi CAR 3i Network di atas, kini kita akan bahas mengenai peluang bisnis dari program ini. Ya, ada peluang bisnis yang luar biasa di sini. Karena sistemnya networking dan bisa ditawarkan oleh setiap nasabahnya, maka kita juga berkesempatan menawarkan produk ini ke masyarakat luas. Asal WNI, punya KTP, berumur 17 tahun ke atas, dan mampu membayar premi bulanan, maka mereka bisa kita ajak rame-rame menabung sekaligus mendapatkan asuransi dan investasi di CAR.

Konsep pengembangan atau rekrutmennya menggunakan jalur 3 kaki. Artinya, setiap orang hanya perlu menempatkan 3 nasabah baru di bawahnya. Artinya kita harus meletakkan nasabah ke-empat dan seterusnya dibawah jaringan mereka. Lebih jauh lagi, kita pun berkesempatan mendapatkan jaringan dari upline kita meski kita sendiri tidak menawarkan bisnis ini kepada orang lain (biasa disebut spill over).

Cara paling mudah untuk mengajak orang adalah menawarkan konsep menabung cerdas. Ya, dengan menabung di sini, mereka akan mendapatkan nilai lebih berupa asuransi jiwa dan investasi jangka panjang. Tidak main-main, jika dana tersebut tidak kita ambil selama berpuluh-puluh tahun misalnya, maka akan berpotensi menjadi Milyaran rupiah. Sangat cocok sebagai investasi dana masa pensiun nanti atau untuk menyiapkan dana pendidikan anak-anak kita. Belum lagi potensi penghasilan lainnya dari bonus perusahaan yang menggiurkan.

Potensi penghasilan dan bonus jaringan 3i network

Seperti halnya bisnis berbasis networking lainnya, kita akan mendapatkan bonus ketika berhasil mereferensikan orang atau berhasil mengembangkan jaringan kita. Semakin besar volume jaringan kita, semakin besar pula potensi bonus yang bisa kita dapatkan.

Uniknya, kita bukan mengajak orang untuk berperilaku konsumtif, namun mengajak mereka untuk menabung, plus mendapatkan manfaat asuransi dan investasi jangka panjang. Pastinya akan lebih mudah dibandingkan mengajak orang untuk membeli produk tertentu. Betul apa betul?

Cara seperti ini tidak akan anda temui jika anda menabung dibank, betul?. Sebanyak apa pun anda mengajak orang menabung di bank, anda tidak akan mendapat bonus.

Nah, berikut adalah ilustrasi perhitungan penghasilan jika kita berhasil mengembangkan jaringan kita.

Bonus Referensi

Bonus referensi diberikan kepada mereka yang mengajak nasabah baru bergabung dalam program 3i Network. Ya, dengan mengajak orang lain menabung, kita akan mendapat bonus referensi. Perhitungan sederhananya seperti ilustrasi berikut ini.

bonus referensi car 3i network

Bonus Elit

Bonus Elit diberikan ketika seseorang berhasil mereferensikan sejumlah nasabah baru dalam bulan berjalan. Besaran bonus dipengaruhi oleh volume premi nasional di bulan terkait, dikalikan dengan presentasi tertentu. Perhitungan sederhananya seperti ilustrasi di bawah.

bonus elit car 3i network

Bonus Posisi

Diberikan kepada Mitra Bisnis yang berhasil mencapai volume tertentu untuk setiap kaki (3 kaki). Besarnya bonus juga ditentukan oleh Volume Premi Nasional di bulan berjalan dikalikan denagn presentasi tertentu untuk masing-masing posisi. Ilustrasinya seperti pada gambar berikut.

bonus posisi car 3i network

Bonus Level

Bonus level inilah yang disinyalir bisa memberikan income yang cukup besar. Siapa yang bisa mengembangkan jaringannya dengan cukup seimbang di ketiga kakinya, maka potensi penghasilan dari bonus level ini akan semakin besar. Berikut table perhitungan bonus level ini.

bonus level car 3i network

Catatan : Anda tidak perlu pusing menghitung bonus-bonus di atas karena semua sudah dilakukan by system. Silahkan periksa pencapaian bonus yang anda dapatkan pada akun anda saat login. Semuanya ditampilkan dengan jelas di sana.

Perlu diingat bahwa perhitungan tutup buku bulanan terjadi pada tanggal 25. Jadi, jika anda mereferensikan nasabah pada tanggal 26 ke atas, maka akan masuk dalam perhitungan bulan berikutnya lagi.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak penjelasan dalam video berikut :

Update per 17 Januari 2017 : Berdasarkan info dari para Leader dan Sponsor saya melalui Group WA, member yang sudah mencapai level Team Agency ke atas WAJIB mengikuti ujian AAJI. Artinya, harus jadi Agen Asuransi CAR. Jika tidak, maka bonus akan dipending sampai lulus ujian. Jadi bisa dikatakan potensi income hanya untuk mereka yang jadi Agen Asuransi CAR. Hal ini sangat mempengaruhi minat calon nasabah yang menghubungi saya, sekaligus perubahan ini cukup mengganggu saya karena dari awal join saya tidak punya niat untuk menjadi Agen Asuransi (sebelumnya untuk mendapatkan income cukup menjadi nasabah dan mereferensikan).

Note : Untuk para Leader 3i-Networks, silahkan diklarifikasi jika informasi di atas kurang tepat atau tidak benar.

Aplikasi android untuk kemudahan administrasi

Untuk kemudahan administrasi seperti proses registrasi, pemantauan bonus, status jaringan, dan beberapa info lainnya, kini telah tersedia aplikasi CAR Mobiss dan SPAJ mobile. Anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store. Sementara hanya tersedia untuk pengguna Android, dan untuk IOS masih dalam tahap pengembangan.

aplikasi car mobiss dan spaj mobile android

Untuk bisa menggunakannya, anda harus terdaftar dulu menjadi nasabah. Hubungi orang yang mengajak anda atau juga bisa menghubungi saya untuk registrasi melalui kontak di bawah.

WA 08176050165
BBM 2B95B246
Fatkul

Proses registrasi melalui aplikasi CAR Mobiss dan Mobile SPAJ

Pastikan anda sudah menginstall aplikasi CAR Mobiss dan Mobile SPAJ di handphone Android anda.

  • Anda perlu membeli E-Starter kit (seharga 50 ribu) untuk mendapatkan No ID dan Kode akses untuk masuk ke aplikasi CAR Mobiss. Isi data pribadi anda termasuk upload foto identitas (KTP). Klik tombol DRAFT di pojok kanan atas untuk menyimpan data anda.
  • Minta Kode Agen dan Nomor Lisensi ke Sponsor untuk akses ke aplikasi Mobile SPAJ. Isi data pemegang polis dan ahli waris pada aplikasi SPAJ Mobile. Pastikan mengisi semua data dengan benar.
  • Pada menu DOKUMEN di sebelah kanan, download surat pernyataan dan print, kemudian isi dan tanda tangani. Scan atau foto form tersebut dan upload kembali.
  • Klik tombol DRAFT di pojok kanan atas untuk menyimpan data anda.
  • Data anda akan diperiksa oleh Sponsor dan disubmit ke kantor CAR.
  • Jika disetujui, anda akan mendapatkan VA atau virtual account (no rekening bank) untuk pembayaran premi pertama anda. Lakukan pembayaran dan simpan buktinya (kalau bisa yang ada bukti pembayarannya seperti via mobile banking atau internet banking).
  • Siapkan form surat pernyataan yang sudah anda print, isi, dan tanda tangani tadi termasuk foto copy KTP dan bukti/struk pembayaan premi pertama tadi untuk dikirim ke kantor CAR.
  • Jika data anda sudah diterima dengan baik, maka nomor polis anda akan dikeluarkan. Anda akan terdaftar dalam jaringan 3i network dan bisa mereferensikan orang lain untuk menjadi nasabah, termasuk mengakses semua fitur di aplikasi CAR Mobiss seperti bonus, jaringan, dll.

Berikut alamat Kantor Pusat untuk pengiriman dokumen surat pernyataan, foto copy KTP, dan bukti pembayaran premi pertama tadi :

PT CAR 3i Networks
Wisma Sejahtera Lt.4
Jl. S. Parman Kav. 75, Slipi
Jakarta Barat

Note : pastikan anda memiiki HP Android dan sudah menginstal 2 aplikasi tersebut sebelum mengajukan pendaftaran melalui saya. Ini penting agar anda nantinya mudah dalam melengkapi keperluan administrasi dan pemantauan jaringan anda. Kita cari cara tercepat dan paling efisien untuk mengembangkan bisnis ini, anda SIAP untuk sukses bersama Team saya?

Kesimpulan dari Review Bisnis CAR 3i Network

Perusahaan dari Salim Group yang terkenal bonafit, legalitas yang dikantongi, sistem networking yang fleksibel, serta potensi penghasilan yang luar biasa menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Karena prinsipnya adalah nabung selama 5 tahun, maka potensi income bagi mereka yang mereferensikan akan cukup terjaga, terlebih dengan sistem spill over yang memungkinkan nasabah yang pasif pun bisa mendapatkan bonus jaringan. Proses klaim yang cukup mudah juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka yang sudah mengenal dunia asuransi.

Key poin dari bisnis ini :

  • Investment : Ini adalah program investasi jangka panjang berupa tabungan selama 5 tahun. Setelah membayar premi selama 5 tahun, anda tidak perlu membayar lagi, sementara dana anda akan terus diinvestasikan oleh Salim Group (Kas, Deposito, Obligasi, Reksadana, Saham) jika tidak anda ambil. Belum lagi selama itu juga anda akan tetap mendapatkan perlindungan asuransi jiwa hingga umur anda 74 tahun (tidak akan anda dapatkan jika menabung di Bank).
  • Insurance : Anda mendapatkan perlindungan asuransi jiwa selama mengikuti program ini. Meskipun anda baru mengikutinya selama 2 bulan, jika meninggal tetap bisa dicairkan klaim asuransi jiwanya oleh ahli waris.
  • Income : Potensi penghasilan dengan mereferensikan program ini kepada calon nasabah juga sangat menjanjikan. Mengingat ini adalah program tabungan cerdas, pastinya akan lebih mudah dibandingkan mengajak orang membeli produk tertentu. Betul?

Jadi, sudah jelas bahwa CAR 3i Network bukan hanya sebatas bisnis tabung-menabung. Ada manfaat lain yang ditawarkan seperti penjelasan di atas. Anda mau menabung + mendapatkan asuransi + potensi penghasilan dari pertumbuhan jaringan anda? Atau ada pertanyaan yang masih terngiang di kepala anda? Segera hubungi orang yang mengajak anda atau bisa juga melalui saya :

WA 08176050165
BBM 2B95B246
Fatkul

Dan satu lagi yang gak kalah penting. Saya ingin membuat ini ‘Clear’ alias jelas. JANGAN lah anda mengikuti program ini karena iming-iming bonus atau income yang memang anda berpotensi untuk mendapatkannya. Bahkan saking semangatnya, ada yang bilang ‘Anda gak perlu kerja lagi jika ikut program ini’. Hmm, saya sama sekali gak setuju dengan pendapat tersebut.

Apa pun profesi atau pekerjaan anda saat ini, silahkan anda tekuni dan kembangkan. Ini adalah program proteksi masa TUA anda. Ini sangat cocok untuk anda yang ingin :

  • Menyiapkan tabungan masa pensiun.
  • Menyiapkan biaya pendidikan anak anda.
  • Mendapat cover asuransi Jiwa (hingga umur 74 tahun jika polis anda tidak anda tutup)

Saya harap anda paham dengan ulasan yang saya sampaikan dalam postingan ini. Silahkan anda renungkan rencana finansial anda di masa tua nanti. Anda lah orang yang paling bertanggung jawab terhadap masa depan anda sendiri. Wassalam.

12 COMMENTS

  1. saya mau tanya,klo seandainya saya ikut tabungan 350rb/bulan….setelah ikut 2 bulan saya meninggal,
    berapa yg akan keluarga saya dapatkan ???
    dan apakah Suami / anak saya akan mneruskan membayar tabungan itu ???

    • Dapat asuransi jiwa sebesar 21 juta + nilai investasi anda (350 ribu x 2 bulan x 40% (porsi investasi) = sekitar Rp21.280.000 dan pertanggungan anda selesai (asuransi closed – keluarga anda tidak perlu bayar premi lagi)

LEAVE A REPLY