Ini dia daftar kode transfer bank terbaru 2016

0
661

daftar kode transfer bank

Berapa sih kode transfer bank Mandiri?. Barangkali anda sering mendengar pertanyaan ini dari teman maupun mitra bisnis anda. Ya, pada kenyataannya urusan transfer mentransfer ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita, mulai dari proses pembayaran belanja online, bayar cicilan, hingga bayar utang heheeee.

Lalu, kapan sih kode transfer bank ini kita perlukan? Di mana kita bisa mengetahui berbagai kode transfer bank yang ada di Indonesia? Nah, inilah yang akan saya bahas dalam postingan kali ini.

 

Penggunaan Kode Transfer Bank

Pada dasarnya setiap bank memiliki aturan tersendiri terkait penentuan nomor rekening nasabahnya. Ada yang menggunakan 10 digit, 13 digit, dan 15 digit sebagai susunan nomor rekening. Dan setiap nasabah memiliki nomor rekening yang berbeda sebagai identitas untuk mempermudah proses transfer-mentransfer, sehingga proses transfer dana bisa sampai di rekening tujuan dengan selamat.

Ada kalanya kita melakukan transfer ke rekening bank yang sama seperti bank BCA ke bank BCA. Dalam kasus ini, kita tidak perlu menggunakan tambahan kode transfer bank saat melakukan transfer karena dengan nomor rekening saja sudah bisa dengan mudah diidentifikasi oleh pihak bank. Lain halnya jika kita hendak melakukan transfer ke rekening bank lain. Sebuah kode transfer dibutuhkan untuk mempermudah dalam proses identifikasi nomor rekening tujuan. Tentunya hal ini berkaitan dengan adanya beberapa bank yang menggunakan jumlah digit yang sama untuk penyusunan nomor rekening nasabahnya. Coba bayangkan jika ternyata nomor rekening tersebut ternyata terduplikasi alias sama persis antara 2 nasabah bank yang berbeda, bisa nyasar tho transferannya?.

 

Daftar kode transfer antar bank

Seperti penjelasan sebelumnya, untuk mempermudah identifikasi dari aktivitas transfer antar bank diperlukan kode tertentu yang harus dimasukkan sebelum mulai melakukan transfer. Berikut adalah kode transfer antar bank yang berlaku saat ini (2016) dan bisa anda gunakan sebagai referensi sebelum melakukan aktivitas transfer antar rekening bank satu dengan lainnya.

Nama Bank

Kode Transfer Bank

Bank BRI 002
Bank Mandiri 008
Bank BNI 009
Bank Danamon 011
Bank Permata 013
Bank BCA 014
Bank CIMB Niaga 022
Bank Citibank 031
Bank HSBC 041
Bank Standard Chartered 050
Bank Bumi Arta 076
Bank BTN 200
Bank BRI Syariah 422
Bank Mega Tbk 426
Bank Bukopin 441
Bak Mandiri Syariah 451

 

Itulah beberapa kode transfer bank yang bisa anda jadikan referensi dalam melakukan transfer antar bank. Sebenarnya masih banyak lagi kode bank lainnya, namun karena bank tersebut bersifat ‘Lokal’ sehingga saya rasa jarang dicari orang dan digunakan. Namun jika anda sedang mencari daftar kode transfer bank lainnya yang tidak ada dalam list di atas, anda bisa mengunjungi website berikut : Daftar Lengkap Kode Transfer Antar Bank

Jika ada dari data di atas yang kurang tepat, mohon untuk bisa dikoreksi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here