Cara menjadi Blogger dan 4 tantangan terberatnya

6
219

cara menjadi blogger dan 4 tantangan terberatnya

Cara menjadi Blogger sebenarnya gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena sebagian besar tugasnya hanya membuat artikel dan kemudian mempublishnya agar bisa dibaca dan dinikmati oleh pengguna internet.

Namun di sisi lain juga bisa dibilang susah karena perlu beberapa ‘resep’ agar artikel kita mampu mendapatkan banyak pembaca, mulai dari pemilihan keyword, promosi, hingga pengoptimalan SEO agar artikel kita bisa nangkring di ‘pageone’ Google.

Sebuah survey saya lakukan beberapa waktu yang lalu. Targetnya adalah para Blogger pemula, dengan tema yang diusung adalah ‘Apa kesulitan terbesar menjadi seorang Blogger’. Hasilnya, ada 4 hal yang menjadi momok menakutkan bagi mereka. Apa saja itu? Akan saya paparkan nanti di bawah ya.

Namun sebelumnya saya juga perlu menyampaikan bagaimana cara menjadi Blogger dan manfaat yang bisa didapat dari sebuah blog. Tentunya kedua hal tersebut nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan apakah anda masih mau menjadi seorang Blogger ke depannya.

Cara menjadi Blogger dan manfaatnya

Sebenarnya sudah banyak artikel yang membahas mengenai bagaimana menjadi seorang Blogger serta apa saja manfaat yang bisa didapat dari sebuah blog.

Bahkan beberapa waktu yang lalu saya juga sempat membuat sebuah artikel yang mengulas apa saja manfaat dan keuntungan menjadi seorang Blogger. Anda bisa membacanya kembali melalui tautan berikut :

Enaknya menjadi seorang Blogger
Membuat Blog dengan WordPress hingga profit 100%

Artikel di atas membahas bagaimana membuat sebuah blog dengan platform WordPress menggunakan sebuah produk PLR. Di dalamnya anda akan diajarkan apa itu yang namanya Domain, Hosting, dan hal-hal dasar lainnya seputar bagaimana menjadi seorang Blogger.

Sementara artikel lainnya menjelaskan apa saja keuntungan menjadi seorang Blogger, termasuk di dalamnya membahas bagaimana seorang Blogger bisa menghasilkan uang dari internet. So, silahkan anda baca ulasan di atas.

Tantangan terberat menjadi Blogger

Kembali ke hasil survey tentang kesulitan terbesar bagi seorang Blogger pemula. Survey saya lakukan di salah satu Komunitas pengguna jejaring sosial Google Plus yang bernama Indonesian Adsense Publisher Discussion (IAPD). Sebuah Komunitas yang masih aktif membahas berbagai aspek yang berhubungan dengan Blog, Hosting, Domain, dan seluk beluk menjadi seorang Adsense Publisher.

kesulitan terbesar menjadi seorang blogger

Dan berikut adalah 4 hal yang menjadi kesulitan terbesar bagi seorang Blogger pemula berdasarkan hasil survey tersebut.

Update Artikel Secara Teratur

Ini adalah kesulitan terbesar berdasarkan hasil polling. Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas, banyak dicari orang, dan berpotensi viral membutuhkan sebuah inspirasi yang terkadang sulit didapat dalam waktu singkat.

Bahkan ada yang mengaku sampai harus menunggu beberapa minggu baru bisa kelar 1 artikel. Tapi pastinya artikel yang berkualitas dan bisa bersaing dalam ‘pergulatan’ dominasi search engine.

Namun ada kalanya untuk membuat sebuah artikel yang ‘pas-pasan’ aja terasa sulit. Konsistensi menjadi momok terbesar, bukan hanya bagi pemula, namun menurut saya juga masih dialami banyak Blogger ‘senior’ sekalipun.

Apalagi masih banyak Blogger di luar sana yang menjadikan aktivitas Blogging hanya sekedar ‘sampingan’, walhasil sering kali tidak ada waktu karena kesibukan kerja. (lha wong saya yang sudah resign kerja kantoran dan focus ngeblog dan bisnis online aja masih sering ‘ngaret’ koq bikin artikelnya, heheee).

Jadi, pastikan anda siap untuk bisa konsisten dalam menghasilkan artikel-artikel berkualitas jika ingin terjun menjadi seorang Blogger.

Diterima Google Adsense

Kalau urusan yang satu ini, akan sangat mengganggu mereka yang sudah fokus ke arah bisnis. Ya, aktivitas ngeblog bisa dijadikan sebuah bisnis karena memang bisa mendatangkan income bagi pemiliknya.

Salah satunya adalah dengan menjadi Publisher Google Adsense. Artinya, sebagian space dari halaman blog kita bisa disewakan untuk ditempati iklan dari Google melalui program Google Adsense. Namun sayangnya ‘GAK’ sembarang blog bisa diterima menjadi Publisher Google Adsense.

Hanya blog yang benar-benar bisa memberikan manfaat kepada pengunjungnya yang bisa diterima Google Adsense. Hal ini yang terkadang membuat para Blogger Pemula merasa kecewa karena sering kali DITOLAK oleh Google ketika proses pengajuan.

Padahal, jika mereka bisa konsisten dan fokus membuat artikel bermanfaat dan berkualitas, dan seiring waktu blog mereka banyak dikunjungi oleh para visitor, bukan tidak mungkin Google akan dengan mudah ‘meminangnya’ sebagai Publisher. Jadi, fokus membangun blog yang bermanfaat, update artikel secara berkala, Inshaa Allah akan mudah diterima nantinya.

Meningkatkan Traffic atau pengunjung Blog

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, yakni menjadi Publisher Google Adsense. Perlu dipahami bahwa penghasilan Adsense sangat bergantung pada banyaknya traffic atau kunjungan ke sebuah blog. Walhasil, proses meningkatkan traffic ini menjadi salah satu poin paling penting bagi seorang Blogger.

Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari share artikel di media sosial, aktif di forum, blog walking, hingga sengaja promosi melalui program Google Adwords. Namun poin utama sebenarnya ada pada kualitas artikel yang kita publish.

Jika artikel kita memang berkualitas, menarik, dan bermanfaat, bukan tidak mungkin akan sering dishare oleh pengunjung dan akhirnya bisa menjadi viral dan mendatangkan traffic untuk blog kita. So, fokus pada peningkatan kualitas artikel kita.

Namun saya juga pernah membuat artikel mengenai bagaimana cara meningkatkan traffic blog menggunakan template premium. Anda bisa membacanya melalui tautan berikut.

Cara meningkatkan traffic hingga 300% menggunakan template wordpress premium.

Otak-atik Template atau tampilan blog

Di urutan ke-empat adalah soal otak-atik template atau tampilan blog. Sempat heran karena poin ini bukan menjadi masalah terbesar bagi para Pemula. Padahal  waktu saya pertama belajar ngeblog secara otodidak dulu sangat kesulitan akan hal ini.

Hmm, mungkin dengan makin berkembangnya komunitas blogger serta tersedianya berbagai template premium yang sangat memudahkan penggunanya dalam melakukan personalisasi atau pengaturan template menjadi salah satu penyebabnya.

So, silahkan asah terus kemampuan anda dalam mengoptimalkan tampilan blog anda agar bisa tampak menyenangkan dan membuat pengunjung betah di dalamnya. Lebih penting lagi bisa dengan cepat diakses (load time).

Kesimpulan Cara menjadi Blogger dan Tantangan terberatnya

Untuk menjadi seorang Blogger, pastikan anda memahami dasar-dasarnya dulu seperti pemahaman tentang Domain, Hosting, serta apa saja tantangan yang harus siap anda hadapi ke depannya. Jika sudah demikian, selamat datang ke dunia Blogger, tempat berbagi inspirasi, informasi, sekaligus mengais rezeki.

Jangan lupa kunci utamanya adalah konsistensi. Hiraukan sejenak ambisi untuk diterima sebagai publisher Google Adsense. Fokuslah membuat artikel berkualitas dan bermanfaat. Jangan lupa share artikel anda melalui akun sosial media (namun jangan berlebihan kalo tidak mau dianggap Spammer).

Seiring bertambahnya jumlah artikel, jumlah traffic juga akan semakin meningkat. Jika sudah demikian, waktunya anda fokus ke arah bisnis. Bisa mengajukan menjadi Publisher Adsense maupun mempromosikan produk afiliasi. Dengan demikian blog tersebut akan bisa menjadi sumber penghasilan anda.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

6 COMMENTS

  1. bermanfaat bgt mas artikelnya, sebagai seorang blogger baru saya juga merasakan hal-hal itu (kecuali yg nglamar google adsense hehe). tp saya usahakan buat update blog minimal 1 bulan 4 kali *semoga bisa*

  2. Kalau tantangan terberat saya adalah bagaimana membuat artikel yang menarik, saya ingin berbagi informasi dengan artikel yang berkualitas meski seminggu sekali, bahkan sebulan sekali, tapi rasanya masih perlu banyak latihan lagi.
    Artikel berkualitas yang saya maksudkan menguasai materi yang ditulis, artikel panjang, kemudian banyak yang baca mendapatkan posisi dihalaman pertama google.

    • Terima kasih sudah share pengalamannya. Menurut saya pilihannya sudah tepat, yakni fokus pada kualitas artikel dibanding kuantitas. Dengan kualitas yg baik, traffic pun akan datang dengan sendirinya. Untuk hasil optimal, lebih giat lagi buat artikel berkualitasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here