Cara Upgrade kartu Tri ke 4G sendiri modal Rp800

0
102

Cara upgrade kartu Tri ke 4G sendiri modal Rp800

Cara upgrade kartu Tri ke 4G sendiri dengan modal 800 perak ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya setelah beberapa kali mencoba, gagal, dan akhirnya berhasil.

Ya, sudah beberapa kali saya mencoba proses upgrade ini dengan mengikuti panduan yang ada di internet, namun baru kali ini (hari ini) saya berhasil.

Lalu, seperti apa prosesnya dan mengapa saya ‘keukeuh’ ingin mengupgrade kartu Tri ke 4G meskipun sudah beberapa kali gagal?

Apa saja langkah-langkah yang harus dihindari agar proses upgrade ini berhasil? Nah, simak ulasan lengkap berikut ini.

 Definisi Upgrade kartu Tri dari 3G ke 4G

Seperti kita ketahui, perkembangan jaringan selular begitu massive dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari jaringan 2G, Edge, 3G, HSPA, hingga sekarang yang sudah mencapai 4G.

Hal ini berlaku pula untuk kartu SIM yang dikeluarkan oleh para operator selular. Ada yang hanya mentok sampai jaringan 3G (belum bisa 4G), terutama untuk kartu SIM lama yang mungkin sudah anda gunakan beberapa tahun ke belakang.

Nah, proses upgrade kartu Tri dari 3G ke 4G ini dimaksudkan agar kartu SIM anda bisa mendapatkan sinyal 4G dengan cara mengganti kartu SIM lama dengan kartu SIM baru (Kartu Upgrade) yang sudah mendukung jaringan 4G.

Poin pentingnya, nomor anda tidak akan berubah alias tetap, termasuk paket data maupun sisa pulsa yang ada di kartu lama akan otomatis tercatat di SIM baru.

Keuntungan Upgrade kartu Tri ke 4G

Sebagai seorang Blogger dan Youtuber yang sering melakukan upload video maupun akses internet, kecepatan jaringan sangatlah penting untuk menunjang aktivitas saya.

Begitu juga bagi anda yang sudah memiliki smart phone yang mendukung jaringan 4G, akan sangat bermanfaat jika kartu SIM yang anda gunakan juga mendukung jaringan 4G.

Masak beli HP mahal-mahal yang sudah support 4G, eh kartu SIM anda belum mendukung. Sayang apa sayang hayoo,..

Dengan jaringan 4G, maka untuk membuka video maupun berselancar di dunia maya akan terasa sangat lancar, tanpa lag atau nyendat-nyendat.

Di sisi lain, harga paket data untuk jaringan 4G jauh lebih murah dibandingkan jaringan di bawahnya seperti 3G dan HSPA.

Sebagai contoh, untuk kartu Tri misalnya. Saya bisa mendapatkan kuota sebesar 30GB hanya dengan modal 100 ribuan.

Padahal sebelum upgrade, saya hanya akan mendapatkan kuota 8GB, karena bonus 22GB (4G) tidak bisa saya gunakan karena kartu saya belum support 4G.

Sebenarnya untuk bisa mendapatkan jaringan 4G cukup membeli kartu SIM baru (perdana) yang support 4G. Namun untuk pengguna lama biasanya sayang kalau nomornya harus ganti.

Untuk itu, prosedur Upgrade Kartu Tri ke 4G (dengan kartu Upgrade) ini merupakan satu solusi bagi anda yang ingin nomornya tetap, namun bisa menikmati jaringan 4G.

Cara Upgrade kartu Tri ke 4G sendiri secara Online

Untuk melakukan upgrade kartu Tri ke 4G dengan nomor yang tetap, sebenarnya ada 2 cara, yaitu datang ke Tri Store dan Upgrade Sendiri via Online.

Sayangnya, belum tentu lokasi Tri Store itu dekat dengan lokasi anda, sehingga agak malas kalau harus datang ke sana, terlebih jika lokasinya cukup jauh (seperti kasus saya yang saat ini tinggal di Malang).

Namun jangan khawatir, karena selanjutnya saya akan paparkan dengan detail bagaimana cara upgrade kartu Three dari 3G ke 4G secara online dengan modal 800 rupiah saja.

Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk melakukan upgrade sendiri :

Beli Kartu Upgrade Tri
Pertama silahkan beli kartu Upgrade Tri yang bisa anda dapatkan secara online baik di Toped maupun Bukalapak.

Sebagai referensi, saya mendapatkan di Bukalapak dengan harga Rp800/pcs. Penampakannya bisa anda lihat seperti gambar berikut.

ksrtu upgrade Tri ke 4G

Note : Sebaiknya anda beli lebih dari 1 buah, untuk jaga-jaga jika prosesnya gagal, anda bisa mencobanya kembali.

Proses Aktivasi
Selanjutnya lakukan proses aktivasi dengan cara mengirim SMS ke 123 dengan format : SIM spasi 20 digit ICCID yang tertera di kartu.

Contoh : SIM 89628950002573192224

  • Tunggu balasan dari nomor 765 yang berisi KODE aktivasi (catat kodenya di kertas), kemudian balas dengan mengetik : OK. Lalu matikan HP anda.
  • Masukkan kartu yang baru, kemudian hidupkan kembali HP anda.
  • Setelah HP hidup, biasanya akan diminta melakukan registrasi ulang (formalitas) dengan memasukkan nomor KTP dan nama Ibu Kandung.
  • Selanjutnya, anda akan menerima SMS dari 765 dan diminta mengirimkan KODE aktivasi yang sebelumnya anda terima (yang anda catat tadi).
  • Balas dengan mengetikkan : CODE spasi KODE Aktivasi
    Contoh : CODE CXKY06VJ9.
  • Jika berhasil, anda akan menerima SMS Konfirmasi bahwa kartu anda sudah diupgrade ke 4G.

cara upgrade kartu three ke 4G sendiri atau online

PENTING,!!

  • Sebelum memulai proses ini, pastikan area anda sudah terjangkau jaringan 4G (belum semua daerah terjangkau 4G).
  • Jangan berpindah tempat selama proses berlangsung dari awal sampai akhir.
  • Matikan HP anda saat mau mengganti SIM yang baru, jangan main cabut SIM saat HP menyala.
  • Segera balas SMS yang berisi proses registrasi ulang maupun SMS yang berisi perintah kirim KODE aktivasi secepatnya.
  • Setelah mendapat SMS konfirmasi bahwa proses Upgrade kartu 4G berhasil, diamkan/letakkan HP anda di tempat semula, jangan dibawa ke mana-mana (jangan pindah tempat/ruang) selama 20 menit ke depan untuk memastikan sinyal 4G yang diterima stabil.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang cara upgrade kartu Tri ke 4G sendiri secara online tanpa harus datang ke Tri Store, dan hanya bermodalkan Rp800 saja.

Segera Upgrade kartu 3G anda ke 4G untuk mendapatkan berbagai keuntungan seperti penjelasan di atas.

Punya pengalaman terkait proses Upgrade kartu Tri dari 3G ke 4G, atau menemui kesulitan saat mencoba melakukan upgrade secara online?

Silahkan tuliskan pengalaman dan kesulitan yang anda alami melalui kolom komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here