Keuntungan menjadi seorang Affiliate Marketer

2
161

enaknya menjadi affiliate marketer

Tidak bisa dipungkiri bahwa Affiliate Marketing merupakan metode paling efektif dalam beriklan secara online. Termasuk di dalamnya para pemilik website atau blog bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan secara online dari program ini.

Pada dasarnya, affiliate marketing merupakan bentuk kerjasama antara vendor dengan pemilik website. Dimana pemilik website bisa mempromosikan produk dari vendor baik melalui tulisan artikel maupun banner yang memuat link menuju website dari merchant tersebut. Sebagai imbalannya, Merchant akan membayar sejumlah komisi kepada pemilik website setiap kali ada pengunjung yang melakukan klik dan membeli produk dari Merchant itu.

Perlu diingat bahwa dalam program ini, Merchant hanya akan memberikan komisi jika pelanggan melakukan klik dan melakukan pembelian produk. Tidak seperti program Adsense yang membayar affiliatenya setiap kali ada pelanggan yang melakukan klik pada link iklan  meskipan pada akhirnya pelanggan tidak melakukan pembelian produk maupun layanan dari vendor atau merchant yang dimaksud.

Meskipun demikian, program affiliate marketing ini banyak diminati oleh para pemilik website atau blog mengingat proses pendaftaran yang relative mudah dan murah (bahkan kebanyakan gratis). Tidak seperti program Adsense dari Google yang membutuhkan kerja keras dan waktu untuk membangun sebuah website atau blog hingga bisa diterima dalam program Google Adsense. Seperti saya yang sudah beberapa kali coba mendaftar Google Adsense namun masih belum diterima alias ditolak, hehee.

Kembali ke bahasan affiliate marketing. Keuntungan dalam menjalankan program ini dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu dari sisi Vendor / Merchant dan dari sisi Affiliate.

Bagi Vendor, program affiliate marketing ini sangat membantu mereka dalam mendapatkan pangsa pasar atau market yang lebih luas. Bahkan cara ini bisa dibilang lebih efektif dibandingkan dengan teknik beriklan secara tradisional lainnya. Dengan memiliki jumlah affiliate yang banyak dan tersebar di seluruh penjuru dunia, kesempatan untuk memperkenalkan produk dan meraih banyak klien semakin besar dan berujung pada potensi penjualan yang meningkat. Di sisi lain, mereka hanya perlu membayar affiliate nya jika terjadi penjualan produk. Sisanya ya promosi gratis, hihihiii.

Bagi Affiliate Marketer, program afiliasi ini akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan penghasilan secara online. Hanya dengan memasang link ke situs Merchant, baik berupa banner maupun tulisan artikel akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan komisi jika ada pengunjung yang melakukan klik dan melakukan pembelian produk tertentu. Makanya bisnis ini sangat cocok bagi anda yang memiliki website maupun blog. Hanya dengan memasang banner atau sekedar link menuju situs web Merchant, kita tunggu respon dari pengunjung untuk melakukan klik dan membeli produk maupun layanan yang ditawarkan dan komisi pun mengalir.

link afiliasi

Di sisi lain, affiliate marketing juga merupakan cara mudah untuk mendapatkan penghasilan dari rumah. Hampir tidak ada biaya produksi yang kita keluarkan karena rata-rata produk sudah dilakukan uji mutu dan terbukti laku di pasaran. Tugas anda sebagai affiliate marketer hanya mencari prospect sebanyak mungkin yang nantinya dapat mendatangkan komisi bagi anda. Anda tidak perlu repot-repot menjaga stock barang, mengurus ekspedisi, hingga melakukan follow up ke pelanggan karena semua sudah dihandle oleh Vendor. Sungguh anda bisa mendapatkan penghasilan sambil duduk manis di rumah (sambil online di laptop tentunya, heheee).

Banyak sekali produk atau program afiliasi yang bisa anda temukan di luar sana dan tentunya yang sesuai atau relevan dengan konten website atau blog anda. Lebih jauh lagi anda bisa memilih program atau produk afiliasi yang sesuai dengan minat dan passion anda. Beberapa program afiliasi yang saya rekomendasikan antara lain FM Group, Azaria, Clickbank, dan Paytren.

Dengan jangkauan internet yang sangat luas, anda sebagai affiliate marketer akan dengan mudah mendapatkan ribuan prospect dari seluruh dunia tergantung market yang anda sasar. Di sisi lain, program affiliate marketing ini memberikan resiko yang sangat minim karena dengan mudah anda bisa mengganti produk manapun jika tidak menghasilkan konversi penjualan dengan baik. Tidak ada kontrak jangka panjang yang mengikat anda jika produk yang anda promosikan tidak menghasilkan penjualan. Simpelnya, buang dan ganti dengan yang baru yang lebih memberikan peluang penghasilan.

Sebagai kesimpulan, keuntungan menjadi seorang affiliate marketer adalah kesempatan untuk menambah penghasilan anda. Terlepas affiliate marketing ini hanya sebagai usaha sampingan maupun sudah menjadi sumber penghasilan utama. Proses pendaftaran yang mudah, biaya awal yang murah (bahkan gratis), serta market yang masih luas bisa jadi daya tarik tersendiri bagi anda yang ingin menjalankan bisnis afiliasi sebagai Affiliate Marketer.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here