Cara setting pembayaran Google Adsense melalui bank lokal

32
2746

cara setting pembayaran google adsense melalui rekening bank lokal

Cara setting pembayaran Google Adsense melalui bank lokal, ulasan mengenai bagaimana cara mengatur proses pembayaran Google Adsense agar bisa masuk ke rekening bank lokal kita seperti BCA dan Mandiri.

Sebagai publisher adsense ‘Anyaran’ alias baru, wajar jika anda bingung bagaimana anda bisa mencairkan penghasilan adsense, baik dari blog maupun channel youtube anda. Saya pun awalnya juga demikian, heheee.

Namun gak usah khawatir, karena anda sudah menemukan artikel yang tepat, yang akan membimbing anda dalam proses pengaturan pembayaran Google Adsense agar bisa masuk atau ditransfer langsung ke rekening bank lokal kita.

Btw, anda sudah punya rekening bank lokal kan? Jika belum, maka segera buka rekening bank ke kantor bank terdekat, bisa BCA maupun Mandiri. Hal ini diperlukan karena nama pemilik rekening harus sama dengan nama pemilik akun Adsense agar tidak terjadi kendala dalam proses pencairan nanti.

Untuk lebih detailnya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Syarat melakukan setting pembayaran Google Adsense

Sebelum melakukan setting pembayaran Google Adsense, pastikan akun anda setidaknya sudah menghasilkan $10 (atau setara dengan nilai itu jika pakai kurs lain).

Sebelum mencapai $10, maka proses setting belum bisa dilakukan, alias menu untuk setting pembayaran belum bisa diklik atau diakses.

Di sisi lain, pastikan anda sudah mendapatkan PIN verifikasi dari Google Adsense terkait validitas alamat anda. Ya, setelah akun anda mulai menghasilkan uang, maka pihak Google Adsense akan mengirimkan surat yang berisi PIN ke alamat anda tinggal (sesuai data alamat saat anda registrasi akun Google Adsense dulu).

PIN ini nantinya harus anda input pada akun anda. Dengan demikian, status akun Google Adsense anda akan terverifikasi (verified) dan ke depannya bisa menerima pembayaran dari Google Adsense.

Note : Jika belum terverifikasi, pembayaran anda akan pending/tertunda, dan akan dibayarkan jika anda sudah melengkapi proses verifikasi di atas (input PIN).

Cara setting pembayaran Google Adsense melalui rekening bank lokal

Setelah memenuhi syarat di atas, kini anda sudah bisa melakukan setting pembayaran Google Adsense agar bisa masuk ke rekening bank lokal kita. Ikuti langkah-langkah berikut.

Dari halaman dashboard akun adsense anda, silahkan klik pada menu Settings – Payments

setting pembayaran google adsense dashboard

Selanjutnya klik pada menu Manage Payment Methods – maka akan ditampilkan pilihan metode pembayaran penghasilan Google Adsense yang meliputi Western Union – Wire Transfer – Check

setting pembayaran google adsense

Silahkan pilih Wire Transfer jika anda ingin pembayaran dilakukan melalui rekening bank lokal anda.

Selanjutnya, silahkan diisi detail data rekening bank anda yang meliputi nama pemilik akun, nama bank, swift code, dan nomor rekeningnya.

isi data bank pembayaran google adsense

Keterangan gambar di atas :

  1. Kosongkan bagian yang diberi kotak merah.
  2. Masukkan nama pemilik rekening bank (pastikan nama ini sama dengan nama pemilik akun Google Adsense).
  3. Masukkan nama Bank.
  4. Masukkan SWIFT code dari bank anda (bisa anda cari di google).
  5. Tuliskan nomor rekening anda.

Setelah terisi semua, klik pada tombol Save.

Jika berhasil, maka akan ditunjukkan gambar seperti di bawah, yang menunjukkan bahwa pembayaran penghasilan Google Adsense anda kini melalui wire transfer ke rekening bank dengan nomor yang ditunjukkan.

setting pembayaran google adsense berhasil

Note : Anda bisa mengganti atau menambahkan metode pembayaran lainnya dengan mengulangi proses atau langkah setting di atas.

Untuk pengguna tampilan Google Adsense yang lama, anda bisa menyimak video tutorial berikut :

 

Ambang batas dan tanggal pembayaran Google Adsense

Perlu diketahui bahwa untuk bisa menerima pembayaran dari Google Adsense, terlebih dulu akun kita harus sudah mengumpulkan setidaknya $100 (tercatat per akhir bulan).

Misalnya penghasilan kita dari tanggal 1-28 Februari 2017 sebesar $100 atau lebih, maka akan dibayarkan sekitar tanggal 22 Maret 2017 (tanggal pembayaran Google Adsense sekitar tanggal 22 tiap bulannya).

Sementara jika penghasilan kita dari tanggal 1-28 Februari sebesar $99, dan genap menjadi $100 pada tanggal 3 Maret, maka pembayaran akan dilakukan sekitar tanggal 22 April mendatang (terhitung genap mencapai $100 atau lebih di bulan Maret).

Paham ya? Jadi jangan tanya-tanya lagi di group FB maupun Google (+) : kenapa koq pembayaran saya belum diproses, padahal udah dapet $100 lebih?

Dan satu lagi, khusus untuk anda Youtuber. Penghasilan Google Adsense dari channel youtube anda akan dimasukkan ke akun Google Adsense sekitar tanggal 12-15 setiap bulannya. Jadi, kalo kita liatnya di akhir bulan, ya belum masuk ke akun Google Adsense. Liatnya sekitar tanggal 15 an, pasti sudah masuk di akun Adsense.

Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat mengenai bagaimana cara setting pembayaran Google Adsense melalui rekening bank lokal.

Perhatikan ambang batas dan tanggal pembayaran Google Adsense, serta kapan penghasilan dari youtube akan dikreditkan ke akun adsense agar anda tidak panic dan seakan-akan anda tidak menerima pembayaran. Padahal, belum waktunya, heheeee

Akhir kata, jika masih ada materi yang kurang jelas terkait ulasan ini, atau ada yang ingin anda tambahkan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

32 COMMENTS

  1. Mantap artikelnya karena banyak gambar sehingga lebih mudah panduannya. saya juga menggunakan pencairan melalui bank. Menurut saya pencairan melalui bank yang potongannya lebih kecil adalah Bank Mandiri. Untuk pencairan Bank BCA cukup besar potongannya.

  2. makasih sudah berbagi info ini mas,,
    mungkin nanti bisa di coba jika sudah diterima google adefense,,sekarang ini saya lagi cari cara biar bisa diterima GA,,sudah 6 kali di tolak nih.. haddeh…

  3. Saya berniat mengubah metode pembayaran adsense melalui bank. Selama ini menggunakan metode WU. Namun agak ragu, karena beberapa informasi menyatakan bahwa pencairan lewat bank dikenakan biaya cukup besar. Tapi di satu blog pernah saya baca, sekarang lewat bank tidak ada potongan. Barangkali bisa diinfokan berdasarkan pengalaman nyata, berapa potongan adsense lewat bank?

    • Saya biasanya pke rekening Mandiri, dan tidak ada potongan yg signifikan.
      Terakhir payout $138, masuk rekening sekitar 1,8 juta.
      Gak perlu repot ke kantor pos.

    • Artinya, dalam beberapa hari ke depan, silahkan cek laporan mutasi rekening anda, karena Google mencoba mengirim dana dengan jumlah kecil.
      Masukkan angka/nominal transfer tersebut pada kolom yg disediakan di akun Google Adsense anda untuk proses verifikasi.

      • Mas, sampai sekarang kok belum ada transfernya ya? Apa perlu minta untuk ditransfer ya? Terus kalau misalnya nanti sudah ditransfer, masukkan angkanya dimana ya? Sebab ini tak cari link atau menu verifikasinya kok tidak ada. Maaf banyak tanya mas. Terima kasih responnya.

  4. Kata anda tadi, “Bila $100 Di Bulan Februari”.
    Maka Yang Saya Tanyakan.
    ..Penghasilan Saya Sudah Menjadi IDR. Dengan IDR.1.894.—,–
    Setelah Mencapai Hasil Itu, Saya Baru Memasukkan No. Rek Saya.
    Kira-Kira, Tanggal Berapakah Saya Mendapatkan Payment Saya?…
    (Hanya Kira-Kira)

    • Pembayaran Google Adsense ‘Biasanya’ sekitar tanggal 21 setiap bulannya (untuk pembayaran ‘hasil’ bulan sebelumnya).
      Pembayaran akan dilakukan jika metode pembayaran yg kita inginkan sudah terverifikasi, bukan sekedar disetting.

  5. Kalau adsense punya saya setting untuk pembayaran ko cuman bisa di lakukan lewat bank saja ya mas…
    apakah karena belum verifikasi PIN ?

  6. kalo pake bank bca , berapa kena potongan gan??? alnya di menu metode pembayaran di GA ane cuman ada lewat teranfer bank aja, dan ane cman punya rekening bca aja, mohon infonya , ane bingung sangat gan,

  7. berapa kena potongan kalo lewat bank bca,? alnya di metode pembayaran GA ane cman ada lewat transfer bank aja, dan ane cman punya rekening bca, adakah solusi biar bisa cairin penghasilanya tanpa potongan ??? mohon solusinya gan?? ane bingung sangad ,,,

  8. Anda harus menghubungi dukungan untuk memverifikasi rekening bank ini. Atau, Anda dapat mencoba menghapus rekening ini dan menambahkannya lagi untuk mengulang proses verifikasi.

    Mas Mohon solusinya. saat saya mau Verifikasi Rekening bank selalu keluar kalimat yang itu.

    • Itu diminta hapus data rekening bank.
      Kemudian tambah baru lagi (pke rekening bank yg sama) untuk proses verifikasi ulang (nanti akan dikirim sejumlah uang (biasanya ratusan rupiah) ke rekening kita. Periksa angkanya dan masukkan dalam kolom verifikasi rekening nantinya.

  9. sya udah verifikasi PIN, sudah verifikasi rekening juga, dan sudah mencapai ambang batas pembayaran. itu pendapatannya apakah otomatis dikirim pada tanggal 22 atau harus ada permintaan payout? terimakasih

  10. Sudah verifikasi bank
    Tapi masih ada plat merah karna belum verifikasi alamat. Apa syarat nya verif alamat dan verif bank?
    Sedangkan sudah 2x request pin tak kunjung datang. Tgl 7 november saya request lagi. Belum datang juga. Apa perlu saya datang ke kantor pos terdekat? Lalu langkah nya ketika saya bertanya ke kantor pos harus bagaimana? Mohon bantuannya

    • Sharing dari rekan2, banyak yg ternyata nyangkut di kantor pos (biasanya alamat kurang jelas).
      Lebih baik datang ke kantor pos, bawa identitas (KTP), dan tanyakan apakah ada surat dari Google atas nama anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here