Manfaat asuransi dalam perencanaan keuangan keluarga

0
116

manfaat asuransi dalam perencanaan keuangan keluarga

Manfaat asuransi dalam perencanaan keuangan keluarga tidak bisa dianggap enteng. Pasalnya, dengan memiliki asuransi, terutama asuransi jiwa akan membuat hidup anda menjadi tenang. Anda tidak perlu khawatir memikirkan nasib keluarga anda ketika anda dipanggil Tuhan kelak. Kebutuhan finansial mereka akan tercover oleh pihak asuransi sepeninggal anda nanti.

Di sisi lain, pemilihan perusahaan asuransi juga tidak bisa asal. Pastikan perusahaan asuransi tersebut memang sudah memiliki rekam jejak yang jelas, berijin secara sah, dan didukung finansial yang kuat. Seperti asuransi Prudential dan Asuransi Central Asia (ACA) yang dimiliki oleh Salim Group.

Selain itu, perlu juga untuk memilih paket asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari besaran premi yang harus dibayarkan, hingga fitur coverage yang diberikan. Salah satu yang paling umum ditawarkan oleh pihak asuransi adalah coverage di bidang kesehatan. Proses pengobatan anda akan didanai oleh pihak asuransi sehingga tidak menyulitkan keuangan keluarga karena biaya pengobatan yang semakin besar. Di sisi lain, ada juga dana santunan ketika pemegang polis meninggal dunia, sehingga keluarga yang ditinggalkan akan terjamin dari sisi finansial, atau setidaknya ada dana yang bisa membantu mereka sepeninggal kita. Selanjutnya, itu disebut Asuransi Jiwa.

Manfaat asuransi secara umum

Seperti anda perhatikan dalam penjelasan di atas, sebuah asuransi bisa memberikan beragam manfaat sesuai paket yang ditawarkan, dan tentunya disesuaikan dengan besaran premi yang kita bayar.

  • Asuransi kesehatan akan mengcover dana pengobatan anda selama dirawat di rumah sakit. Tentunya ini juga disesuaikan dengan paket yang anda pilih, seperti jenis-jenis penyakit yang dicover, jenis operasi yang dilakukan, dan beberapa lainnya.
  • Asuransi jiwa akan memberikan dana santunan ketika anda meninggal dunia. Sejumlah dana akan diberikan kepada ahli waris yang ditunjuk ketika pengajuan polis asuransi.
  • Asuransi pendidikan akan memberikan jaminan biaya pendidikan untuk anak kita kelak. Biasanya dana akan dikeluarkan dalam kurun waktu tertentu sesuai program yang diambil.
  • Asuransi dalam bentuk investasi akan memberikan manfaat layaknya sebuah tabungan di bank. Kelebihannya, dana kita biasanya dimasukkan dalam pasar saham, obligasi, reksadana, kas, dan lainnya yang memiliki tingkat pertumbuhan lebih tinggi. Cocok untuk anda yang ingin menyiapkan dana pensiun kelak.

Satu hal yang perlu anda perhatikan adalah detail dari kontrak polis yang ingin anda ikuti. Pastikan anda memahami dengan jelas manfaat dan syarat yang diberikan agar tidak terjadi kesalah pahaman saat proses klaim kelak.

Perencanaan keuangan keluarga

Perencanaan keuangan keluarga sangat penting untuk dilakukan semenjak anda masih muda. Di antaranya adalah merencanakan dana pensiun, dana pendidikan anak, dan dana warisan ketika anda meninggal kelak.

Apakah dengan menabung di bank semua hal di atas akan tercover? Hmm, bisa ya bisa tidak. Untuk biaya pendidikan anak mungkin bisa tercover jika anda ‘Rajin’ menabung sejak dini. Tapi bagaimana dengan kondisi finansial ketika anda memasuki masa pensiun kelak? Atau bahkan ketika anda meninggal nanti?

Pertanyaan seperti itu akan sedikit mengganggu anda bukan?. Salah satunya adalah karena setelah kita pensiun, secara otomatis pemasukan dana akan terhenti, sementara pengeluaran akan semakin besar seiring dengan kondisi fisik kita (kesehatan) yang menurun. Ditambah lagi pertumbuhan nilai dana tabungan kita di bank ‘tidak cukup’ besar bukan?.

Kabar baiknya, ada sebuah program asuransi yang ditawarkan oleh CAR 3i Network yang merupakan bagian dari Salim Group (Pemilik Indofood, BCA, Pepsi, Wings, dan beberapa lainnya), yang secara finansial sudah sangat terjamin.

Premi yang ditawarkannya pun terbilang cukup terjangkau yakni 350 ribu atau 700 ribu per bulan. Seperti layaknya menabung di bank, namun karena dana tersebut dimasukkan dalam porsi investasi di pasar saham, obligasi, reksadana, dan kas oleh perusahaan Salim Group, maka pertumbuhan nilainya akan sangat dahsyat, jauh di atas bank.

Jika dana tersebut tidak anda ambil setelah masa pembayaran premi (5 tahun), maka dana tersebut akan terus diinvestasikan oleh Salim Group dan akan memiliki nilai hingga Milyaran Rupiah ketika masa pensiun anda tiba (10, 20, atau 30 tahun ke depan).

Di sisi lain anda juga akan tercover oleh asuransi jiwa. Jadi ketika anda meninggal dunia, keluarga atau ahli waris anda akan mendapatkan santunan dari perusahaan beserta dana investasi anda yang sudah terkumpul. Dan yang lebih menggiurkan adalah adanya potensi income bagi anda yang terdaftar sebagai nasabah. Jadi, disamping membayar premi bulanan, anda juga berpotensi mendapatkan income tambahan selama menjadi bagian dari nasabah di CAR 3i network hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Bagaimana? Anda tertarik dengan program yang ditawarkan oleh CAR 3i Network? Silahkan baca detailnya melalui ulasan berikut ‘Asuransi CAR 3i Network dari Salim Group’.

Demikian ulasan mengenai pentingnya sebuah asuransi dan perencanaan keuangan keluarga. Sudahkah anda menyiapkannya? Mari menabung, berinvestasi, dan berasuransi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here