Membongkar Asuransi CAR 3i Network yang berkedok tabungan

368
292487

Review lengkap asuransi CAR 3i Network ini saya buat dengan maksud agar masyarakat bisa mengetahui fakta sebenarnya tentang program ini.

Banyak sekali berita simpang siur yang beredar di internet, ada yang bilang bahwa ini sejenis money game, investasi bodong, MLM, dan ada juga yang bilang bahwa ini adalah program asuransi dan tabungan cerdas.

Tidak sepenuhnya salah. Dari hasil pemantauan program ini sejak awal tahun lalu, saya akhirnya mendapatkan gambaran dan informasi yang jelas dan cukup detail.

Saya telah menyambangi berbagai blog dan website yang mengulas program ini. Video di youtube pun tak luput dari pemantauan saya. Pernah juga melakukan chat dengan beberapa orang yang menawarkan program ini.

Dulunya saya agak malas membahas dan mencari informasi lebih jauh terkait program CAR 3i network ini, salah satu penyebabnya adalah gambaran operasionalnya yang sebagian besar masih dijalankan secara manual. Mulai dari proses registrasi, pengisian form ini, pengisian form itu, kirim surat ini, dan kirim surat itu.

Melihat itu saja, saya langsung berfikir bahwa bisnis ini akan sulit berkembang karena saat ini adalah eranya serba digital. Jadi hal-hal yang masih bersifat konvensional seperti itu pastinya akan menghambat pertumbuhan bisnis yang satu ini.

Hingga waktu yang ditunggu-tunggu datang, tepatnya sekitar pertengahan Juni yang lalu. Perusahaan berfikir keras untuk kemajuan bisnis ini kedepannya, yakni dengan meluncurkan aplikasi berbasis Android untuk kemudahan proses pengembangan jaringannya.

Saya pun masih menunggu hingga beberapa bulan untuk memastikan sistem yang baru ini berjalan dengan baik.

STOP,PENTING !!
Sebelum membaca lanjutannya, silahkan simak ulasan terbaru saya tentang CAR 3i Networks dengan judul : ‘5 Kecerobohan Nasabah Baru Asuransi CAR 3i Networks‘ yang mungkin akan merubah penilaian anda tentang program ini.

Baca juga : Alasan dan Cara saya menutup Polis Asuransi CAR 3i Networks

1Tentang Perusahaan CAR 3i Network

CAR atau Central Asia Raya merupakan anak perusahaan dari salah satu perusahaan asuransi ternama ACA (Asuransi Central Asia). Sementara ACA dimiliki oleh Salim Group, pemilik saham Indofood, Indomart dan beberapa lainnya.

3i Network sendiri merupakan produk Asuransi CARlink Pro dengan jenis investasi CARlink Pro Mixed, dimana sebagian besar pembayaran preminya berupa investasi unit link.

Karena porsi investasinya tinggi, maka banyak yang menganggap program Asuransi ini semacam tabungan.

Ya, jika dihitung-hitung memang di akhir masa pembayaran premi selama 5 tahun, nilai investasi kemungkinan akan sama dengan total nilai tabungan (premi x 60 bulan), itu jika prediksi pertumbuhan nilai unit link sesuai harapan.

Namun perlu diketahui bahwa jika di tengah jalan anda ingin mengambil dana tersebut (dan ini bisa), maka nilai investasi kemungkinan lebih kecil dari total premi yang sudah pernah anda bayarkan. Kenapa demikian? Karena setiap pembayaran premi ‘TIDAK’ 100% masuk sebagai dana investasi. Namun ada yang namanya biaya akuisisi seperti layaknya produk asuransi lainnya. Berikut besaran biaya akuisisi tersebut.

Sebagai contoh jika anda ambil premi yang 350 ribu/bulan, maka di tahun pertama nilai investasi anda bukan 350 ribu x 12 = Rp 4.200.000,- MELAINKAN :

350 ribu x 12 x 40% (porsi investasi) = Rp 1.680.000,- DITAMBAH pertumbuhan nilai

Begitu juga di tahun ke-dua dan seterusnya, porsi investasi akan semakin besar. Dan sampai tahun ke-lima, dana investasi anda akan memiliki nilai hampir sama dengan jumlah premi x 60 bulan karena sudah mengalami pertumbuhan nilai investasi (jika sesuai harapan).

Inilah kemudian ada yang menganggap bahwa ikut asuransi ini layaknya nabung selama 5 tahun + mendapatkan asuransi jiwa + potensi income.

Mengenai detail potensi income, anda bisa membacanya nanti. Makanya terus baca ulasan ini.

Uniknya, penawaran produk asuransi 3i network ini dilakukan dengan sistem networking atau biasa dikenal dengan istilah MLM. Jangan panic dulu, anda mesti memahami apa itu yang dimaksud MLM karena hampir 80% orang gagal paham tentang arti MLM sebenarnya yang terlanjur ‘DIVONIS’ jelek oleh masyarakat karena makin banyaknya bisnis money game atau investasi bodong yang mengatasnamakan MLM.

Pahami pengertian MLM yang sebenarnya melalui link berikut ‘Memahami Bisnis Multi Level Marketing’.

Fakta menunjukkan bahwa bisnis yang dipromosikan dengan sistem networking (MLM) lebih cepat berkembang dan sampai ke masyarakat. Namun dengan catatan, produk atau jasa yang ditawarkan memang harus memiliki kualitas bagus dan dibutuhkan masyarakat, seperti FM Group.

Back

368 COMMENTS

      • Mau tanya donk..
        Jika kita menabung hanya sekali atau kita sering nabung terus tiba2 kita tidak punya uang untung menabung di bulan berikut nya…
        Nah kira2 uang kita hangus atau gmn…
        Tapi kita aktif cari downline yg kita ajak gabung..
        Misalkan saya ajak orang 3 orang sedangkan saya tidak aktif menabung…
        Nah apakah bonus tiap bulan akan cair..dan apakah uang tabungan kita akan hangus..
        Dan apakah bonus downline bisa di ambil setiap hari atau di gabung sama tabungan kita yg bisa di ambil setelah 5 tahun…mohon penjelasan nya trimakasih..

  1. saya mau tanya,klo seandainya saya ikut tabungan 350rb/bulan….setelah ikut 2 bulan saya meninggal,
    berapa yg akan keluarga saya dapatkan ???
    dan apakah Suami / anak saya akan mneruskan membayar tabungan itu ???

    • Potensinya akan kecil, contohnya : bonus referensi menjadi gak dapet. Namun untuk bonus jaringan, level, dll masih berkesempatan jika di bawah anda dilimpahi downline dari sponsor anda.jadi kesimpulannya, siapa yg kerja keras, dia yg dapat banyak.

      • Mas Fatkul, kalau kita tidak dapat menabung selama 2bulan, apa konsekuensinya, apakah kita gagal…atau bagaimana, krn keuangan kadang tidak stabil…mohon penjelsannya….

        • Sebelum join, pastikan memang ada dana yg bisa kita alokasikan untuk program investasi jangka panjang ini.
          Jangan karena tergiur ‘omongan’ atau ‘iming-iming’ orang, kita ‘Nekat’ join padahal keuangan kita sebenarnya tidak mencukupi.
          Yg perlu dipahami adalah bahwa ini program investasi jangka panjang. Bukan seperti ‘simpan’ uang di bank yg sewaktu2 bisa kita ambil.
          Jika niatnya sudah tepat, namun ternyata memang ada kendala keuangan di tengah jalan, berdasarkan pengalaman saya sendiri jika gak bayar sekali, maka bulan depan akan menjadi double bayarnya (tagihannya).
          Misal ikut premi 350 ribu dan nunggak, maka bulan depan tagihannya menjadi double (700 ribu).
          Artinya, premi tertunggak tetap harus dibayar di bulan berikutnya, tidak bisa ‘kosong’ alias ‘prei’.
          Semoga bisa dipahami.

          • bang fatkul. kalo bulan depannya tagihannya double dan seterusnya dan tetap gk bisa bayar sampai 5 tahun ke depan apakah premi yg sudah saya bayarkan akan hangus atau bisa di cairkan setelah 5 tahun nanti?

  2. sy mohon penjelasan dan pencerahan dari bp Adang Sutisna, jika suatu hari kita ada keperluan dan kepentingan mendadak (dalam arti blm berjalan 5 thn), apakah dana/tabungan kita dapat diambil sewaktu-waktu ? dan dalam menabung apakah kita dikasih atau diberi buku tabungan+Kartu ATM Bank tertentu ?

    • Silahkan install aplikasi 3i-mobiss dan SPAJ mobile, beli e-staterkit untuk dapet ID dan Kode akses ke aplikasi seharga 50 ribu (bisa beli ke saya). Selanjutnya tinggal mengisi form pendaftaran di aplikasi, sesuai penjelasan dalam artikel di atas.

  3. Mau nanya ya…jika saya mendapat limpahan member dari upline..siapa yg dapat bonus sponsor dari member baru tsb ? Terimakasih..

    • Bonus sponsor diberikan kepada mereka yg mensponsori (memberikan ID dan kode akses aplikasi). Dalam hal member tersebut diletakkan dibbawah anda, anda menjadi upline nya dan berpotensi mendapatkan bonus jaringan dan bonus level

        • Seperti halnya asuransi lain (saya punya asuransi Prudential), untuk proses pencairan unit link (nilai investasi yg terbentuk) menggunakan form penarikan (disediakan oleh perusahaan). Sementara dananya akan ditransfer ke rekening bank kita.

          • oke.. “menggunakan form penarikan (disediakan oleh perusahaan)” , narik dananya pakai form tsb di kantor pusat / cabang? terus proses pencairan dananya berapa lama?

          • Form yg sudah terisi dan ditanda tangani bisa dikirim ke kantor pusat (Jakarta). Untuk lamanya proses, saya belum pernah melakukan penarikan dana di CAR. Namun pengalaman saya di Prudential, sekitar semingu hingga 14 hari kerja.

      • Pastikan anda merencanakan masa depan Anda pada perusahaan investasi + proteksi yang tepat. Baik dari dana pensiun, dana pendidikan anak, dana darurat, garansi aset, hutang aset, paper aset dll. Untuk yg berdomisili bogor dan sekitarnya dapat menghubungi saya. Saya berasal dari perusahan asuransi jiwa no 1 di Indonesia.

  4. mau tanya, kalau itu perbulan 350.000 berarti bulan pertama itu nilai investasi 350.000 x 40% gitu ya? bulan selanjutanya juga gitu ya pak?

    • Betul. Porsi investasi sebesar 40% di tahun pertama, 75% di tahun kedua, 90%,95%,95% untuk tahun ketiga, keempat dan kelima. SSementara dana yg bisa diambil sebesar jumlah investasi + pertumbuhan nilai.

  5. Bos, masih invest di CAR? boleh jujur dikit gak. Skrg udh brp lama? Trus punya downline brp? Trus terakhir jumlah diterima sdh brp Rp di tabungan bos. (Maaf kalo lancang, cuma mau tau kelebihan invest di CAR aja)

    • Saya masih aktif terdaftar sebagai nasabah CAR, terhitung sejak Oktober 2016 kemaren. Jumlah dana investasi yg terbentuk ya sesuai penjelasan di atas, porsi investasi sebesar 40%,75%,90%,95%,95% (tahun pertama sampai kelima) dari premi yg sudah kita bayarkan, dan nilainya bisa dilihat melalui aplikasi 3i-Mobiss secara up to date, tergantung nilai unit link yg terkumpul.
      Terkait bonus, tergantung kerja keras masing-masing nasabah, semakin banyak mereferensikan, semakin besar potensi bonus yg akan didapatkan, sesuai perhitungan masing2 jenis bonus di atas.
      Jadi, baiknya jangan terpaku kepada berapa banyak yg orang dapatkan, tapi fokus lah pada apa yg menjadi target anda.

  6. Mau tanya gan,klw sudah investasi 5th mau ambil uang nya gmna?? Ditransfer ke rekening atau ambil ke kantor cabang?Klw jauh sama kantor cabang gmna gan??
    Terimakasih

    • Proses pencairan dana sebagian (polis tidak ditutup)
      -Foto copy halaman depan buku polis
      -Foto copy KTP
      -Foto copy halaman depan buku tabungan
      -Mengisi formulir permohonan perubahan produk unit link (bisa minta via lancar@car.co.id)

      Proses penutupan polis (pencairan dana keseluruhan)
      -Buku polis asli
      -Foto copy KTP
      -Foto copy halaman depan buku tabungan
      -Mengisi formulir permohonan perubahan produk unit link (bisa minta via lancar@car.co.id)

      Dokumen dikirim ke kantor operasional di Jakarta, yakni Wisma CAR life, Jl Gelong Baru Utara No.5-8, Jakarta Barat 11440

  7. Aneh ktnya nabung tpi di hruskn pnya rekening bank lain bingung sya…buat skrng yg jls jls aja lah nabung yaaa di bank palagi skrng bnyak marak investasi bodong.suruh transfer uang sgini sgitu hsil perbln 20%lbih hsilnya nhiiil.

    • Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Terkait komentar anda, silahkan dibaca kembali artikelnya secara utuh, ini TIDAK SAMA dengan menabung di bank. Kalau tujuannya hanya menabung saja, betul, silahkan ke bank.

    • Sepertinya bapak salah persepsi, CAR tidak pernah menyuruh nasabahnya punya rek bank lain tetapi CAR terafiliasi beberapa bank untuk memudahkan nasabahnya, contoh andaikan CAR hanya mewajibkan bank BCA smtra anda ga punya bank BCA apa ia anda mau nabung di CAR? pasti mikir…. oleh karenanya CAR melakukan inovasi dengan cara kerjsama bank lain untuk kemudahan nasabah.

  8. Saya mau nanya kan kalau nabung perbulan yang 350 ribu, kalau dapat 5 orang nasabah lagi, katanya sayanya bakal gratis nabung untuk perbulannya sebesar 350 ribu juga, itu dapat uangnya darimana ya ? dari uang nasabah yang baru nabung dipotong ya ?

    • Mungkin yg anda maksud adalah bonus referensi, yakni sebesar 50 ribu/nasabah (premi 350 ribu). Bonus ini akan anda dapatkan per bulan selama 1 tahun penuh, dan tahun kedua menjadi 25 ribu/nasabah/bulan, tahun ketiga 12.500 rupiah/nasabah/bulan.
      Jadi bonus referensi ini didapatkan selama 3 tahun, yg dibayarkan setiap bulannya ke rekening yang anda tuju.
      Jadi, istilah nabung gratis mungkin diasumsikan anda mendapat bonus referensi dan bisa anda gunakan untuk membayar premi anda (kalo saya hitung jadinya 5×50 ribu = 250 ribu).

      • Yang saya maksud itu bonus/uang 50.000 yang saya dapet perbulan per setiap nasabah itu dapet dari mana ??, jadi 5 nasabah x50.000 = 250.000 perbulan itu berarti uang nasabah kita yang baru setiap dia setor uangnya perbulan uangnya dipotong 50.000 untuk kita ?

        • Kalo masalah duit buat bayar bonus dari mana, termasuk bonus referensi, bonus level, bonus jaringan, dan buat bayar klaim asuransi dll itu yg ngatur Perusahaan, saya mah terima beres aja.

          • ya mas harus pertanyakan lah mas, masak hanya nyari nasabah 5 orang saja sudah bisa menggantikan masnya tidak perlu lagi nabung lagi sebesar 250.000 perbulan selama setahun, ya logikanya mungkin uang nasabah barunya dibagi bagikan ke upline, bener enggak ?

          • Hahaaa, dijawab asal masih aja ditanggapi. Jadi gini bang, silahkan dibaca dan pahami ulasan dan video di atas. Pembayaran bonus diambil dari pendapatan premi nasional, dengan kata lain ya dari pembayaran premi nasabah, dan perhitungannya sudah DIATUR oleh perusahaan dengan skema masing2 bonus yg berbeda. Nah, sisa dari pembayaran bonus itu akan dikembangkan oleh perusahaan ke dalam pasar saham, obligasi, dan lainnya. Dan itu sudah benar2 diperhitungkan oleh perusahaan serta dijamin juga investasi kita. Begitu,…

    • Program ini sebenarnya untuk jangka panjang. Jadi kalo baru 2 bulan diambil, uangnya gak seberapa karena ada biaya akuisisi (60% di tahun pertama) yg cukup tinggi, belum biaya administrasinya. Saran saya mending jangan ikut program ini jika niatnya untuk jangka pendek, malah rugi.

  9. Jika downline ( 3 kaki ) di bawah saya , tdk aktif dlm arti dia tdk mencari downline untuk dia sendiri, perhitungan income saya hanya (3 kaki ) di bawah saya ya pak..? 50×3 = 150 bukan begitu pak..?

    • Kalo yg anda maksud bonus referensi/bonus sponsor iya. Namun jika anda terus aktif merefetensikan nasabah baru, dan anda tempatkan dibbawah mereka, anda tetap bisa mendapatkan bonus sponsor, sebanyak yg anda mau. Di sisi lain, anda juga masih berpeluang mendapat bonus lainnya seperti bonus posisi, bonus level, dll jika upline anda terus aktif dan meletakkan nasabah baru di jaringan bawah anda.

  10. mas sya mau nanya,,
    untuk bonus referensi dan bonus elit sudah bisa kita dapatkan dari bulan pertama submit dokumen, atau baru bisa kita dapatkan stelah bulan kedua sejak submit dokumen ??? trima kasih…

  11. Saya baru gabung bulan lalu, daftar 1 minggu e polis sudah jadi.
    bulan depan mau daftarin anak sy juga. buat persiapan anak sekolah

    • Terima kasih sudah share pengalamannya. Punyaku kemaren sebulan baru nyampe.Ternyata salah isi alamat pengiriman (alamat korespondensi), nama jalannya pakai yg di Jakarta, kelurahan dan kotanya pakai yg di Malang, heheheee.
      Untung sayakontak admin nya, karena curiga udah 3 minggu koq belum nyampe

  12. mau nanya lagi mas..
    saya kan baru nabung tnggal 17 februari kemaren,, sampai hari ini msih belom ada sms/tlpon dri CAR..
    kalau sampai tnggal 25 bsok blom ada sms/tlpon apakah sya msuk ke bulan april.. atau bulan maret..

    terima kasih..

    • Maksudnya tgl 17 kemaren registrasi atau bayar premi pertama?
      Jika baru registrasi, silahkan cek di akun anda melalui aplikasi Mobiss. Di halaman depan, jika sudah muncul no VA (virtual account), silahkan melakukan pembayaran premi pertama ke nomor rekening VA tersebut. Jangan lupa mengirimkan form pernyataan calon nasabah yg sudah diisi dan ditanda tangani + foto copy KTP + bukti transfer pembayaran premi tadi ke kantor CAR.
      Setelah itu tinggal tunggu nomor polis anda terbit.

    • Sudah kirim kelengkapan dokumennya (seperti yg disebutkan di atas)?
      Kalo sudah, berarti tinggal tunggu konfirmasi aja. Masih diproses. Kalo polis disetujui nanti akan diinformasikan detailnya .

  13. Mau tanya. Jika stlh 5 thn dana dibiarkan sj mengendap, katakan sampai th ke 10. Hitung an perolehan nya bgmn? Trus stlh th ke 5 apa msh dpt perlindungan asuransi?

  14. Bersyukur sekarang udah punya 2 polis dengan premi masing2 350rb, dapat bonus udah 5jtan. Nabungnya udah gratis, sisanya bisa buat belanja. hehehehe

  15. Bgmna klo sya sdah menabung 350 ribu per bulan slma 2 tahun, kmudian sya ada kprluan sngat mnddak, apa sya bisa ambil uang yg sya tabung itu wlaupun blum ckup 5 tahun… mhon jwabannya…?

  16. Karena direkomendasikan teman, akhirnya buka website dan menemukan artikel yg bagus ini. Tapi ada yang masih ingin saya ketahui. Anda bilang jika juga ikut prudential. Apa kelebihan dr 3i dibanding prudential??

  17. Maaf gan mau nanya..
    saya mau daftar tapi saya kan sekarang tinggal ditangerang tapi KTP masih alamat kampung..Terus nanti staterkitnya dikirim kemana?
    saya harus daftar pakai alamat yg mana agar nanti saat klaim tidak terjadi kendala.Terima kasih

    • Dimaafkan, hehee
      Pengisian data sesuai alamat KTP, namun untuk alamat korespondensi (surat menyurat) bisa diisi alamat lain (bisa beda), seperti punya saya, ktp Jakarta, tapi alamat korespondensi saya isi di Malang, karena saat ini saya tinggal di Malang

  18. Jika saya join,apakah pembayaran preminya bisa dipotongkan tabungan saya dibank lain secara otomatis per jth tempo tiap bulan?

    • Pembayaran premi dilakukan melalui transfer ke rekening virtual perusahaan (berbeda tiap nasabah). Bisa pakai BCA, Mandiri, dan BRI. Kalau maksud anda Autodebit dari Rekening BCA juga bisa, akan terpotong tiap kali jatuh tempo tiap bulannya (ada form persetujuan autodebit)

  19. jika bulan prtm qt ch dpt 3 kaki dn bulan kedua jg, sehingga bisa menutupi bulan selanjutnya, jd qt tdk prlu byr premi 350. pertanyaanya. smpe brp bula tertutupi, dn qt tdk prlu byr premi ?

    • Perlu dipahami lagi, bahwa dengan daftar sebagai nasabah CAR, berarti kita berkomitmen dan mampu untuk membayar premi bulanan sampai 5 tahun ke depan. Masalah bonus, itu lain hal dan memang bisa kita gunakan untuk membayar premi ke depannya maupun untuk kebutuhan lainnya. Tapi bukan berarti kita tidak perlu bayar premi lagi setelah dapet beberapa kaki seperti yang anda maksudkan. Kita tetap berkewajiban membayar premi bulanan, meskipun uangnya anda dapat dari pembayaran bonus sponsor/referensi tadi.
      Jadi, jangan modal kuat bayar premi selama 2-3 bulan ke depan, terus anda terpancing untuk ikut program ini dengan iming-iming bonus untuk membayar premi bulan-bulan berikutnya.
      Mohon dipertimbangkan agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

  20. numpang tanya mas,,
    di CAR ini tutup bukunya tanggal 25,, dan tanggal 26 adalah awal bulan..
    jadi bonus cair apakah tnggal 25-30..
    dan apakah bonus baru bisa dicairkan setelah kita nabung sebelum tanggl 25. ??

    terima kasih..

      • Permisi, tax mas..
        Misal qt sdh pux 3 downline, trus qt berhnti cri downline baru krn brbgai alasan. Tapi premi ttp jalan..
        Apkah diperbolehkan?
        N apkh bonus referensi yg tlah ddptkn sblumx (3downline) masih bisa qt nikmati sterusnya?

        Harap pncerahanx, Thx

        • Boleh mas.
          Bonus referensi akan tetap kita terima selama 3 tahun (misal premi 700 ribu, tahun pertama dapat 100 ribu/bulan, tahun kedua 50 ribu/bulan, dan tahun ketiga 25 ribu per bulan), selama mereka statusnya masih aktif sebagai nasabah (membayar premi bulanan).

    • ID dan Kode akses untuk masuk aplikasi bisa anda dapatkan langsung ketika membeli estaterkit (seharga 50 ribu).
      Kalo yg anda maksud adalah Nomor polis, bisanya sekitar 2-4 minggu sejak proses registrasi dan pembayaran premi pertama.

  21. Mas,ini insurance nya , cuma mengcover kematian aja ya mas?? Sakit ngga ya?? Kalau saya sakit, trus ga bisa nabung.. hangus ga tabungannya?? + kalau saya sebagai agen, member yg saya ajak join ternyata tidak melanjutkan tabungannya berpengaruh ga ama bonus saya??, itu dana investasi kita kan di masukan, ke obligasi, reksadana atau apalah,, kalau seandainya ada krisis moneter lagi, berpengaruh ga?? Mungkin nilai saham anjlok atau bagaimana, sehingga investasi kita kena imbas,, apalagi ini perusahan yg punya kan group.. dan punya saham di perusahaan besar juga.. ga istilah tar di salurin ke sana ke sini kan.. soalnya hidup di dunia tak pasti begini..hrheheh minta pencerahan

    • 1. Yg dicover asuransi jiwa, bukan sakit.
      2. Biaya akuisisi dan administrasi akan dipotong dari dana investasi yg terbentuk sebelumnya, dan akan lapse jika dana sudah tidak mencukupi.(dalam kasus anda tidak bisa bayar premi).
      3. Downline tidak lanjut, tentunya akan berpengaruh ke bonus anda karena omset anda ikut turun.
      4. Pasti terpengaruh juga jika nilai saham turun akibat krismon dan lainnya. Pembayaran premi bulanan anda kan akan diconvert ke unit link. Kalo harga unit link/saham turun, nilai tunai juga akan sebanding ikut turun. Begitu juga jika nilai unit link/saham naik

    • Maaf, saya gak bahas halal/haram, bukan ahlinya.
      Mungkin jika berkenan silahkan tanya ke Pak Amin Rais, beliau sudah gabung dan menurut saya keilmuannya jauh lebih baik dari saya.
      Jangan lupa cari referensi sebanyak-banyaknya dari sumber lain.

      • Mohon klarifikasi, apakah Pak Amin Rais sudah bergabung di program 3i?
        Bukankan batas usia maksimal 59 th untuk bisa bergabung, sedangkan usia Pak Amin Rais sudah diatas 60 tahun.

  22. Mas, tlg kasih gambaran/tabel apbl dana dicairkan sblm sampai 5 th…dana yg bisa ditarik brp?…Misal sblm 6 bln dana dicairkan, jml dana yg bisa kembali brp….bgt seterusnya…tks

    • Nilai investasi bisa kita ketahui secara update melalui aplikasi. Angkanya tidak tetap, sesuai nilai dari Unit Link yang selalu tumbuh.
      Kalau ingin menghitung nilai kasarannya, tinggal melihat tabel biaya akuisisi di atas. Nilai investasi = jumlah premi yang telah dibayarkan x porsi investasi.

    • Semua nasabah yg berada di bawah kaki kita akan berkontribusi terhadap perhitungan Omset, dan akan menjadi dasar perhitungan bonus (kecuali bonus referensi, yg akan didapat oleh sponsor langsung yg mereferensikan saja)

  23. Halo salam kenal mas,
    Saya sudah join dan install aplikasinya. Disini ada user ID, No Lisensi dan No. Polisnya. No VA untuk bayar premi selanjutnya yang mana ya mas? Mohon pencerahan

    • Silahkan baca artikel saya mengenai ‘cara bayar premi CAR 3i dan cara melihat saldo asuransi CAR’.
      Note : sudahkah anda menanyakan hal itu ke sponsor anda? Karena bagi saya, seorang Sponsor punya tanggung jawab moril untuk membina Team nya.

  24. .. artikelnya sungguh menarik, trimkasih.
    saya mau tanya, klau ikutan yg 1 jt/bulan nmun andikata saya udah ada 60 juta dan bermngsud untuk bayar smua di bulan pertama bisa atau tidak?? jika bisa bukankah lbih menarik karena tahun pertama 100% uang masuk dlm investasi. jdi nilai tujuan awal bisa di capai lbih cpat 5 tahun.

    • Terima kasih.
      Bisa saja, NAB/Nilai Aktiva Bersih/Harga Unit link akan mengikuti saat pembayaran penuh tersebut, namun nilai akuisisi dan biaya administrasi akan dikenakan sebagaimana pembayaran reguler bulanan seperti biasanya.
      note : jika memang memiliki dana lebih, dan mau diinvestasikan, bisa koq melakukan TOP UP, dengan alokasi investasi sebesar 95% (5% nya biaya akuisisi).

      • 5% dari nilai 60 juta skitar 5 jutaan yahh trus brrti 50 jutaan bisa langsung di masukkan dalam investasi yahh.
        jika 1 orang mndaftar lebih dari 2 akUn bisa ngga?? contoh kbtulan si A ada uang lebih dia mau daftar kan untuk anaknya nanti tp (masih dalam kandungn) bisa ga??

        • 5% dari 60 juta = 3 juta.
          Untuk pelaku bisnis (penempatan di jaringan) minimal usia 17 tahun, dan 1 orang hanya bisa memiliki 1 akun.
          Yang boleh adalah menambah jumlah polisnya.
          Note : Istri/Suami/anak usia >17 tahun boleh didaftarkan menjadi pelaku bisnis dan ditempatkan dalam jaringan.

    • Fungsinya dipakai untuk login ke member area atau aplikasi 3i Mobiss.
      Sebaiknya sih disimpan. Namun selama passwordnya sudah anda ganti dan aman, gak masalah.
      Seperti halnya alamat email anda, selama passwordnya anda sendiri yg tahu, gak masalah tho?

  25. Mas saya mau nanya, apa benar setelah 5 tahun invest, kita akan dapat bunga sktr paling tinggi 20% dari total tabungan tiap bulannya? Jadi misalkan ikut yg 350rb dg total 21jt, selanjutnya tanpa perlu menabung lagi (di tahun ke-6 dan seterusnya) kita akan dapat sktr 4jt tiap bulannya?

  26. Mas mau tanya, tdi saya baca artikel mas diatas, kalau nabung 350 per bulan, selama 5 thun, kita dapat tabungan 21 juta, dan asuransi jiwa 21 juta, itu uang asuransi jiwa 21 juta, bukan dari tabungan kita yg 21 juta kan? Mhon penjelasannya,

    • Iya, beda. Bukan dari uang Investasinya.
      Cover asuransi tetap anda dapatkan sampai anda berumur 74 tahun kelak (selama polis tidak anda tutup).
      Namun perlu dipahami bahwa uang Asuransi hanya akan cair jika ‘Tertanggung’ polis meninggal dunia.

  27. mohon bantuannya saya punya hp ios tapi ga punya android untuk instal aplikasi, jadi saya bisa liat bonus saya dimana? kenapa di ios belum ada aplikasinya?

  28. Kemaren ada yg nawarin beginian nih pas banget nemu artikel nya di blog agan sekalian nanya aja deh di jawab yaa gan tapi pertanyaan nya esay bukan pilihan ganda ga papah kan..hahaha

    Jadi gini misal ane nabung yang 350/bulan selama 5 tahun nah di tahun ke 6 ane berhenti nabung dan uang kita ga kita ambil sampai sepuluh tahun lah misal nya nah pas penarikan uang yang ane terima tetap, berkurang atau bertambah secara ane kan berhenti nabung pas di tahun ke6.

    Makasih gan.

    Ane ada pantun nih 4×4=16 sempat ga sempat harap di balas (anjay pantun tahun kerajayaan siliwangi ini mah) hhahahaaa

    • Salam kenal mas Azwar. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.
      Seperti penjelasan di ata,pembayaran premi memang hanya sampai tahun ke lima saja.
      Selebihnya, jika dana tidak kita ambil, maka akan terus diinvestasikan oleh perusahaan dengan asumsi pertumbuhan sebesar 14-20% per tahun.
      Jadi, jika dana investasi tetap anda ‘biarkan’ selama 10 tahun ke depan misalnya, maka akan mengalami pertumbuhan nilai.

  29. Sy dah baca semua artikelnya,siip.
    Tapi ada yg mau sy tanya ,krn kurang paham di bagian; gimana klo sy mogok di tengah jalan ,misal baru 1 bln bayar premi.apakah apakah dana tsb bisa kembali/di ambil ?
    Krn sy pernah ikut asuransi,kemudian mogok di jalan,dan ngak ada titik terangnya masalah dana saya,ngak seperti mereka saat menawarkan untuk ikut asuransi,begitu gencarnya memberi spirit spy ikut dg pengarahan bla.bla.bla.makasih …

    • Seperti penjelasan di atas, program ini untuk anda yg ingin berinvestasi jangka panjang. Jika niatnya jangka pendek, misal 3/6 bulan mau ambil dananya, apa lagi baru sebulan udah mau bubar, mending gak ikut.
      Malah rugi, karena ada biaya akuisisi yg cukup besar untuk tahun pertama.
      Note : baca lagi penjelasan di atas, beserta komentar2 yg sudah membahas hal ini.

  30. Makasih penjelasannya gan,
    Di sini kita berhubungan dg masarakat menengah kebawah,yg membuat mereka kurang power untuk ikut,ya di antaranya mereka punya pemikiran klo mogok di tahun pertama mereka merasa rugi 60% dana hilang.klo di banding dg menabung di bank (bagi yg tdk bisa mencari temen).
    Satu lagi gan,untuk premi ,apakah bisa di bayar langsung semisal; bulan pertama di bayar 2x premi/mungkin langsung 5th ?
    Makasih.

  31. Comment:mantaaaappp…gann ane gabung sdh 3 bln posisi ane leader agancy menuju bronze agency utk semua bonus 4,7 jt /bln gan bln okt road to soul korsel jln2 gratisssss utk posisi silver…siapapun bisa mengikuti program 3i networks slama ada keinginan dan kemauan utk merubah keadaan y lbh baik minimum utk diri sendiri salam dasyattt….jgn kalah ama tukang ojek baru satu taun gbng skr sdh 15 jt perbulan….prinsip ane jgn tertutup dan buruk sangka thdp peluang y ada selama legal dan halal bisa dpertanggung jwbkan….sekian trims

  32. Selamat malam gan. Terima kasih utk artikelnya.
    Mau tanya gan, kalau kita nabung semisal yang 350 rb, kita kan jadi Nasabah. Terus bsa ngembangin bisnisnya seperti di atas.
    Apakah ada syarat lain, semisal harus ikut ujian AAJI untuk mengembangkan bisnisnya?
    Mohon pencerahannya. terima kasih

  33. Comment:
    pagi gan maaf ikut imbrung..utk mengikuti sertifikasi aaji tdk mnjdi persyaratan dlm pencairan bonus d level apapun artinya car tdk mewajibkn pd caln mitra utk mengikutinya krn 3i networks car sistem pemasaranya menggunakan jaringan atau customer get customer. utk sertifikasi aaji car hanya merekomendasikan dan memfasilitasi mitra yg berminat menjadi tenaga profesional d bidang insuransi maka dpt mengikuti program ujian d cbg terdekat syarat minimal hrs sdh level tim agency atau sdh punya 3 kaki bayar biaya ujian 250 rb….. jd utk teh dewi ga usah ragu jd mitra car krn pt. aj car sendiri tdk mewajibkan hrs punya srtifikat aaji d semua level hanya memfasilitasi aja…..adapun kegunaa sertifikat aaji kita akan d akui sbg tenaga profesional d bdg asuransi jiwa dan semua peusahaan asurannsi jiwa terkemuka akan memperhitungkn keahlian kita otomatis dg profit yg melimpah…maaf gan ini yg sy ketahui ….klu ada y krg mohn ditambhkn

  34. Nanyak bg, gmn agar cepat dpt buku polisnya? Sbab aq dah mendaftar bln januari kmarin dan pembayarannya lancar hingga bln ini tapi buku polisnya blm aq proleh.

    • Untuk pendaftaran awal benar, beli estaterkit seharga 50 ribu (untuk dapat ID dan kodeakses ke aplikasi) dan untuk pembayaran premi pertama (350/700/1 juta)

      • Pak saya mau tanya
        Jujur komnikasi saya krg pak,kalo komunikasi kta krg tuk mncari down line kita tu bisa upline kita bisa membantu

  35. haloo fatkul,salam sehat. iTu per tahun ada return rendah sedang dan tinggi yahh, klau sudah di nyatakan seperti itu berrati itu sudah pasti yahh. klau dpat rendah setiap tahun nilainya sudah viks segitu kan?? ngga bisa rendah lagi kan??

  36. Alhamdulillah ternyata sy tdk salah pilih asuransi,,pdhl wkt baca judul artikel sy sdh was2😅,& sbnrx sy smpat sebel kok nie artikel menjelek2n asuransi yg sy gunakan pdhal sy sdh sgt merasakan manfaatx,,Karna sy sdh ikut asuransi ini skitar 5 thn utk asuransi kesehatan anak2 sy. Trima kasih utk artikelx Mas Fatkul.

    • Mungkin maksud anda produk lain dari asuransi CAR yang mengcover asuransi kesehatan. Karena untuk program CAR 3i Networks ini yang dicover adalah asuransi Jiwa.

  37. Bro… Jadi intinya jika perusahan ini tutup, tidak ada jaminan pada nasabah tentang ganti rugi..

    Kasihan nasabah nya bro..

    • Silahkan anda pelajari lagi tentang perusahaan perbankan dan asuransi. Ketahanan seperti apa yang mereka miliki untuk menjamin dana nasabah aman meskipun perusahaan perbankan dan asuransi tersebut bangkrut.
      Googling aja, banyak penjelasannya.

  38. Saya pernah dateng di acara seminar 3i Network hotel Jakarta Timur yg belom lama nh adda acaranya, saya mau bertanya?
    ??
    misalkan saya sudah gabung 2 bulan yg lalu tapi saya baru dpt 2orng apkh saya dpt bonus perbualan di tahun pertama dan smpe di tahun ke5 tanpa lider,

  39. Mlm bang fathur ikut comen mhon dbantu untuk meluruskan keraguan saya apa selama 5th duit kita ga ilangkah dan apabila sudah menjadi anggota atau sudah join dan ada yang meninggal apa yang di dapet trimakasih

  40. Mas klo ngomongin bisnis kyaknya kelama’an nunggu proses 5th sedangkan beban biaya hidup saya 3.5jt /bulan itu hnya untuk bayar utang aja belum yg lainnya jikalau saya langsung ber inves sekaligus 21jt berapa incom yg saya terima/bulan? Trimakasih

  41. program 3i networks sejalan dgn yg di anjurkn agama yaitu kita hrs hidup sederhana tdk boros dan peduli pd sesama, artinya saling dlm pengertian luas…3i ini sangat dahsyat membantu mereka yg punya kamauan merubah hidupnya ke arah yg lbh baik. Sdh banyak yg sukses bergabung d 3i, dari semua kalangan dan tingkatan profesi. Untuk level puncak sdh ada 7 org penghasilan income pasif per bulan 223 jt sd 415 juta utk level platinum dan titanium sdh ada puluhan org dari 55 jt sd 157 jt level bronze, silver, gold sdh ratusan org dr 6 jt sd 50 jt dan level tim agency smpai leader agency sangat banyak ribuan org dari 950 rb sampai 5 jt ..income pasif ini dtransfer ke rek kita tiap bulan selama kita jd nasabah dan aktif mau bergerak membina mitra kita…saya bersyukur pd Alloh swt telah menunjukan lahan ikhtiar yg halal dan melimpah…semoga rekan2 bisa ambil bagian dlm program ini…kesempatan tdk akan dtg ke dua kali…

    • Asal WNI, punya rekening BCA/Mandiri/BRI, bersedia membayar premi bulanan, ada alamat surat menyurat di Indonesia, KTP, prosea daftarnya sama aja seperti penjelasan di atas.

  42. Comment:assalamu’alaikum … Aku jg tertarik nih …gmana kalau ada nasabah baru trus bayar nya lgsung 21 jt ..nah upline nxa dapat bonus brp?..d kasih skaligus atao di kasihkan selama 3 bulan seperti d atas sbelumny terima kasih..

  43. Saya gak mau daftar dulu….mau lihat perkembangan bisnis CAR 3 i…
    apakah kaya MMM mavro mondial money box
    Yang gugur kolaps karena punya sistem piramid….

    Takut uang melayang

  44. Saya mau tanya,saya sdh menabung smpi 3thun tpi karna butuh mau tarik sebagian. Apa polis nya msh bisa di lanjutkn?? klo bisa apa sya akn terhitung kmbali dri tahun 1 ???
    terima kasih sebelumnya,

    • Polis masih lanjut selama tidak anda tutup/batalkan. Dan anda bisa mengambil dana sebagian. Prosesnya, silahkan simak komentar2 sebelumnya.

  45. Pt car yg pasti dananya banyak di bank ya pak..kan ngumpulin tabungan org2 kl total all dana tabungan org2 digabung = 1 t,,,,di bank itu, pt car dpt bunga juga ya pak..wah mantap tuh…semakin bnyak yg ikut smakin bnyak juga keuntungan pt car ya. Nasabahnya pun juga beruntung

  46. Maju terus pantang mundur”Team Car”walau badai menghadang.Semoga harapan k depannya”Sesuai yg kita inginkan”Amiin.

  47. Mau nanya, Kan kita diproteksi hingga usia 74 tahun. Kalau mininggal dapat up manfaat meninggal senilai yang telah kita setorkan selama 5 tahun tersebut. Nah, kalau kita meninggal usia 80 tahun bagaimana? Dapatny apa saja?

      • iya ini berarti persis unit link, cuman klo di pru atau commlife kita dikasih komisi sebagai agen, disini kita dikasih bonus karna ngajak orang. Satu hal lagi yg saya mau tau, ketika sudah 5 tahun kita mau tarik dana, apakah ada jaminan itu nilainya melebihi dari yang kita tabung atau minimal sama? Pengalaman saya sama sekali nilainya berkurang.

        • Karena sistemnya investasi, maka TIDAK ada nilai pasti yang akan didapat.
          Semua tergantung dari pertumbuhan nilai dari unit link itu sendiri.
          Namun dari review tahun2 sebelumnya, maka diasumsikan akan mengalami pertumbuhan nilai sekitar 14-20% per tahun. Artinya, diharapkan nilai investasi yg terbentuk setidaknya sama atau lebih besar dari total pembayaran premi.
          *Dan itu diluar manfaat asuransi dan potensi income yg kita peroleh.

  48. mohon maaf gan mau tanyanih se andainya
    nasabah berhenti di tengah jalan / jumlah tabungan hanya 1 tahun slamama 5tahun, atau mungkin ingin mengambil tabungan selama 1 tahun bisa ga gan? mohon di jawab

  49. Mas saya mau tanya,klau saya ikut nanbung kan awal saya setor 400 ribu dan nilai premi perbulan saya 1 juta,jadi untuk saya mengetahui benar enggak nya uang saya dah masuk atau gak saya chekc dimn,dan apa bukti pegangan saya klau saya dah jadi anggota

    • Setiap anggota memiliki ID dan kode akses untuk masuk ke aplikasi/member area.
      Jika pengajuan anda disetujui, maka akan mendapatkan nomor polis sebagai bukti kepesertaan, dan ini memiliki landasan hukum.
      Sementara dari aplikasi 3i Mobiss, anda dapat memantau berapa porsi investasi yang terbentuk melalui menu ‘portofolio’.
      Note : setor awal 400 ribu itu maksudnya 50 ribu untuk beli estaterkit (berupa ID dan kode akses untuk buka aplikasi), dan 350 ribu adalah pembayaran premi pertama (jika anda memilih premi bulanan sebesar 350 ribu).
      Jika anda memilih premi bulanan sebesar 1 juta, maka dana di awal menjadi 1 juta 50 ribu.
      Semoga bisa dipahami.

  50. santunannya koq kecil ya…sementara klo kita buka asuransi yg lain…dengan premi 350/bln bs seperti ini manfaatnya 100 juta : kematian, 100 juta : sakit kritis 100 juta : kecelakaan dan bebas membayar jika terjadi resiko sakit kritis dan kecelakaan cacat total/tetap.

    • Ya tergantung jenis asuransi yg diambil.
      Ada yg fokus di asuransi jiwa, pasti uang pertanggungan jika nasabahnya meninggal akan sangat besar.
      Begitu juga yang fokus di asuransi kesehatan, plafon pembiayaan rumah sakit juga akan sangat besar.
      Sementara ada juga yg fokus di investasi, yang mana porsi investasinya yang akan besar.

      CAR 3i Network menggabungkan antara asuransi jiwa, investasi, dan INCOME. Ya ketemunya di angka2 seperti penjelasan di atas.

  51. Mas mau nanya,
    1.Kalo saya ambil premi yg 350,dan Sudah berjalan 5 tahun Kita Akan dapat 21juta + asuransi akan berjalan seterusnya?
    2.bila saya meninggal Di atas umur 75,apa yg saya dapatkan?
    3.bila saya mau ambil dananya Di tahun ke 20 misalnya, sedangkan saya masih hidup,bisa mas? Karenakan ini asuransi jiwa
    Mohon penjelasannya mas

    • 1. Angka 21 juta adalah nilai asumsi, bisa kurang bisa lebih, tergantung pertumbuhan nilai unit link.
      Asuransi akan diberikan sampai tertanggung berumur 74 tahun (selama polis belum anda tutup).

      2.Pertanggungan asuransi (uang santunan) akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia sebelum usia 74 tahun. Jika sampai berumur 74 tahun masih hidup, maka asuransi berakhir dan tidak ada ada uang pertanggungan yg dibayarkan.

      3.Dana investasi bisa anda cairkan kapan saja, selama status polis anda masih aktif/ tidak anda tutup.

  52. Gan. Minta kontak WhatsApp/pin bb/line/ kontak yang bisa di hubungi. Ane mau join tapi belum sepenuhnya paham. Jadi mungkin ane mau tanya tanya dulu ke situ biar lebih jelasnya

    • Untuk program CAR 3i Network produknya Asuransi Jiwa.
      Untuk asuransi kesehatan, ada di luar program CAR 3i Networks. Silahkan buka website car.co.id

  53. Assalamualaikum bang saya mau tanya kan saya baru gabung…misalkan ada teman atau kerabat yang mau ikut nabung bareng saya tapi ga punya tabungan bank BCA, MANDIRI, BRI, dia cuma punya bank lain kaya BTN, BNI, CIM NIAGA, MAYORA,dll tapi pendaftaran pertama pakai bank lain. . Pertanyaannya apakah bisa di rubah no rekening bank lain ketika udah bikin bank BCA posisi dia sudah gabung

    Terimaksih.. Salam dari cikupa tangerang

  54. Assalamualaikum
    Saya mau tanya, apakah itu ada jaminannya, jikalau program nabung itu cuma abal-abal?
    Terimakasih

  55. jadi bang fatkul, apakah sy masih bisa daftar? karena ktnya bisa sih dan sy sdh ditawari unt gabung. Bagaiaman Bang Fatkul

  56. Malam gan… Salam kenal…
    Saya aris gan…
    Kebetulan bgt sya baru ja ikut presentasi Car nih..
    Jadi lebih mantap rasanya,,
    Infonya bermanfaat dan ijin share gan… Makasih…

  57. Apakah para agent nya berserifikat aaji ? …Atau hanya download app n nabung n ajak2 orang sudah dikatakan jadi agent? . Oh ya..apakah akang bagian dari asuransi car 3i…knp akang punya asuransi yg lainnya juga ? Itu dulu aza kang..pertanyaan saya.

  58. Salam kenal pak,, sy mau tanya jika sy baru ikut 2 bulan premi 350/bln trus sy meninggal dunia,
    apakah sy dapat uang santunan??

  59. Baru mau joint aja harus bayar 50ribu. Tiap bulan harus bayar premi 350ribu. Selama 5 tahun kedepan tabungannya gak utuh (berkurang) karena kena biaya akuisisi. Nanti setelah lebih dari 5 tahun nilai investasinya menurun dengan alasan nilai saham lagi turun. Trus kalo usia udah sekitar 70tahun asuransi jiwanya gak mau mengkaver. Mosok ya orang harus mati sebelum usia 70tahun biar dapet manfaat asuransinya?
    Intinya yang namanya orang mendidirikan perusahaan pasti tujuannya nyari untung. Emangnya ada ya orang mendirikan perusahaan untuk melipatgandakan tabungan + ngasih bonus cuma2 + ngasih proteksi (asuransi) jiwa + ngasih santunan + bisa diwariskan ke ahli waris? Sekalian aja bikin badan amal jariyah biar masuk surga. Amiin.

    • Hahahaaaaaa,…
      Lucu?

      Ibarat anda beli mobil baru, dapat garansi komponen selama 3 tahun.
      Terus anda teriak : Masak harus RUSAK sebelum 3 tahun baru dapat garansi penggantian komponen? Hahahaaaa,..
      Kalo gak rusak, rugi donk? Hahahaaa,..

      Lucu? Kagak,..

      Orang setengah waras juga berharap mobilnya gak rusak dalam 3 tahun, meskipun kalo rusak akan ditanggung penggantian komponennya oleh perusahaan.

      Itu namanya perlindungan, jaga-jaga, agar kita nyaman ‘pake’ nya.

      Mau uangnya utuh?
      Simpan tuh di bawah bantal, hahahaaaa…
      Gitu aja koq repot

  60. Kebetulan istri saya jadi nasabah car,,sayangnya sy ga tau syp yg ngajakin atau dri grup mana. Misal saya mau menjalankan programnya untuk cari income sampingan pake akun nasabah dari istri saya bagaimana caranya?apa ikut CAR ini pasti jadi anggota 3inetwork? Atau mungkin sj jdi anggota di lain grup? Setau saya klo MLM itu ada perusahaan penyedia produknya ada perusahaan support systemnya..

  61. Bagus, dan tertarik. Mohon penjelasan, jika kita gabung yang 350rb/bulan, dan merekrut angota yang premi 1jt/bln, nah perhitungan bonus referensi kita dari angka 350rb atau 1jt?
    terima kasih sebelumnya

  62. Permisi gan sy lg rencana buat gbung nihh
    Tp sy blum ada ktp dan rekening
    Tp nasabah jg mo ngajak sy udh mo masukin nama sy itu gk pp atu gk bleh ya..
    Tp nnti sya mo serius mnabung sy mo ikut
    Tp sya blom ada ktp dn rekening
    Nnti nama sy di singkirkan gak… sy mo bikin ktp dn rekening dn lngsung masuk team ny butuh penjelasan ya😊 trimakasih

  63. Mau nanya mas,di ata mas bilang BCA Termaduk dari SALIM GROUP..g salah mas?bukannya BCA sudah di Pt.Jarum?
    Trus untuk perkembangannya dengan porsi investasi sampai 5 tahun apakah nasabah balik modal?
    Trus asuransi 21 juta apakah cukup untuk 5 tahun ke depan?
    Mengingat inflasi di indonesia sekarang mencapai 6-7%/ tahun?
    Udah ngalahin bunga deposito mas….

  64. Wah enak nih bisnis dengan cara menipu agar orang membaca artikel, insyaallah kita menjadi pemakan uang haram dan mendapat tempat sebaik-baiknya di Neraka. Alhamdulillaaaah.

    • Ada yang salah dengan tulisan saya?
      Disaat banyak ‘Oknum’ yg bilang bahwa CAR 3i Network adalah bisnis tabung menabung, yg mana sebagian besar orang ‘Awam’ akan menganggapnya seperti menabung di bank, di sini saya justru memaparkan bahwa sebenarnya ini adalah Program Asuransi, di mana sebagian besar pembayaran preminya dialokasikan untuk porsi investasi berupa unit link.

      Lucunya, ANDA menganggap bahwa saya ‘MENIPU’ anda untuk membaca tulisan saya, dan seakan akan saya ‘Menguras’ uang anda.

      Anda masih WARAS kan?

      *Syukur2 gak waras beneran, karena orang gak waras itu akan masuk surga karena gak ada pertanggung jawaban di akhirat kelak.
      Enak tho?

    • Ada yang salah dengan tulisan saya?
      Disaat banyak ‘Oknum’ yg bilang bahwa CAR 3i Network adalah bisnis tabung menabung, yg mana sebagian besar orang ‘Awam’ akan menganggapnya seperti menabung di bank, di sini saya justru memaparkan bahwa sebenarnya ini adalah Program Asuransi, di mana sebagian besar pembayaran preminya dialokasikan untuk porsi investasi berupa unit link.

      Lucunya, ANDA menganggap bahwa saya ‘MENIPU’ anda untuk membaca tulisan saya, dan seakan akan saya ‘Menguras’ uang anda.

      Anda masih WARAS kan?

      *Semoga gak waras beneran, karena orang gak waras itu akan masuk surga karena gak ada pertanggung jawaban di akhirat kelak.
      Aamiin.

  65. Mantap Pak…saya baru gabung 3 bulan. Mohon Ijin Share artikelnya ya Gan…saya share juga di blog saya..terimakasih..

  66. Mau nanya kalo kiat udah nabung selama 5 tahun, misalkan yg 350/bln. Apakah di tahun ke enam harus bayar juga? Mohon penjelasan nya. Thanks

    • Sesuai penjelasan pada artikel di atas, pembayaran premi STOP di tahun ke Lima.
      Selanjutnya, dana akan terus diinvestasikan oleh Perusahaan. Kalau ada keperluan, anda juga bisa mengambilnya sebagian, atau Ambil semua (tutup polis).

  67. mau nanya gan, selama kita jadi nasabah 5 tahun trus kita ada ngajak orang lain juga untuk ikut nabung, yah ibaratynya kita udh dapet bonus setiap bulan, lalu di tahun ke enam saat kita udh berhenti nabung, bonusnya berhenti juga gak gan ? soalnya ada beberapa slogan seperti ini “bulan ini gak nabung bulan depan bonus kgk turun jangan nyengir yah”. apakah ini juga berdampak kepada tahun ke 6 di saat kita udh kgk nabung lagi ?

    • Perlu dipahami, bonus sponsor/referensi hanya kita dapat selama 3 tahun.
      Detail bisa anda lihat dalam ulasan di atas tentang bonus sponsor/referensi.
      Sehingga, jika anda menginginkan bonus referensi tetap berlanjut, teruslah mereferensikan nasabah baru.
      Dari pembayaran premi mereka selama 3 tahun pertama, anda akan tetap mendapatkan bonus. Gak peduli anda sendiri sudah di tahun berapa join program ini.

  68. sangat bagus bagi orang yang mau maju, setuju kita ikut gabung bukan karena iming bonus yang selangit, tp karena tabungan hari tua dan jangka panjang, kalo kita ingin peluang usaha ya hars kerja keras,agama juga menganjurkan kerja keras kalo kita ingin berubah nasib, ok mas fatkul ijin share, kl boleh tau mas fatkul posisinya sdh dmna, apakah sdh crown? buat semangat dan motivasi sy yng baru gabung, tq

  69. satu lagi tambahan pendapat saya, jangan suka mengharamkan atau menganggap riba sesuatu sesuai syariah islam kalau anda blm memahami secara detail didalamnya, 3in sudah ada dewan syariahnya yang sudah maklumat minaddin, wong yang bisa meraih sukses di sini ya yg mau kerja keras dan doa, sangat terbuka, ok bravo mas fatkul

  70. Mas Fatkul, sy tertarik ikut investasi ini, tp ada hal2 dari 3i yg menurut sy ga sejalan dgn logika berpikir saya.
    Yang pertama, knp ya asuransi jiwa 3i network ini ga ada di iklan2 media massa secara terbuka. Contohnya sprti asuransi jiwa bringin life, bakrie life, axa life mandiri, karena perusahaan besar sprti car pasti paham efek/dampak iklan thd produk mereka. Logikanya, pasti akan lbh bnyk orang yg mau daftar pas lihat iklan 3i di tivi, drpd lewat blog sprti ini atau situsnya 3i.
    Dan kalo sy ke link nya 3i yg di http://3i-networks.com, kok kenapa alamatnya beda dgn http://www.car.co.id/id/produk padahal katanya car.co.id itu grup perusahaan induk dari 3i. 3i pakenya situs .com kalo car pake situs .co.id . Kita tau kalau mau bikin situs .co.id harus pake SIUP, makanya sy ragu situs 3i didaftarkan pake SIUP karena situsnya hanya .com saja (syarat daftar lebih gampang drpd .co.id).
    Saya pribadi jg bisa bikin situs ky begini tanpa syarat dokumen apa apa, misalnya dgn nama 3i_net.com . Tapi kalo saya mau bikin situs 3i_net.co.id , sy harus pny perusahaan dgn nama PT 3i Net yg sudah punya SIUP. (Gitu contohnya)
    Lagipula, kok jenis produk asuransi 3i network itu ga ada di daftar produk nya situs car.co.id ? Logikanya, produk itu ya dicantumin disana. Untuk apa PT CAR bikin website resmi yg produknya harus dicantumin di situs lain (3inetwork.com).
    Nah, gimana penjelasan mas Fatkul ttg iklan di tivi/mediamassa dan ttg situs .com tadi?

    • Terkait ‘Promosi’, mungkin anda perlu baca ulasan saya tentang seluk beluk bisnis MLM (Multi Level Marketing) yg sudah saya tulis di blog ini.
      3i Networks menggunakan sistem networking untuk promosi, dan ini menurut saya pilihan cerdas, budget rendah, jangkauan cukup luas dan efektif.
      Sementara untuk Produknya yakni CARlink Pro Mixed, bisa anda lihat di situs resmi CAR.
      Terkait website 3i Networks, itu adalah website pembantu yg fokus ngurusin program ini, karena secara sistem, termasuk proses perekrutannya menggunakan sistem nasabah get nasabah.
      Beda dengan produk CAR lainnya.
      Di sisi lain, karena sistemnya networking, ada penghitungan bonus dan semacamnya yg memang butuh concern LEBIH untuk memantau, sehingga dibutuhkan website pembantu dan Team khusus.

  71. Assalammualaikum wr.wb.
    pak mau Nanya
    1.apa arti dari 3i Network?
    2.siapa pemilik perusahaan?
    3.badan hukum apa yang menaungi perusahaan ini?
    4.dan jika terjadi failed siapa yg bertanggung jawab

    • mas Fakhul OJK hanya bertugas mengawasi …..tidak bertanggung jawab atas ingkar janji/failed….kalau mas Fatkul bisa memberikan fakta jaminan bahwa investasi kita dijamin oleh pemerintah saya sekelaurga ikut mas……OJK ibarat Polisi yang kasih SIM ke orang….tapi tak menjamin orang itu menggunakan kendaraan dengan baik ketika di jalan raya….itu gambaran Simpelnya…

  72. Utk yg mw investasi d 3i network pikir dl deh,jngn ampe nyesel d tengah jln. Ini adalah investasi lwt keranjang asuransi. Asumsi return yg d buat mrk bnr tp menjerumuskan. Apa ada reksadana return bs 20% ? Stlah 5 tahun nnti nabung,anda baru impas hasil tabungan jk return nab berkisar 12%. Jasil reksadana di lapangan itu 8% sdh hebat, danl 3 tahun ini nab carlink pro mixed mlh hnya d bwh 6%… Ini berati tabungan anda srtelah 5 thn nnti d prefiksi bakal minus atau tekor,perlu 10 thn baru impas…. Jd yg terlanjur gabung jngn mimpi tinggi2 deh..yg realistis sk

  73. Tertarik,,,tp kmren aq lht youtube beli staterkit kq smpe 1 jt lebih mz.
    Kl mo gabung byar 350 sama bli staterkit dulu baru dpet id gtu ya maz,,

  74. Gan, saya mau join nih, tapi masih kurang mengerti tentang bonus bonusnya,
    1. Bonus referensi, misal referensi 5 orang dengan tabungan Rp. 350rb berarti itu setelah dihitung kan total 250rb, itu kita dapatnya sampai batas waktu berapa lama? apakah selamanya? dan apakah dalam kurun waktu berapa bulan begitu tidak ada referensi maka bonus ini hilang?

    2. Bonus elit, Omset nasionalnya bisa kita cek dimana yah? dan total anggota yang dapat bonus elit bisa dicek kemana?

    3. Bonus posisi, yang ini maksudnya gimana yah gan? contoh perhitungannya? contoh, team agency maksud dari 3 x @2.45jt (12%) itu apa yah?

    Tolong pencerahannya pak fatkul,
    Terima kasih pak sebelumnya tentang infonya

    • 1. Bonus referensi diperoleh selama 3 tahun dengan ratio masing2 bisa dilihat dalam tabel.
      Contoh : tahun pertama 50 ribu/bulan, tahun ke dua 25 ribu/bulan, dan tahun ketiga 12,5 ribu/bulan untuk masing2 nasabah yg kita referensikan.

      2. Lihat pada sistem (aplikasi 3i Mobiss, pada report penghitungan bonus setiap bulan).

      3. Bonus posisi, diberikan jika kita berhasil mengembangkan jaringan kita.
      Contoh : 3 kaki masing2 omset minimal 2,45 juta, maka kita terkualifikasi Team Agency

  75. Pak, mau nanya, kalau saya hanya gabung saja tapi tidak ngajak orang..

    berarti saya hnya dapat nilai investasi & asuransi saja ya dan harus menunggu tahun ke-5 baru bisa diambil?

    Apakah di tahun ke1 – ke5 saya tidak dapat bonus apapun perbulannya ya?

    Terus bgmna kalau di tahun ke6 dst uangnya saya biarkan, selain investasi & asuransi, ada dapat benefit lain? ( Saya tetap tidak ngajak orang)

    Lalu bgmna kalau upline saya aktif banget ngajak orang, tapi saya tetap tidak ngajak orang, bagaimana?

    Terima kasih

  76. Mas mo tanya, sya mo gabung kq, langsung dsuruh tranfer ke sponsor 400 rb tru kirim foto ktp. Buknya yg mas blng beli starterkit dulu 50 buat akses k aplikasi nti kl dah dpet no rek perushaan baru bisa bayar premi prtma. Kl kirim ke sponsor bukan bukti tramfer dr sy donk yg dkirim 😊 mkasih

    • Mungkin Sponsor ingin membantu proses registrasi anda.
      Note : Saat ini saya sedang dalam proses pengajuan berhenti dari program asuransi ini.
      Dengan demikian saya tidak akan aktif lagi membalas semua pertanyaan terkait Asuransi CAR 3i Networks ini.
      Terima kasih.

  77. Saya melihat CAR telat memulai program ini. Banyak perusahaan lain yg sudah puluhan tahun.
    Tapi setelah saya baca diatas, saya lihat NANGGUNG banget produknya. Kenapa?

    1. Cover asuransinya kecil sekali, HANYA 21 JUTA (kalau premi 350 rb sebulan). Hari gini untuk apa?
    Kebetulan saya punya polis di beberapa asuransi lain, bisa dapat sekitar 300 juta untuk premi yg sama. Bahkan diperluas dengan cover penyakit kritis, kecelakaan, kesehatan, dll, dalam satu polis.

    2. Investasi. Kalau duit kita kena biaya akuisisi, itu bukan investasi namanya. Masukkan Reksadana, full 100% diinvestasikan. Banyak Reksadana yg bisa investasi mulai 100 rb sebulan.
    Dan yg namanya investasi, TIDAK ADA YG DIJAMIN. Ingat the 1998, 2005, 2008, semua pasar modal jeblok bahkan ada minus.
    Jadi maaf, saya tidak melihat yg menarik dari program ini.
    Terima kasih.

    • Sejak awal (sebelum join), mereka sudah mendapat paparan yang jelas tentang program ini.
      Mereka juga sudah saya bimbing untuk bisa mandiri dalam menjalankan bisnis ini.
      Jadi tidak ada masalah, mereka mau lanjut atau ikut berhenti.

  78. kalau kita ambil manfaat minimal program ini jelas kita merugi….karena ada biaya akusisi…
    tapi ada hal menarik yang menjadi pertanyaan saya bos
    1. setiap program investasi pasti yang ditonjolkan kelebihan dan manfaat…semua pasti setuju ,tapi ketika berbicara peluang ingkar janji dari pihak pertama jarang sekali membicarakan perlindungan dari konsumen atau nasabah…saya tak perlu meragukan kapasitas dari salim group…tapi sekecil apapun itu…peluang ingkar janji pasti ada….walau sudah terdaftar di OJK…tapi sejauh yang saya tau OJK tak pernah menjamin investasi apapun pada lembaga keuangan apapun berupa jaminan uang kembali ketika ada ingkar janji….tolong dibedakan antara OJK dan LPS….yang saya tanyakan apa jaminan yang bisa membuat nasabah merasa nyaman, utamanya dari pihak pemerintah..
    2. Ada bayangan yang menggelitik dari skema program ini ketika saya ibaratkan uang kita diolah atau diputar untuk menghasilkan profit dan kita mendapatkan keuntungan atas uang yang kita investasikan. kita bandingkan persentase keuntungan dengan bunga kredit bank terkemuka di Indonesia. Saya sendiri kalau diposisi Car3 akan lebih baik saya memutar uang bank daripada mengolah uang nasabah dengan tanggung jawab memberikan bagi hasil yang lebih dari suku bunga kredit bank. Apalagi dengan nama besar Perusahaan2 yang disebutkan diatas tak sulit untuk Pihak Bank mengucurkan dananya.

    2.

    • Terima kasih sudah share ‘pandangan’nya terkait program ini.
      Btw, saat ini saya dalam proses pengajuan berhenti dari program Asuransi ini.
      Namun apa yg anda sampaikan, ada benarnya.
      Bagaimanapun yg namanya ‘bisnis’ pasti ada resiko, entah itu besar atau kecil.

      • loh lah…berarti anda sudah berhenti toh…….?…..segala sesuatu ada resiko mas….tapi ketika resiko itu kita yang memanage akan lebih baik

        • Iya, per 30 Agustus kemaren saya kirim pengajuannya beserta dokumen yang diperlukan.
          Masih dalam proses.
          Btw, tiap orang memang memiliki sudut pandang masing masing terhadap program ini.
          Masih banyak juga yang antusias untuk bergabung.

  79. Simpanan nasabah di bank memang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (“LPS”) sebagaimana diatur dalam UU No. 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana telah diubah dengan UU No. 7 Tahun 2009 jo. Perpu No. 3 Tahun 2008 (“UU LPS”).

    Fungsi LPS adalah menjamin simpanan nasabah penyimpan yang berbentuk giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan, dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu untuk setiap nasabah dalam satu bank paling banyak Rp100 juta, dan dapat diubah nilainya melalui Peraturan Pemerintah (Pasal 4 huruf a jo. Pasal 10 jis. Pasal 11 UU LPS).

    Setelah meninjau ketentuan LPS, sekarang kita akan meninjau ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perasuransian.

    Apabila kita meninjau ketentuan UU No. 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian (“UU 2/1992”) hanya mengenal istilah asuransi kerugian, asuransi jiwa, reasuransi, dan tidak ditemukan istilah asuransi dengan unit link. Istilah unit link diatur dalam Peraturan Usaha Perasuransian No. 2 Keputusan Ketua Bapepam dan LK No. KEP-104/BL/2006 Tahun 2006 tentang Produk Unit Link. Pengertian produk unit link adalah produk asuransi jiwa yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

    a. nilai manfaat yang dijanjikan ditentukan oleh kinerja subdana investasi yang dibentuk untuk unit link tersebut;

    b. nilai manfaat yang diperoleh dari subdana investasi dinyatakan dalam unit; dan

    c. mengandung pertanggungan risiko kematian alami.

    Jadi, berdasarkan penjelasan sebelumnya dapat diketahui bahwa produk unit link adalah termasuk jenis asuransi jiwa.

    Jika di usaha perbankan terdapat lembaga LPS, bagaimana dengan usaha asuransi apakah ada lembaga yang serupa dengan LPS untuk usaha asuransi? Berdasarkan penelusuran kami pada lembaga-lembaga yang terkait dengan asuransi seperti Bapepam-LK, yang dibentuk dengan Kepmenkeu No. 606/KMK.01/2005 Tahun 2005 sebagaimana telah diubah dengan Kepmenkeu No. 312/KMK.01/2006 Tahun 2006, serta Otoritas Jasa Keuangan yang dibentuk dengan UU No. 21 Tahun 2011 fungsinya tidak seperti fungsi lembaga LPS dalam usaha perbankan.

    Walaupun tidak terdapat lembaga seperti LPS pada usaha perasuransian, perusahaan asuransi jiwa (termasuk yang menggunakan pola unit link) dapat mengasuransikan lagi risiko yang dimilikinya kepada perusahaan reasuransi karena usaha perusahaan reasuransi adalah memberikan jasa dalam pertanggungan ulang terhadap risiko yang dihadapi oleh Perusahaan Asuransi Kerugian dan atau Perusahaan Asuransi Jiwa (Pasal 3 huruf a angka 3 UU 2/1992).

    Jadi, dalam usaha asuransi jiwa termasuk asuransi jiwa dengan unit link, tidak terdapat lembaga penjamin seperti LPS dalam usaha perbankan. Untuk mengatasi hal ini. perusahaan asuransi jiwa dapat mengasuransikan ulang risikonya ke perusahaan reasuransi.

    Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

    Dasar hukum:

    1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian

    2. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2009 jo. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2008

    3. Undang-Undang No. 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan

    4. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 606/KMK.01/2005 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 312/KMK.01/2006 Tahun 2006

    5. Peraturan Usaha Perasuransian Nomor 2 – Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Nomor KEP-104/BL/2006 Tahun 2006 tentang Produk Unit Link

  80. Sudah scroll sampe bawah pak Fathkul, kesimpulannya saya jg mau menutup polis terima kasih atas semua informasi dan komen2 dari rekan2 semua, cukup menyadarkan saya akan kelebihan dan kekurangan 3i ini

  81. Q mo nanya jg lah,,,
    misalnya udh 5 thn nabung yah, jd jumlahnya 21.000.000
    trus abis tu kan gk nabung lg, & di investasikan
    trus bisa gk sih 2 thn kmudian q ambil keuntungan hasil investasi???

  82. hehehehe maaf maz, ad namnya maz fatkul,,
    DAFTAR WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL TIDAK RESMI 3i-NETWORKS YANG BELUM DITUTUP

    10 September 2017 23:51:55

    • Heheee,.. Iya.
      Saya sudah kontak admin untuk klarifikasi bagian mana dalam artikel ini yg ‘tidak’ memenuhi standar dan akan saya revisi/update.
      Tunggu feedback dari mereka.

  83. Terimaksih pemaparan 3i-Nerwork Mas sehingga bisa saya ikuti dan ada minta untuk bergabung namun saya bertanya bagaimana cara perhitungan untuk memperoleh jumlah investasi yang terkumpul selama menabung 5 tahun?
    minta bantu kalau dijawab langsung dikirim di email serta buku panduanya jg kalau boleh.
    Trimakasih

  84. bagaimana nasib nasabah jika perusahaan asuransi CAR bangkrut atau OJK mencabut izin usaha perusahaan asuransi CAR.dan bagaimana nasib pemegan polis. kemana harus mengadu…???

  85. Yang aneh para anggota bisnis tersebut tidak berfikir bila perusahaannya akan berhenti disatu saat dan itu pasti setelah uang mereka diambil. Lalu bagaimana dengan nasib anggota yang baru masuk menjelang berhentinya perusahaan tersebut?

  86. Terima kasih atas informasinya , hampir saja saya ikut program ini tp saya mash ragu, Untung saja saya baca disini jd yakin saya gak jd ikut. ..

      • ternyata PT AJ CENTRAL ASIA RAYA itu bagus. suda z cek kantor keseluruhan dan legalitas dan agamanya jg bagus. halal untuk semua kalangan.z jg ragu sebelumnya tapi sekarng z sd join.dan jg perusahaanya tdk bisa bangkrut karna perusahaanya besar .bisa bangkrut terkeculi allah berkehendak…

  87. Gilaaa,,orang yang tidak pernah mau belajar Management investasi,yang ada difikiranya hanya kepentingan ( komisi/cepet kaya lewat jalan pintas) ini yang akan menyebapkan banyaknya demam dan kritis masyarakat ke indusri insurance
    Di kontraknya tertulis jelas,,ini adalah ilustrasi uangnya akan jadi 21 jt di tahun ke 5 jika investasi untung minimal 14% setiap tahun dan sifatnya wajib
    Bagaimana mungkin itu ?
    Sedangkan uang di putar di saham ?
    Ada biaya akuisisi (uang nasabah yang di bagi bagikan ke agen dan member/up line mselama 5 tahun 60% 25% 10% 5% 5%)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here